-->

Instagram Akan Hadirkan Chatbot AI Buatan Mereka Sendiri, Bisa Chat sama Robot di DM

CIREBON TAKON - Instagram Ikut Mengembangkan Chatbot AI Sendiri untuk Fitur Pesan Mereka, Dalam tren pembahasan generative AI yang sedang ramai belakangan ini, Instagram, sebagai salah satu platform media sosial milik Meta, nampaknya akan turut meramaikan dengan menghadirkan chatbot AI buatan mereka sendiri dalam waktu dekat.

Instagram Ikut Mengembangkan Chatbot AI Sendiri | Sumber: redmention.com

Seorang reverse engineer bernama Alesandro Paluzzi baru-baru ini membagikan tangkapan layar terkait chatbot AI milik Instagram tersebut. Chatbot tersebut nantinya tampaknya akan diintegrasikan langsung ke dalam fitur pesan di Instagram.

Dari penjelasan yang diberikan, chatbot tersebut memiliki kemampuan untuk menjawab pertanyaan dan memberikan saran kepada pengguna. Selain itu, pengguna juga dapat memilih hingga 30 kepribadian AI yang berbeda untuk berinteraksi dengan chatbot tersebut.

Bagi pengguna yang mungkin mengalami kesulitan merangkai kata-kata, mereka juga dapat meminta bantuan chatbot untuk menuliskan pesan. Chatbot tersebut juga tampaknya dapat dipanggil secara langsung dalam percakapan melalui mention dengan menggunakan tanda "@".

Instagram Akan Hadirkan Chatbot AI Buatan Mereka Sendiri | Sumber: twitter.com/alex193a (Alessandro Paluzzi)

Saat penulisan artikel ini, belum ada keterangan resmi dari pihak Instagram mengenai tanggal rilis fitur ini. Namun, Alesandro Paluzzi memiliki catatan yang terpercaya terkait hal ini. Sebelumnya, ia berhasil mengungkap fitur sistem verifikasi di Instagram dan hanya beberapa minggu setelahnya Meta mengumumkan fitur tersebut.

Tidak hanya itu, CEO Meta, Mark Zuckerberg, juga pernah menyatakan pada bulan Februari 2023 bahwa timnya sedang mengembangkan "Persona AI" untuk Instagram, Messenger, dan WhatsApp. Kemungkinan besar, apa yang ditemukan oleh Paluzzi ini adalah implementasi dari Persona AI yang dimaksudkan oleh Zuckerberg. 

Alesandro Paluzzi baru-baru ini membagikan tangkapan layar terkait chatbot AI milik Instagram | Sumber: twitter.com/alex193a (Alessandro Paluzzi)

Dikutip dari ZDNet, chatbot ini juga akan menyediakan 30 kepribadian berbeda yang dapat dipilih oleh pengguna sesuai dengan kebutuhan mereka.

Fitur AI ini saat ini masih dalam tahap uji coba terbatas untuk sejumlah pengguna. Belum ada kejelasan mengenai kapan fitur ini akan tersedia secara luas untuk semua pengguna.

Ketika melakukan percakapan dengan orang lain, pengguna dapat mengundang chatbot AI | Sumber: twitter.com/alex193a (Alessandro Paluzzi)

Chatbot Instagram memiliki tujuan dan desain yang mirip dengan My AI milik Snapchat. Mengingat fitur Snapchat belum diterima dengan baik, menarik untuk melihat apakah Instagram akan mengikuti jejak tersebut atau apakah fitur ini akan menjadi sesuatu yang berguna dan disukai oleh pengguna.

Dengan adanya pengembangan chatbot AI oleh Instagram, diharapkan fitur pesan di platform tersebut akan semakin interaktif dan memberikan kemudahan bagi pengguna dalam berkomunikasi. Keberadaan chatbot ini juga menjadi bukti Meta, pemilik Instagram, terus berinovasi dalam menghadirkan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna sosial media. Kita tunggu informasi resmi terkait rilisnya fitur ini dan harapannya dapat memberikan nilai tambah yang positif bagi pengguna Instagram.