-->

25 Jajanan Anak Sekolah Yang Lagi Viral Dan Terlaris

25 Jajanan Anak Sekolah Yang Lagi Viral Dan Terlaris

Jajanan anak sekolah sering kali ditemukan dengan mudah di dekat area sekolah. Jajanan yang umumnya terletak di depan sekolahan ini kerapkali menggoda selera makan kita serta mengingatkan kita pada ingatan pada masa usia sekolah dahulu kala.

Para penjual juga senantiasa sudah siap sedia di depan gerbang sekolah sembari menunggu anak- anak pulang sekolah. Pada waktunya pulang sekolah, anak - anak langsung menyerbu sebab tergiur jajanan sekolah yang lumayan lezat.


Beberapa cemilan yang sudah ada ini juga begitu lengkap dari warisan jajanan jaman dahulu sampai terkini saat ini. Segala jajanan yang ada di depan gerbang sekolah ini mempunyai cita rasa yang begitu lezat. Apalagi, ketika kita telah beranjak berusia serta telah lulus dari sekolah hingga bertahun - tahun, namun jajanan khas sekolah tersebut bakal membuat kita rindu serta mau kembali ke masa sekolah.


Bukan cuma anak kecil saja yang suka, bahkan yang tua pula tidak ingin ketinggalan buat berebut untuk membeli jajanan yang laris dijual ini, nah maka dari itu kami hendak bernostalgia dengan masa lalu kalian dijaman sekolah anda dahulu dengan membahas artikel 25 jajanan anak sekolah yang lagi viral dan terlaris.

1. Batagor

Batagor adalah makanan khas Sunda yang cukup terkenal. Hidangan ini sama seperti somay tetapi bedanya yaitu cara memasak batagor adalah dengan cara digoreng. Selain itu, batagor biasanya dimakan menggunakan bumbu kacang serta kecap dan saus sambal sesuai selera yang menambah citarasa makanan yang satu ini.


Batagor atau bakso tahu goreng adalah salah satu jajanan anak sekolah yang nge-hits juga. Makanan khas dari Bandung, Jawa Barat ini terbuat dari campuran adonan ikan tenggiri dan tahu. Biasanya, batagor disajikan dengan bumbu kacang dan kecap.

Tapi kini, varian baru dari batagor sudah mulai populer dan digandrungi banyak orang, varian baru tersebut adalah batagor kuah. Rasanya sama-sama enak seperti batagor kering

Menurut Wikipedia :

Batagor (akronim dari baso tahu goréng, Aksara Sunda Baku) merupakan jajanan khas Bandung yang mengadaptasi gaya Tionghoa-Indonesia dan kini sudah dikenal hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Secara umum, batagor dibuat dari tahu yang dilembutkan dan diisi dengan adonan berbahan ikan tenggiri dan tepung tapioka lalu dibentuk menyerupai bola yang digoreng dalam minyak panas selama beberapa menit hingga matang. Variasi lainnya yaitu siomay, digoreng dan dihidangkan bersama batagor dan dikombinasikan dengan bumbu kacang, kecap manis, sambal, dan air perasan jeruk nipis sebagai pelengkap.

2. Cilor

Jajanan selanjutnya adalah cilor yang sudah cukup populer sekarang ini. Cilor ini merupakan aci yang sudah digoreng dengan dilumuri telur. Jajanan satu ini pun sangat laris manis serta memiliki tekstur kripsi.

Menurut kutipan dari Wikipedia : Cilor merupakan makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung kanji atau yang biasa disebut "aci" dalam Bahasa Sunda. Cilor sendiri merupakan singkatan dari aci dan telur yang dimasak dengan cara aci dibalut dengan telur.

Cilor yang sudah matang, biasanya ditambahkan dengan saus pedas dan juga saus yang terbuat dari bumbu kacang. Rasanya yang lezat ini sangat disukai nyaris semua kalangan.

Jajanan yang cukup hits di kalangan para anak sekolah, cilor. Dari namanya saja mungkin sudah bisa ditebak kalau jajanan ini terbuat dari bahan cilok. bisa dibilang ini adalah cilok hanya saja ciloknya dibalut dengan telor, maka disebutlah cilor. Biasanya, cilor akan diberi saus atau bumbu kacang. Rasanya juga enak dan gurih, jadi wajar saja banyak anak sekolah yang doyan jajan cilor.

3. Bakso 

Hidangan bakso dengan kuah yang lezat tidak hanya menjadi favorit ibu-ibu di kompleks saja, tapi juga disukai oleh anak-anak sekolah. Ya, tak sedikit penjual bakso yang menjajakan dagangannya untuk disantap oleh para siswa.

Menurut Wikipedia : Bakso atau baso adalah jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur lalu ditaburi bawang goreng dan seledri.

Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar. Berbagai jenis bakso sekarang banyak ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan ataupun mal-mal. Irisan bakso dapat juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau capcai.


Ada yang jual bakso urat, bakso tusuk, bakso bakar, mie bakso, bakso beranak dan masih banyak lagi. Harga bakso di sekolah ini bervariasi tergantung dari penjualnya itu sendiri. Biasanya bakso disantap dengan kuah bening atau ditambah saus, kecap, sambal dan cuka. 

4. Makaroni Basah dan Kering

Salah satu jajanan yang senantiasa terdapat di area sekolah ialah makaroni basah ataupun kering. Jika kalian ingin membeli makaroni ini biasanya ditanya mau yang basah ataupun kering.

Bedanya merupakan jika kering, umumnya makaroninya digoreng sampai kriuk kemudian diberi bumbu ekstra semacam bubuk cabe, bumbu bbq, balado ataupun keju. Serta yang basah, makaroninya lebih lembek tidak kriuk.

5. Sosis Bakar

Jajanan anak sekolah terlaris yang juga diincar orang dewasa merupakan sosis bakar. Sosis ini umumnya mempunyai variasi ukuran mulai dari kecil, sedang, sampai jumbo. Dengan bahan dasar daging sapi ataupun ayam, sosis bakar disukai seluruh kalangan.

Kelezatan sosis yang dipanggang dengan balutan saus blackpepper, BBQ, pedas, ataupun asin dapat membuat kalian ketagihan. Bila dilihat dari isi gizinya, sosis merupakan yang sangat baik dibandingkan jajanan lain. Alasannya sosis memiliki zat besi serta protein yang baik untuk anak.

Setelah selesai dibakar, barulah sosisnya diberi bumbu lagi. Nah, bumbunya dapat milih sendiri, terdapat rasa BBQ, pedas, asin, apalagi ada juga black pepper. Tak lupa, mayones serta saus pedas juga dioleskan di atas sosis bakar yang telah matang. Tentu lezat!

6. Es kepal Milo

Es kepal Milo termasuk salah satu jajanan anak sekolah jaman now yang pernah jadi fenomena tersendiri. Rasa manis pekat dari Milo pasti jadi kesukaan anak- anak. Es ini terbuat dari susu Milo bubuk yang dikentalkan bersama krimer.

Es kepal milo menjadi salah satu jajanan yang sempat viral sebagian tahun lalu. Es yang dibuat dari Milo bubuk ini terasa segar serta lezat. Dessert ini ialah campuran dari es serut, Milo kental, serta bermacam berbagai toping. Banyak yang mengatakan es kepal Milo berasal dari Malaysia

Setelah itu, Milo yang sudah mengental hendak dituang ke atas es serut yang telah diletakkan di dalam wadah. Sebagai sentuhan terakhir, dapat diberikan topping sesuai selera. Ingin Oreo, kacang, strawberry, keju, apa saja juga bisa!.

7. Pentol

Pentol sebenarnya ialah nama lain dari bakso. Cuma saja santapan yang satu ini disajikan tanpa kuah. Tekstur pentol yang kenyal terasa lezat di lidah. Yang membuat pentol nampak sama dengan bakso merupakan dengan terdapatnya kombinasi daging sapi di dalamnya. Demikian dengan tambahan tahu, pangsit, serta saus yang yang mirip dengan bakso.

Jajanan anak sekolah satu ini merupakan nama lain dari bakso. Tetapi yang buatnya berbeda adalah dapat disajikan tanpa kuah, dan tekstur pentol juga begitu kenyal di lidah. Umumnya bahan dasar dari pembuatan pentol ini mirip dengan bakso yakni campuran antara daging sapi serta juga tepung. Bisa pula ditambahkan dengan tahu isi, pangsit dan saus serta pula kecap.

Pecinta pentol dapat menemukan pedagang jajanan ini bukan cuma di sekolahan. Nyaris di tiap wilayah tentu terdapat penjual jajanan ini. Biayanya yang bersahabat bisa bikin kalian terus terusan beli.

8. Tahu Bulat

Siapa sih yang tidak mengenal dengan jajanan yang hits satu ini, lagu yang begitu khas selalu terngiang di ingatan kita. Tahu bulat ini memiliki rasa yang sangat gurih serta bentuknya bulat dan pada bagian dalamnya kosong.

Tahu bulat adalah sebuah jajanan kaki lima berupa olahan kacang kedelai yang dibuat menjadi sebuah tahu berbentuk bulat dengan isi kopong. Biasanya, tahu bulat dijual di sebuah mobil bak terbuka dan kebanyakan dihargai Rp500 per buah. Jajanan tersebut menjadi semakin terkenal semenjak adanya permainan video Tahu Bulat yang diluncurkan pada tahun 2016. Meskipun begitu, kepopuleran permainan tersebut tak berlangsung lama.

Sejak awal kemunculannya, bisa dibilang tahu bulat sangat begitu fenomenal. Quotes-nya yang menggelitik buat siapa pun yang mendengar tak bisa melupakannya. Belum lagi cara menjualnya yang unik dengan menggunakan mobil bak terbuka.

9. Telur gulung

Camilan favorit sepanjang masa rasanya bisa jatuh pada telur gulung! Meski baru hadir menjadi jajanan anak sekolahan semenjak beberapa tahun silam, viralnya telur gulung masih ada hingga sekarang. Dengan harga mulai dari seribu rupiah, kamu sudah bisa menikmati telur gurih yang dibalur dengan saus pedas.

Telur merupakan adalah jajanan anak sekolah terlaris yang proses pembuatannya sangat sederhana, dari telur goreng yang di mana sebuah telur akan digoreng dan kemudian digulung menggunakan sebuah tusukan yang biasanya di buat dari kayu pohon Bambu. Makanan ini sering dihidangkan dan dijual di beberapa sekolah, terutama di tingkat sekolah dasar. Sayangnya, saat ini sate telur gulung sudah semakin jarang ditemukan. Meskipun demikian di beberapa pelataran sekolah atau food court pusat perbelanjaan masih ada yang menjual makanan ini.

Harganya pun relatif murah dan terjangkau serta proses pembuatannya pun tidak sulit, hanya siapkan telur dan tusuk sate, kamu sudah bisa membuatnya dari rumah.

10. Cilok

Cilok adalah salah satu aneka jajanan anak SD yang berasal dari Bandung. Jajanan ini berasal dari tepung tapioka yang dibuat bulat menyerupai bakso kecil. Makanan ini biasanya diisi dengan isian telur atau daging. Cilok sendiri merupakan singkatan dari aci dicolok.

Jajanan anak sekolah terlaris ini tidak hanya ada di Bandung. Cilok sudah mulai dijual di pelataran sekolah di kota-kota lainnya. Yang membuat cilok ini terasa semakin sedap adalah campuran saus kacang, kecap, dan sambal yang ditambahkan saat hendak menyantap cilok.

Makanan kuliner khas Sunda yang berbentuk mirip bakso yang terbuat dari tapioka dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang dan sambal. Bentuknya bulat -bulat dan kadang diisi dengan isian seperti daging atau potongan telur di dalamnya.

11. Sosis Mie Gulung

Jajanan kekinian anak sekolah yang terakhir adalah sosis mi. Masih serupa dengan olahan sosis lain, bedanya kali ini ada mi yang dililitkan di sekeliling sosis. Mi tersebut akan digoreng bersamaan dengan sosisnya.


Kamu hanya perlu menggorengnya sampai matang. Beri saus secukupnya beserta mayonnaise sesuai selera. Biasanya, pedagang sosie mi juga menjual aneka tempura dan olahan sosis lain. Kalau bosan makan sosis mi, boleh juga coba tempuranya. Sama enaknya juga kok!

12. Jagung Susu Keju

Jasuke atau jagung susu keju menjadi jajanan anak sekolahan yang banyak disukai karena rasa jagungnya yang manis. Jasuke adalah jagung manis yang direbus, jagung yang sudah matang dan dilepaskan dari batangnya, dimasukan ke dalam cup lalu dilumuri susu dan keju. Rasanya enak banget!


Jasuke atau jagung susu keju merupakan jajanan yang berasal dari daerah Jawa Barat dan sekitarnya. Saat ini jasuke menjadi cemilan yang sangat favorit dikalangan remaja maupun anak-anak karena rasanya yang enak.

13. Seblak

Jajanan sekolahan satu ini disukai oleh berbagai kalangan, bukan hanya anak sekolahan. Tapi kalau kamu ingin mencari seblak, cari saja di lingkungan sekolahan pasti ada deh! Seblak ini adalah kerupuk mentah yang sudah direbus lalu dimasak menggunakan bumbu-bumbu khas seblak yaitu seperti cikur, cabe rawit, bawang dan penyedap rasa.


Kalau awalnya seblak hanya kerupuk, sekarang seblak juga banyak pilihan isiannya yaitu bisa somay, makroni, ceker ayam dan masih banyak lagi.

Seblak adalah masakan khas Sunda yang dikenal berasal dari wilayah Bandung dengan cita rasa gurih dan pedas. Terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan sayuran dan sumber protein seperti telur, ayam, boga bahari, atau olahan daging sapi, dan dimasak dengan kencur.

14. Mie Lidi

Generasi era tahun 90-an pasti sudah akrab dengan makanan yang satu ini. Mi lidi atau lidi-lidian adalah jajanan yang masih hits hingga saat ini. Mi lidi sendiri tidak berbentuk persis seperti mie Bentuknya malah lurus panjang dan tegak yang mirip lidi.


Mie lidi ini pasti jawaban yang tepat. Jajanan anak sekolah satu ini juga banyak dicari oleh orang dewasa. Bentuknya yang panjang, tipis, kriuk dan berbumbu gurih ini menjadi jajanan anak sekolahan yang ngga ada pernah matinya. Meski enak, tapi jangan terlalu banyak ya karena bumbunya kurang baik untuk kesehatan anda.

Keberadaannya yang sudah ada sejak zaman dahulu membuat mi lidi jadi jajanan paling laris yang dikonsumsi bocah sekolahan. Mi lidi di zaman sekarang biasanya ditambahi bubuk perasa yang bervariasi. Seperti misalnya keju, balado, BBQ, lada hitam, rumput laut, bahkan cokelat.

15. Bakso Goreng

Bakso goreng atau biasa dikenal dengan basreng ini sudah pasti menjadi jajanan anak sekolahan yang hits. Bakso yang digunakan adalah bakso ikan atau bakso aci. Bakso dipotong memanjang, lalu digoreng sesuai selera yaitu bisa kering atau setengah kering. Kemudian biar makin enak, ada beberapa pilihan bumbu kering yaitu asin, pedas, balado, keju.


Bakso goreng merupakan salah satu makanan olahan daging yang digoreng. Rasanya yang gurih dan lezat membuat bakso goreng kerap dicari sebagai camilan atau pelengkap makanan berkuah.

16. Telur Pingpong 

Ada olahan dari telur ayam ataupun telur puyuh yang diberi nama telur pingpong. Kenapa dinamai demikian? Karena telur ini bentuknya mirip bola tenis meja. Sebenarnya, telur pingpong tidak berbeda jauh dari telur dadar berbentuk bulat. Hanya saja jenis ini ukurannya mini. Ukurannya yang kecil berasal dari wajannya yang khusus dengan cetakan bulat kecil.



Walaupun kecil, jangan ragukan citarasanya yang nikmat dan sangat gurih. Belum lagi harganya yang bersahabat, bagi kalangan pelajar. Mulai dari seribu rupiah saja murah kan, kamu sudah bisa merasakan enaknya telur yang dicampur potongan wortel, kubis, dan daun bawang ini. Ditambahi kecap dan saus pedas, nikmat banget jajanan anak sekolah terlaris ini sobat.

Pedagang biasa menggunakan telur ayam atau telur puyuh. Kemudian, telur tersebut dikocok dengan garam, merica, dan penyedap rasa, lalu diberi taburan daun bawang. Selanjutnya, telur dituang sedikit ke wajan. Telur ping pong sebenarnya hampir sama dengan sate telur gulung, hanya saja keduanya memiliki bentuk yang berbeda.

17. Kue Cubit

Mungkin beberapa dari Anda sudah tidak aneh dengan jajanan ini, ya. Kue Cubit salah satu jajanan paling laris di kalangan anak sekolahan. Selain rasanya yang nikmat dan lumer di lidah, tentunya memiliki harga yang sangat terjangkau.


Kue cubit merupakan jajanan populer di Jakarta. Kue berukuran kecil ini dan biasa dijajakan di depan sekolah oleh pedagang kaki lima. Kue cubit menggunakan campuran susu dan tepung terigu sebagai komponen utamanya. Adonan dimasukkan dalam cetakan baja dan dalam beberapa menit telah masak.

18. Cimol

Jajanan yang terbuat dari aci ini sudah pasti nggak asing lagi di telinga kamu, ya cimol! Cimol ini selalu ada di setiap sekolahan karena rasa gurihnya yang selalu bikin ketagihan. Aci yang digoreng dalam bentul bulat-bulat kecil ini biasanya diberi dengan bumbu beragam rasa seperti bumbu pedas, asin, balado, keju.


Cimol adalah makanan ringan khas Sunda yang dibuat dari tepung kanji. Cimol berasal dari kata aci digemol yang artinya tepung kanji dibentuk bulat-bulat. Cimol biasanya dijual di pinggir jalan. Cara membuatnya, adonan tepung kanji dibentuk bulat-bulat, kemudian digoreng.

19. Cireng Isi

Jajanan dari aci memang nggak pernah salah nih, contohnya adalah cireng. Kalau biasanya kamu makan cireng dengan bumbu kacang, kali ini cireng sudah berkembang yaitu menjadi ada isinya. Biasanya isian dari cireng isi ini adalah baso, sosis, keju, sampai daging ayam atau sapi juga ada loh.



Sekilas info Cireng adalah makanan ringan yang berasal dari daerah Sunda yang dibuat dengan cara menggoreng campuran adonan yang berbahan utama tepung kanji atau tapioka. Makanan ringan ini sangat populer di daerah Priangan, dan dijual dalam berbagai bentuk dan variasi rasa. Makanan ini cukup terkenal pada era 80-an.

20. Pisang Cokelat

Pisang aroma juga masih jadi jajanan anak sekolah yang hits. Pisang yang dibalut dengan kulit lumpia ini digoreng kemudian umumnya diberi susu kental manis ataupun ditaburi gula. Rasanya lezat serta mengenyangkan.


Pisang cokelat ataupun sering disingkat piscok, merupakan kudapan manis dari Indonesia yang dibuat dari irisan pisang dengan cokelat cair ataupun susu kental manis cokelat, yang dibungkus dalam kulit tepung tipis mirip crepe, ataupun lumrah memakai kulit lumpia yang setelah itu digoreng rendam dalam minyak goreng yang banyak.

21. Martabak Mini

Jajanan lezat serta nge-hits yang lain di lingkungan sekolah merupakan martabak mini. Martabak ini terbuat dengan campuran bahan sederhana. Di antara lain ialah tepung terigu, soda kue, telur, air, gula serta garam. Umumnya, martabak semacam ini diberi isian keju, cokelat, meises ataupun strawberry. Martabaknya sendiri dimasak dengan memakai teflon sampai matang, buat kemudian dilipat sedemikian rupa. Rasanya tak kalah lezat dari martabak - martabak mahal.


Saat ini banyak dijual martabak manis dengan ukuran yang kecil, ataupun lebih diketahui dengan sebutan martabak mini. Di daerah kawasan Bandung, biasa diucap martabak terang bulan, sebab wujudnya yang bundar semacam bulan. Secara umum, martabak mini tidak jauh berbeda dengan martabak manis biasa.

22. Es Mambo

Di siang hari yang terik, anak- anak sekolah pasti sangat suka menikmati minuman yang segar - segar serta manis. Es mambo yang murah meriah ini dapat jadi pelepas dahaga di siang hari. Proses pembuatan es mambo terbilang sangat gampang, ialah air minum diberi sirup, kemudian dimasukkan ke dalam plastik, diikat ujungnya, serta dibekukan di dalam kulkas.


Es mambo merupakan salah satu jajanan legendaris yang telah lama diketahui warga Indonesia. Es mambo jadi jajanan primadona anak - anak Indonesia sebab telah eksis semenjak awal kemerdekaan Indonesia. Anak - anak dari generasi 80- an serta 90- an tentu tahu betul jajanan yang dibungkus plastik serta menyegarkan satu ini.

23. Terang Bulan


Jajanan kekinian bernama terang bulan ini sebenarnya telah ada semenjak lama. Tetapi kehadirannya masih mampu membius para pecintanya. Terang bulan sendiri adalah santapan yang mirip dengan kue martabak manis. Cuma saja terang bulan lebih tipis serta tidak setebal martabak.

24. Es Lilin


Es loli ataupun es lilin merupakan hidangan penyegar berbentuk es dengan batang kayu sebagai alat buat dipegang. Makanan ini dibuat dari cairan minuman berwarna serta berasa yang diberi batang kayu kemudian dibekukan. Ketika membeku, es loli dimakan dengan memegang stik kayu.

25. Mie Ayam

Mie Ayam merupakan makanan yang digemari masyarakat di Indonesia. Mie ayam terdiri atas semangkuk mie, potongan ayam, rebusan sawi, taburan daun bawang dan baso serta pangsit. Mie Ayam merupakan makanan khas China, di China makanan ini disebut bakmi, dan biasanya sering dijumpai pada area anak sekolahan bahkan area kampus, hingga perkantoran.



Masyarakat indonesia biasa menyebutnya dengan dikenal Mi ayam, mie ayam atau bakmi ayam hidangan Indonesia yang terbuat dari mie gandum kuning yang dibumbui dengan daging ayam yang biasanya dipotong dadu.

Demikianlah informasi mengenai 25 jajanan anak sekolah yang lagi viral dan terlaris, artikel yang kami sampaikan kepada anda, semoga bermanfaat, terima kasih telah membaca.