-->

11 Cara Mengatasi Rasa Malas Belajar

Sudah berapa bulan anda belajar dari rumah? Aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah untuk sistem pembelajaran secara daring saat ini mengharuskan siswa ataupun mahasiswa dari berbagai jenjang melaksanakan pembelajaran jarak jauh dari rumah akibat pandemi virus corona. Selama belajar di rumah, nyatanya rasa malas lebih dominan datang dibandingkan saat berada di sekolah atau kampus. Apakah sobat salah satu yang mengalaminya?.

Sering kali kita merasa menjadi malas belajar, bukan? Menjelaskan kata malas mungkin sangat variatif. Pada intinya, kemalasan selalu identik dengan hal yang tidak produktif. Kemalasan sesungguhnya hal yang sangat wajar dialami oleh seseorang. Hanya saja, kemalasan dianggap tidak wajar jika melebihi batasnya. Maka dari itu penting untuk kita memahami batas wajar kemalasan seseorang.


Untuk mengetahui kewajaran seseorang dalam bermalas-malasan adalah amati orang sekitarmu seperti orang tua, saudara, teman, tetangga, dan orang-orang yang sering kamu jumpai. Jika kamu mempunyai durasi waktu kemalasan seperti halnya mereka, maka masih dianggap wajar karena lingkungan akan membentukmu seperti halnya lingkunganmu dan tidak ada yang salah akan hal tersebut. Alangkah lebih baiknya jika kamu mengurangi durasi kemalasan dan mengganti dengan hal yang produktif dan pengembangan diri.

1. Mengingat Kembali Apa Tujuan Awal Anda Bersekolah

Saat fokus dan konsentrasi anda sudah mulai kurang stabil ketika belajar, maka salah satu hal yang dapat harus dilakukan adalah dengan mengingat saat melakukan aktivitas tersebut. Setiap orang belajar karena memiliki tujuan tertentu, dan setiap orang biasanya memiliki alasan yang berbeda kenapa mempelajari sesuatu. Cara mengatasi malas belajar paling efektif adalah mengingat tujuannya kelar bisa menjadi orang sukses dan memberi manfaat untuk orang lain.


Setiap orang menempuh pendidikan (sekolah) karena memiliki tujuan tertentu, dan setiap orang biasanya memiliki alasan yang berbeda kenapa mereka memilih untuk menlanjutkan pendidikan/bersekolah, beberapa alasan kenapa seseorang menempuh pendidikan formal (sekolah) yakni agar kelak bisa menjadi orang sukses dan memberi manfaat untuk orang lain.

Jadi jika anda mulai merasa kurang bersemangat dan malas untuk belajar. Maka, saatnya teman – teman berpikir bahwa ada mimpi-mimpi anda yang mesti diwujudkan dan hanya dengan rajin belajar serta bersungguh-sungguh, semua hal tersebut dapat akan terwujud.

2. Sebaiknya Membuat Rencana Belajar

Bukan hanya liburan saja yang perlu anda rencanain, tetapi belajar juga termasuk loh. Sebab jika kamu tidak memiliki rencana belajar, maka bisa dipastikan kamu akan menghindari kegiatan atau aktivitas belajarmu.

Misal, kemarin kamu baru saja mendapatkan tugas “ALJABAR” dari mata kuliah MATEMATIKA dengan deadline selama satu bulan. Nah, bila kamu tidak punya rencana yang jelas dalam menyelesaikan tugas tersebut, tentu kamu bakal cenderung membiarkan tugas itu hari demi hari berlalu begitu saja. 


Hingga akhirnya mendekati waktu deadline tersebut yang spontan membuatmu kembali tersadar akan adanya tugas kemarin tersebut. Walaupun masih ada kemungkinan kamu bisa mengerjakan tugas tersebut tepat waktu,  kualitasnya pasti menjadi pertanyaan. Tentu akan ada perbedaan antara kualitas tugas yang dikerjakan secara terencana dengan yang terburu-buru dalam pengerjaan nya. Benar, bukan?

3. Cari Tempat Yang Bisa Bikin Kamu Nyaman Buat Belajar

Carilah tempat belajarmu dengan baik. Perhatikan suhu ruangan di tempat kamu belajar. Jangan sampai terlalu panas atau terlalu dingin. Pastikan seluruh perlengkapan belajar yang kamu perlukan itu sudah tersedia di dekatmu.


Terus, jangan juga belajar di tempat yang banyak nyamuknya kalau bisa, Sebab nanti bukannya fokus belajar, kamu kerjaannya malah jadi kurang konsentrasi. Intinya, lakukan apa saja yang bisa membuat proses belajarmu itu nyaman. Soalnya kalau tempat dan diri kamu bisa nyaman saat belajar, pasti yang namanya perasaan malas itu akan jauh-jauh deh dari sobat.

4. Sebaiknya Kerjakan Tugas Yang Lebih Mudah Terlebih Dahulu

Hal yang bisa menjadi masalah dalam belajar adalah bingung harus memulai dari mana benar kan?. Terkadang, kamu bingung sendiri dengan tugas-tugas yang sulit dan akhirnya malah tambah terbebani jika mengingat tenggat waktunya sudah dekat deadline. Kamu kayak gini juga nggak, Jangan terlalu menekan diri sendiri karena hal itu justru bisa menambah kemalasanmu.


Atasilah dengan mulai mengerjakan tugas yang lebih mudah. Misalnya, mulailah dengan mempelajari topik-topik tertentu yang lebih mudah untuk kamu pahami. Setelah kamu berhasil mempelajari topik itu, kamu akan memiliki keyakinan untuk beralih ke topik yang lebih sulit.

5. Buat Motivasi Untuk Belajar

Motivasi belajar seseorang akan menyesuaikan dengan kondisi dan lingkungan sekitar, Buatlah motivasi dengan tujuan topik seperti untuk kebaikan diri sendiri atau membahagiakan orang tua kamu. Motivasi ini akan menemani kamu sesering mungkin sehingga saat malas memeluk tubuhmu, kamu akan mudah bangkit kembali serta melawan kemalasan.


Mencatat impian di buku catatan bisa menjadi cara untuk mengingat motivasi kamu. Organisasi besar selalu memiliki visi misi untuk meraih tujuan seperti itu konsepnya, begitupun kamu membutuhkan visi dan misi untuk meraih tujuan hidup. 

Motivasi akan berubah-ubah jika kamu berangan-angan terus tanpa ditulis dan menjadi orang yang inkonsisten dalam mencapai tujuan

6. Sebaiknya Anda Tidur Yang Cukup



Durasi tidur yang baik biasanya 8-10 jam dalam sehari, waktu tidur ini dapat dibagi menjadi dua yaitu di siang hari dan malam hari. Contoh jam tidur yang baik di malam hari adalah pukul 21.00 – 04.00 WIB. Sedangkan siang hari bisa pukul 12.00 – 13.00 WIB (Jika tidak memiliki aktivitas siang hari).

7. Tentukan Target yang Ingin Dicapai Untuk Meraih Impian

Dalam belajar, kalian harus memiliki sebuah target yang jelas. Cara mengatasi rasa malas belajar yang pertama-tama harus anda lakukan yaitu memikirkan target (goal) yang hendak kalian capai dalam belajar.


Target yang jelas membuat sobat akan lebih jelas dalam meniti karier sehingga ada motivasi, penyemangat, pendorong untuk menggerakkan diri dalam mengasah berbagai skill. Tidak ada lagi istilah statis dalam proses anda ketika belajar, sehingga akan lebih mudah dalam mengasah berbagai skill.

8. Anda Harus Membuat Kelompok Belajar

Jika anda Bertemu dengan teman yang suka belajar adalah sebuah keberuntungan bagi kita, karena kita akan diajak untuk suka belajar dan menjadi akan terbiasa. Jika tidak merasakan keberuntungan tersebut, maka kamu bisa membuat kelompok belajar dengan inisiatifmu sendiri.



Kelompok belajar adalah forum untuk saling share and care satu sama lain. Sehingga hasil belajar selama diskusi tersebut akan terbagi sama rata. Cara ini sangat dianjurkan bagi kamu yang sangat susah untuk belajar dan tidak mau belajar.

9. Sebaiknya Anda Harus Berlibur (Refresing)

Belajar yang berlebihan memang kadang memunculkan titik jenuh alhasil karena perasaan trauma akibat belajar yang berlebihan akhirnya membuat seseorang bisa menjadi enggang untuk belajar, belajar memang harus dilakukan, namun jika dilakukan secara berlebihan juga tidak baik bagi kondisi psikologis seseorang.



Maka dari itu belajar dan berlibur adalah suatu hal yang mesti dipadukan agar balance/recovery dari kondis perasaan bisa selalu stabil, cobalah sesekali setelah belajar anda pergi jalan-jalan di pinggir pantai, camping di gunung, melakukan aktivitas outbond dan lain-lain, dengan begitu kondisi perasaan da pikiran anda bisa kembali fresh.

10. Mengubah Cara Buat Belajar

Salah satu penyebab seseorang menjadi malas belajar yakni cara/metode yang digunakan untuk belajar bisa dikatakan monoton atau begitu-begitu saja, alhasil membuat perasaannya tentang belajar menjadi hal yang sangat membosankan.



Oleh karena itu ada baiknya cara belajar yang praktikan dilakukan secara bervariasi, misalnya selama ini anda hanya biasa belajar dalam kelas, dalam kamar maka tidak ada salahnya anda sesekali belajar di tempat terbuka (di pinggir pantai, di gunung, di hutan, di perpustakaan yang ber AC dll) dengan begitu kondisi perasaan anda akan selalu dinamis sehingga perasaan jenuh dan bosan dalam belajar bisa terminimalisir.

11. Buat Jadwal Belajar Secara Teratur Sesuai Kemampuan

Belajar dari rumah memang memberikan efek yang terkesan sangat santai, padahal sebetulnya ada banyak tugas dan penilaian yang harus kamu selesaikan. Untuk itu, kamu harus pintar-pintar dalam mengatur waktu belajar. Buat jadwal belajar yang teratur dan jangan tunda-tunda pekerjaan agar hasilnya tetap memuaskan. Tentukan target harian dan jam belajar setiap hari dengan tetap mempertimbangkan kemampuan kamu.



Kamu bisa buat jadwal belajar sendiri dan mengatur reminder untuk pengingat nantinya, dengan membuat sebuah konsep ditulis melalui buku notepad lalu ditempel kan di meja belajar anda. Aktivitas belajar kamu di rumah jadi makin teratur deh!.