-->

30 Tempat Wisata Cirebon 2024 yang Hits, Menarik, Terbaru dan Terpopuler

30 Tempat Wisata Cirebon yang Hits, Menarik, Terbaru dan Terpopuler

CIREBON TAKON - Cirebon adalah sebuah daerah yang terletak di tepi Jawa Barat dan Jawa Tengah. Dengan lokasi tersebut, Cirebon memiliki banyak keunikan, mulai dari budayanya hingga potensi wisata yang ada.


"Tidak salah bila Cirebon menjadi destinasi wisata bagi beberapa wisatawan saat liburan. Hal ini dikarenakan Cirebon memiliki banyak tujuan wisata yang menarik dan asli. Wisata di Cirebon juga meliputi wisata alam, sejarah, dan kuliner, sehingga sangat cocok bagi wisatawan dengan berbagai jenis minat."


"Peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Cirebon dalam beberapa tahun terakhir tidak terlepas dari perkembangan ekonomi dan pembangunan yang cukup pesat. Sejak dibuka Tol Cipali beberapa tahun lalu, jarak perjalanan menuju Cirebon menjadi lebih singkat dan praktis."


Destinasi wisata di Cirebon tidak kalah dengan daerah wisata populer lain di Indonesia, destinasi wisata di Cirebon yang sedang populer juga sama menarik untuk dikunjungi. Terdapat banyak pilihan wisata di Cirebon yang murah dan sesuai untuk berlibur bersama keluarga, anak-anak, maupun teman-teman dekat.


"Cirebon memiliki banyak tempat wisata yang unik dan menarik bagi Anda untuk mengunjunginya. Beberapa contohnya seperti waterboom, kraton, taman, tempat wisata kuliner dan masih banyak lainnya. Selain itu, Cirebon juga terkenal sebagai produsen batik lokal yang berkualitas."


"Bagi Anda yang berniat untuk mengunjungi Cirebon, ada beberapa tempat wisata yang dapat direkomendasikan dan layak dikunjungi, diantaranya ialah berikut merupakan 30 Tempat Wisata Cirebon yang Hits, Menarik dan Terkenal 2023 yang perlu kalian ketahui."

1. Situ Cicerem

Situ Cicerem merupakan salah satu tempat wisata alam yang direkomendasikan untuk liburan akhir pekan bersama keluarga atau teman terdekat. Keistimewaan dari Situ Cicerem terletak pada air telaganya yang jernih dan berkilau dengan ikan hias yang menawan.

Situ Cicerem merupakan salah satu tujuan wisata yang populer di Kuningan. Ini adalah obyek wisata yang harus dikunjungi saat berlibur di Kuningan. Selain pemandangan yang indah, terdapat juga spot foto unik yang akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

Wisatawan bermain ayunan di Telaga Biru Cicerem | Instagram/@telagabirucicerem20

Situ Cicerem saat ini menjadi tujuan wisata yang populer bagi wisatawan di Jawa Barat, khususnya di Kuningan-Cirebon. Dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rimbun, daya tarik wisata ini semakin memikat setiap harinya. Kejernihan dan warna biru air di Situ Cicerem juga membuat tempat ini dihuni oleh beragam jenis ikan, seperti ikan emas, yang sangat ramah terhadap pengunjung.

Pria Sedang menatap air di Telaga Biru Cicerem | Instagram/@antonwiraatmadja/

Destinasi wisata ini terletak di Desa Kaduela, Pasawahan, Kuningan dan menjadi salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi di sekitar Gunung Ciremai. Keunikan warna air biru yang khas membuat banyak orang ingin berendam di situ. Oleh karena itu, Situ Cicerem lebih dikenal sebagai Telaga Biru Cicerem.

Sekilas Informasi Telaga Biru Cicerem dibuka untuk umum sejak tahun 2010. Telaga ini berada pada ketinggian sekitar 315 mdpl dengan suhu rata-rata 20 derajat Celsius. Telaga ini menjadi tujuan wisata bagi banyak pengunjung, terutama para remaja yang menyukai petualangan alam. Telaga biru ini menjadi daya tarik karena kecantikannya dan keunikan air birunya, serta menjadi tempat favorit untuk berfoto.

Perempuan Sedang menatap ikan di Telaga Biru Cicerem | Sumber Gambar : Google Maps/NW Nuwi

Tiket masuk ke Telaga Biru Cicerem sangat terjangkau sehingga menjadi pilihan wisata yang populer bagi wisatawan. Terlebih lagi, keindahan telaga ini menambah daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Telaga Biru Cicerem memiliki tiket masuk yang sangat terjangkau, sehingga menjadi salah satu tempat wisata populer bagi para wisatawan. Anda tidak akan merasa jenuh dan letih dari kepadatan kota saat mengunjungi Situ Cicerem Kuningan. Tempat ini direkomendasikan untuk dikunjungi saat berliburan dan memiliki banyak spot foto yang menarik dan unik.

Sekelompok Ikan di Telaga Biru Cicerem | Sumber Gambar : Google Maps/cep budhi darma

Untuk menikmati pengalaman liburan yang lebih berkualitas dan menyenangkan di Situ Cicerem Kuningan, ikuti beberapa tips dari Sikidang Travel Guide berikut ini:
  1. Kunjungi tempat ini pada pagi hari saat cuaca cerah.
  2. Bawa teman atau keluarga untuk menghabiskan akhir pekan yang menyenangkan.
  3. Bawa kamera untuk mengabadikan momen bersama orang tercinta.
  4. Jaga keberlanjutan lingkungan dengan tidak membuang sampah secara sembarangan atau merusak fasilitas yang tersedia.
"Tiket masuk ke Telaga Biru Situ Cicerem sangat terjangkau dan populer sebagai pilihan wisata bagi wisatawan. Selain itu, wisatawan juga bisa bermain ayunan untuk mengisi waktu. Adanya dua ayunan kayu yang terpasang di sekitar danau membuat pengalaman wisata semakin menyenangkan. Spot ayunan ini sangat populer bagi wisatawan yang ingin berfoto dengan latar belakang pemandangan indah danau dan pepohonan.

Wanita Sedang Bermain Ayunan Telaga Biru Cicerem | Sumber Gambar : Google Maps/Telaga Biru Cicerem

 

Biaya tiket masuk ke Telaga Biru Situ Cicerem adalah Rp.15.000/orang, dengan tambahan retribusi parkir sebesar Rp.3.000 untuk motor, Rp.5.000 untuk mobil, dan Rp.25.000 untuk bus. Spot foto bisa diambil dengan biaya mulai dari Rp.5.000, sedangkan jika ingin menggunakan jasa fotografer dan mencetak foto, dikenakan biaya tambahan sebesar Rp.5.000 per fotonya, Perlu diketahui Harga tiket masuk Situ Cicerem Kuningan Jawa Barat bisa berubah sewaktu-waktu."

2. Kampung Sabin

Untuk warga Cirebon dan sekitarnya, tidak perlu lagi pergi ke Pulau Dewata untuk menikmati suasana wisata ala Bali. Cukup berkunjung ke Wisata Cirebon Rasa Bali Kampung Sabin yang mengadopsi suasana Pulau Dewata.

Objek Wisata Kampung Sabin | Sumber Gambar : Google Maps/Kampung Sabin

Anda dapat menemukan umbul-umbul Bali, gapura, dan aksesoris khas Pulau Dewata dengan mudah di sana. Pengelola menyediakan pengalaman menikmati kuliner lezat dengan pemandangan Gunung Ciremai dan sawah hijau serta memiliki suasana romantis untuk makan malam bersama orang terdekat dengan background yang cocok untuk di-post di Instagram.

Wisata Kampung Sabin | Sumber Gambar : Google Maps/iyankDS Sahalesy

Destinasi baru Cirebon Jawa Barat, Kampung Sabin sedang menjadi tren dengan spot fotonya yang instagenic. Konsep kampung tengah sawah membuat destinasi ini selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap hari. Saat berlibur di Cirebon, banyak pilihan tempat wisata murah dan baru yang siap memanjakan perjalananmu.

Dengan konsep unik, Kampung Sabin menawarkan beragam spot foto instagenic yang direkomendasikan untuk berfoto. Jika sedang berlibur bersama teman, sahabat, atau keluarga, Kampung Sabin menjadi pilihan terbaik. Nikmati aktivitas hangout dan bersantai bersama orang terdekat di destinasi wisata ini.

Harga Tiket Masuk Kampung Sabin

Menikmati liburan yang menyenangkan di Kabupaten Cirebon, para traveler akan disajikan dengan beragam destinasi wisata terbaru. Salah satunya adalah Kampung Sabin yang sedang hits dengan café dan restoran berkonsep unik yang terletak tengah-tengah sawah.

Tempat Wisata Kampung Sabin | Sumber Gambar : Google Maps/Wong Cilegeh

Nuansa hijau dan udara sejuk akan menemani aktivitas hangout para traveler saat berkunjung ke Kampung Sabin Cirebon. Ini menjadi salah satu destinasi populer yang selalu ramai dikunjungi setiap harinya. Harga tiket masuk ke obyek wisata Kampung Sabin Cirebon adalah Rp 20.000 (weekday) dan Rp 30.000 (weekend).

Nikmatilah aktivitas nongkrong dan hangout seru di destinasi alam terbaru di Cirebon ini bersama orang terdekat. Tempat wisata murah dengan konsep instagenic membuat destinasi ini menjadi daya tarik bagi para pelancong, dengan banyak spot foto menarik.

Suasana Malam Tempat Wisata Kampung Sabin | Sumber Gambar : Google Maps/edy wijanto

Bagi pecinta selfie dan hobi upload foto di media sosial, destinasi wisata ini sangat direkomendasikan. Rencanakan liburan menyenangkan di Cirebon bersama teman, sahabat, atau keluarga dan jelajahi destinasi terbaik yang ada.

Suasana Mendung Tempat Wisata Kampung Sabin | Sumber Gambar : Google Maps/Kampung Sabin

Destinasi wisata baru di Kabupaten Cirebon, Kampung Sabin, kini menjadi salah satu pilihan favorit bagi wisatawan. Tidak heran karena dengan fasilitas yang memanjakan dan spot-spot terbaiknya, tempat ini sangat layak dikunjungi.

Buka setiap hari, wisatawan dapat mengunjungi Kampung Sabin kapan saja. Jam operasional restoran di Kampung Sabin dibuka setiap hari mulai dari pukul 10.00 hingga 21.00 WIB.

3. Talaga Remis

Destinasi Talaga Remis di Kuningan Jawa Barat sangat direkomendasikan untuk dikunjungi saat berlibur. Obyek wisata alam ini akan menenangkan jiwa dan menawarkan suasana alam yang damai, Kuningan sendiri terkenal sebagai kota wisata yang memiliki banyak destinasi wisata yang layak dikunjungi.

Suasana Alam Pagi Talaga Remis | Sumber Gambar : Google Maps/Jaya jaya

Talaga Remis menawarkan pemandangan telaga yang indah dan panorama alam hijau yang mempesona. Destinasi ini sangat cocok untuk berpiknik bersama keluarga. Jika ingin berlibur di Kuningan Jawa Barat, pastikan untuk menyertakan Talaga Remis dalam daftar destinasi wisata yang ingin dikunjungi.

Pria Sedang Beraga Memanah Talaga Remis | Sumber Gambar : Google Maps/Aditya Makin

Berlibur ke Kuningan Jawa Barat tidak harus mahal. Ada banyak pilihan destinasi wisata yang terjangkau dan tetap bisa memberikan pengalaman berlibur yang menyenangkan. Talaga Remis di Kuningan adalah salah satu pilihan yang baik, menawarkan suasana alam yang indah dan harga tiket masuk yang terjangkau, hanya Rp 15.000 untuk dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak. Nikmati liburan berkualitas dengan memilih Talaga Remis sebagai tujuan wisata.

Pria Sedang Menatap Air Talaga Remis | Sumber Gambar : Google Maps/Oble bae

"Dengan harga tiket masuk yang murah, anda bisa menikmati keindahan Talaga Remis Kuningan yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung. Ada biaya tambahan untuk retribusi parkir kendaraan, sepeda motor sebesar Rp.2.000 dan mobil Rp.5.000, Perlu Anda ketahui Harga tiket masuk dan retribusi parkir kendaraan Talaga Remis bisa berubah setiap waktu."

"Dengan keindahan alam yang mempesona dan biaya masuk yang terjangkau, Talaga Remis menjadi salah satu destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi oleh masyarakat Kuningan dan sekitarnya, Nikmati suasana alam yang damai dan memanjakan mata dengan pemandangan yang memukau. Jangan ragu untuk menjadikan Talaga Remis sebagai tujuan liburan berikutnya."

4. Bukit Gronggong

Dengan konsep wisata alam yang menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan instagramable, Bukit Gronggong menjadi salah satu pilihan terbaik bagi anda yang ingin berlibur dengan nuansa romantis dan natural. 

Suasana Mendung di Bukit Gronggong | Sumber Gambar : Google Maps/John Arif


"Wisata dengan pemandangan alam yang indah selalu menjadi pilihan populer saat ini. Salah satu destinasi baru yang layak dikunjungi di Cirebon adalah Bukit Gronggong. Tempat ini baru-baru ini menjadi viral di media sosial dengan keindahannya dan spot-spot instagenic yang tersedia. Jika Anda berencana berlibur bersama orang tercinta, Bukit Gronggong adalah pilihan tepat. Nikmati keindahan alam dan spot-spot instagenic yang tersedia dengan informasi wisata Bukit Gronggong sebagai referensi berlibur."

Perempuan Sedang meratapi Suasana di Bukit Gronggong | Instagram/@mommykirana

Untuk menikmati keindahan dari destinasi wisata Bukit Gronggong di Cirebon, anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Anda hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp.5.000/orang. Selain tiket masuk, anda juga harus membayar tiket parkir sepeda motor sebesar Rp.3.000 dan tiket parkir mobil sebesar Rp 5.000. Namun, harap diingat bahwa harga tiket masuk dan tiket parkir bisa berubah sewaktu-waktu.

Untuk kenyamanan liburan anda, Bukit Gronggong buka setiap hari selama 24 jam. Sehingga anda bebas menikmati keindahannya kapan saja.

Lokasi Bukit Gronggong terletak di Patapan, Kecamatan Beber, Cirebon, Jawa Barat. Hanya berjarak sekitar 10 km dari pusat kota Cirebon dan dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 30 menit. Akses jalan yang baik dan plang penunjuk jalan membuat perjalanan liburan anda semakin mudah dan nyaman.

5. Wisata Talaga Langit

Talaga Langit, Taman Wisata Anti Galau di Cirebon, menjadi salah satu destinasi baru yang direkomendasikan untuk dikunjungi oleh traveler. Nikmati liburan yang menyenangkan bersama keluarga di Cirebon, Jawa Barat, dengan menjelajahi destinasi wisata baru ini saat hari libur tiba, Jelajah wisata di Cirebon memang sangat menyenangkan dengan berbagai pemandangan alam terbaik yang direkomendasikan untuk menyegarkan pikiran dan tubuh.

Keluarga Perempuan Bertiga Sedang Berfoto di Talaga Langit | Sumber Gambar : Google Maps/Nany Casmini

Liburan pastinya akan terasa lebih menyenangkan jika ditemani orang yang dicintai sambil menjelajahi destinasi baru yang sedang populer di Cirebon. Banyak spot instagenic yang bisa ditemukan saat berkunjung ke Talaga Langit, Taman Wisata Anti Galau di Cirebon. Refreshingkan pikiran dan tubuh yang lelah dengan menjelajahi berbagai spot menarik dan fasilitas yang ditawarkan oleh destinasi Talaga Langit.

Cirebon memiliki banyak tempat wisata baru yang siap memanjakan liburan akhir pekan bersama keluarga.

Ibu Dan Anak Berfoto di Talaga Langit | Sumber Gambar : Google Maps/FERI IKHSANUDIN

Eksplor Wisata Cirebon, kunjungi destinasi Talaga Langit Anti Galau untuk me-refresh tubuh dan pikiran dengan spot-spot menarik. Liburan pasti menyenangkan, terutama jika menjelajahi tempat wisata baru yang cocok untuk healing di Cirebon, Jawa Barat.

Ada banyak tempat wisata menarik di Cirebon yang dapat dikunjungi dengan harga tiket masuk yang terjangkau untuk menemani aktivitas liburan. Saat ingin berkunjung ke Talaga Langit, biaya tiket masuknya sebesar Rp 15.000 (hari kerja) dan Rp 20.000 (akhir pekan).

Patung Tangan di Tempat Wisata Talaga Langit | Sumber Gambar : Google Maps/FERI IKHSANUDIN

(Catatan: harga tiket masuk Talaga Langit Cirebon dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu).

Nikmati liburan akhir pekan dengan memaksimalkan eksplorasi spot-spot wisata yang disediakan di Talaga Langit.

6. Keraton Kasepuhan Cirebon

Keraton Kasepuhan di Cirebon, Jawa Barat, menawarkan pengalaman berlibur yang menyenangkan bersama keluarga. Destinasi ini memiliki keunikan sejarah dan budaya yang sangat mempesona, yang menjadikannya salah satu wisata yang direkomendasikan.

Jawa Barat memang kaya akan keindahan dan pesona wisata, mulai dari wisata alam hingga obyek wisata sejarah dan budaya yang sangat mempesona. Cirebon, sebagai salah satu kabupaten di Jawa Barat, memiliki banyak tempat wisata menarik yang bisa memanjakan perjalanan liburan anda. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi destinasi wisata budaya dan sejarah yang menakjubkan saat berlibur di Cirebon.


"Keraton Kasepuhan adalah salah satu destinasi sejarah yang patut dikunjungi saat liburan di Cirebon, Jawa Barat. Kerajaan Cirebon terbelah menjadi dua pada tahun 1969 akibat konflik internal, namun saat ini lokasi Keraton Kasepuhan dimanfaatkan sebagai tempat wisata sejarah. Bangunan kuno klasik yang indah akan memanjakan pengunjung. Ada banyak koleksi bersejarah yang dapat dilihat, seperti kereta kencana, gamelan tahun 1426, lukisan antik Prabu Siliwangi, rebana Sunan Kalijaga, hingga meriam mini.


Anda juga dapat menjelajahi area Keraton untuk mengamati arsitektur yang memiliki nilai filosofi tinggi. Keraton Kasepuhan berlokasi di Jalan Kasepuhan No. 43, Lemahwungkuk, Kota Cirebon."


Untuk menikmati pengalaman wisata sejarah dan budaya di Keraton Kasepuhan, destinasi yang sangat direkomendasikan untuk liburan keluarga di Cirebon, Anda tidak perlu mempersiapkan biaya yang besar. Harga tiket masuk ke Keraton Kasepuhan hanya sebesar Rp 20.000.

Beberapa biaya tambahan yang mungkin harus dikeluarkan saat berkunjung ke Keraton Cirebon adalah biaya parkir untuk kendaraan. Biaya parkir motor sebesar Rp 3.000 dan untuk mobil sebesar Rp 10.000. Perlu diingat bahwa harga tiket masuk dan biaya tambahan saat berlibur di Keraton Kasepuhan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan.


Dengan demikian, Keraton Kasepuhan Cirebon menjadi destinasi wisata yang menyuguhkan pengalaman berwisata yang memadukan antara sejarah dan budaya. Keindahan bangunan kuno klasik, koleksi barangan bersejarah, dan nilai filosofi arsitektur membuat Keraton Kasepuhan Cirebon sangat layak untuk dikunjungi. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat wisata yang sangat rekomended ini dan membuat liburan anda semakin berkesan dan menyenangkan.

7. Keraton Kanoman

"Dengan sejarah dan budaya yang kaya, Keraton Kanoman memanjakan pengunjung dengan keindahan dekorasinya dan arsitektur khas Jawa dan Tiongkok. Koleksi benda bersejarah yang melimpah dan kereta kencana Paksi Naga Liman yang legendaris, menjadikan Keraton Kanoman sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi pecinta sejarah dan budaya."


Temukan berbagai koleksi bersejarah seperti lukisan, kerajinan keramik, dan kereta kencana Paksi Naga Liman yang legendaris di Keraton Kanoman, tempat wisata bersejarah di Cirebon, keraton ini masih memegang teguh adat dan tradisinya, termasuk Ritual Panjang Jimat yang digelar setiap bulan Maulid.

Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keraton Kanoman dibangun pada tahun 1510 Saka atau 1588 M oleh Sultan Anom, yang juga dikenal sebagai Pangeran Muhamad Badrudin Kartawidjaja, Keraton Kanoman pertama kali ditempati oleh bangunan Witana, yang sebelumnya digunakan oleh Pangeran Cakrabuana ketika berada di Tegal Alang-alang.


Ritual ini dimulai dengan pencucian benda-benda pusaka selama 40 hari dan dilanjutkan dengan prosesi arak-arakan benda pusaka dan gunungan hasil bumi menuju Masjid Keraton Kanoman, Menjadi acara yang sangat ditunggu-tunggu oleh warga Cirebon dan wisatawan, Ritual Panjang Jimat memiliki nilai filosofis yang tinggi. Ini juga menjadi kesempatan bagi warga sekitar Keraton Kanoman untuk mengucapkan rasa syukur.

Rasakan keseruan liburan yang memuaskan bersama keluarga di Keraton Kanoman Cirebon, Jawa Barat, dengan menikmati suasana klasik. Cirebon memang menawarkan berbagai destinasi wisata yang tidak hanya indah alamnya, namun juga sejarah dan budayanya.


Berlibur tak harus mahal, anda bisa menemukannya di Cirebon, Jawa Barat. Ada banyak tempat wisata yang bisa anda kunjungi dengan biaya terjangkau, salah satunya adalah Keraton Kanoman, Bersanding dengan Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman menawarkan keindahan seni klasik masa lalu yang memukau. Harga tiket masuk ke keraton ini hanya Rp.15.000/orang.

Anda juga harus membayar tiket parkir jika datang menggunakan kendaraan, dengan biaya parkir Rp.2.000 untuk motor dan Rp.5.000 untuk mobil. (Harga tiket masuk dan tiket parkir bisa berubah sewaktu-waktu).

Keraton Kanoman Cirebon buka setiap hari mulai pukul 09.00-17.00 WIB. Ayo liburan dan belajar sejarah bersama keluarga di Keraton Kanoman Cirebon, Jawa Barat.

8. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Nikmati pemandangan sejarah dan budaya di Masjid Agung Sang Cipta Rasa, masjid tertua di Cirebon. Berlokasi di kompleks Keraton Kasepuhan, arsitekturnya memiliki dominasi pengaruh Kerajaan Islam masa lalu. Ditandai dengan atap masjid tanpa kemuncak seperti masjid pada umumnya di Pulau Jawa, masjid ini mungkin terlihat sederhana namun memiliki kisah menarik.

Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon | Sumber Gambar : Randy Imanuel/Shutterstock.com

Konon, pembangunan masjid melibatkan banyak tokoh penting dari Kerajaan Demak, Majapahit, dan Cirebon, termasuk Sunan Gunung Jati yang meminta Sunan Kalijaga untuk merancang arsitektur masjid.

Suasana Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon | Sumber Gambar : Google Maps/Syafril Umar Rofiq

Selain gaya arsitekturnya yang masih awet hingga sekarang, Di Masjid Agung Sang Cipta Rasa, ada satu tradisi yang masih terjaga hingga sekarang, yaitu tradisi azan pitu. Azan pitu adalah ritual azan yang dilakukan oleh tujuh muadzin bersamaan. Biasanya, azan pitu dikumandangkan setiap salat Jumat di masjid ini.

Suasana Adzan Pitu Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon | Sumber Gambar : sanadmedia.com

"Masjid Agung Sang Cipta Rasa" dapat diakses secara gratis sebagai fasilitas ibadah umum. Tidak perlu ragu untuk mengunjungi masjid yang penuh sejarah ini dan merasakan suasana ibadah yang damai, Masjid ini terbuka selama 24 jam setiap hari, sehingga dapat dikunjungi kapan saja, terutama saat waktu sholat wajib.

9. Keraton Kacirebonan

Keraton Kacirebonan adalah sebuah tempat bersejarah yang direkomendasikan untuk dikunjungi saat berlibur bersama keluarga tersayang. Anda bisa memanfaatkan waktu libur dengan menikmati wisata sejarah di Cirebon dan belajar tentang sejarah melalui Keraton Kacirebonan.

Bangunan keraton kacirebonan | Sumber Gambar : Dokumen Istimewa

Destinasi wisata sejarah lainnya yang direkomendasikan untuk dikunjungi di Cirebon adalah Keraton Kasepuhan dan Kanoman. Keraton Kacirebonan juga merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat menghabiskan waktu libur bersama orang-orang tercinta.

Suasana Dalam Bangunan keraton kacirebonan | Sumber Gambar : disbudpar.cirebonkota.go.id

Kerajaan Cirebon yang pernah memimpin pada masa lalu telah meninggalkan peninggalan peradaban, salah satunya adalah Keraton Kacirebonan. Tempat ini didirikan pada tahun 1808 saat masa penjajahan Belanda di Indonesia.

Pintu Masuk Bangunan keraton kacirebonan | Sumber Gambar : disbudpar.cirebonkota.go.id

"Keraton Kacirebonan menawarkan kesempatan untuk melihat berbagai barang koleksi sejarah yang menakjubkan. Jika ingin tahu apa saja koleksi yang ada, simak informasi tentang Keraton Kacirebonan. Berkunjung ke obyek wisata sejarah di Cirebon Jawa Barat tidak harus mengeluarkan banyak uang, karena masih banyak pilihan wisata murah meriah yang direkomendasikan untuk liburan bersama keluarga."

Tarif masuk obyek wisata Keraton Kacirebonan adalah sebagai berikut:
  1. Rp 10.000 untuk pelajar
  2. Rp 15.000 untuk umum
  3. Rp 20.000 untuk wisatawan mancanegara
Untuk biaya parkir, Anda akan dikenakan retribusi sebagai berikut:
  1. Rp 3.000 untuk sepeda motor
  2. Rp 5.000 untuk mobil
Perlu diketahui bahwa tarif masuk dan biaya lain bisa berubah sewaktu-waktu. Keraton Kacirebonan membuka setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB, sehingga Anda bisa menikmati keindahan dan sejarahnya dengan leluasa.

10. Taman Sari Gua Sunyaragi

Minat wisatawan untuk berkunjung ke Taman Sari Gua Sunyaragi di Cirebon semakin meningkat belakangan ini, berkat pemugaran area dan pagelaran kesenian yang diadakan setiap tahunnya. Tempat wisata ini tidak lagi terlihat seperti tempat yang terabaikan.

Taman yang memiliki beberapa gua merupakan tempat meditasi para pemuka kerajaan dan prajurit keraton di masa lalu. Bangunan batu kuno di Gua Sunyaragi masih terasa begitu asli hingga kini dan sering dijadikan lokasi berburu foto oleh warga setempat.

Tampak Area Taman Sari Gua Sunyaragi | Sumber Gambar : disparbud.jabarprov.go.id/gua-sunyaragi/

Taman Sari Gua Sunyaragi juga sering menjadi tempat pagelaran musik, sendratari, dan pembukaan Festival Keraton Nusantara. Baru-baru ini, pengelola tempat wisata ini meluncurkan wahana balon udara untuk menambah daya tarik bagi wisatawan.

Menurut legenda, Gua Sunyaragi sudah ada sejak abad ke-17 dan dibangun dengan arsitektur campuran tradisional Indonesia, Eropa kuno, Tiongkok, dan Timur Tengah. Ini membuat Taman Sari Gua Sunyaragi di Cirebon menawarkan pemandangan yang mempesona dari peradaban masa lalu.

Area Taman Sari Gua Sunyaragi | Sumber Gambar : Google Maps/Jaya Jaya

Untuk menikmati keindahan Taman Sari Gua Sunyaragi, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp.10.000 per orang. Biaya parkir tambahan Rp.3.000 berlaku untuk sepeda motor dan Rp.5.000 untuk mobil (biaya ini dapat berubah sewaktu-waktu).

Taman Sari Gua Sunyaragi | Sumber Gambar : Google Maps/Susi Indri

Operasional wisata Taman Sari Gua Sunyaragi Cirebon buka setiap hari pukul 08.00-17.30 WIB, sehingga Anda bisa menikmati pengalaman wisata sejarah bersama keluarga dan teman-teman saat berlibur di Cirebon, Jawa Barat.

Halaman Taman Sari Gua Sunyaragi | Sumber Gambar : traveloka.com

"Menikmati sejarah sambil belajar tentang peradaban masa lalu, membuat liburan Anda semakin menyenangkan. Ajak keluarga untuk berkunjung ke Taman Sari Goa Sunyaragi Cirebon dan dapatkan pengalaman berkesan. Banyak spot foto instagenic yang dapat Anda kunjungi dan hasilkan foto-foto kece bersama landmark terkenal di sana. Liburan yang tak terlupakan sudah menunggu Anda."

11. Wanawisata Ciwaringin

"Wana Wisata Ciwaringin adalah pilihan yang tepat untuk dikunjungi saat kita merasa jenuh dan letih. Keindahan alam yang ditawarkan oleh wisata ini akan menenangkan dan meredakan rasa letih.

Dengan suasana alam hijau yang segar dan udara yang bersih, bosan, jenuh dan beban pikiran sehari-hari akan terobati. Cirebon memang terkenal sebagai salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki banyak potensi wisata, baik wisata sejarah dan budaya maupun wisata alam yang indah.

Wanita Menikmati Suasana Camping Wana Wisata Ciwaringin| Sumber Gambar : instagram.com/@anisahartantotedja

Menikmati keindahan alam dan wisata yang ada di Cirebon Jawa Barat pasti akan menyenangkan, Tidak hanya indah, banyak pula tempat menarik yang dapat dikunjungi dengan biaya tiket masuk yang terjangkau."

Salah satu destinasi wisata yang ramah bagi kantong adalah Wana Wisata Ciwaringin. Anda hanya perlu membayar Rp 10.000 per orang untuk menikmati keindahan alam di sini. Selain itu, untuk parkir kendaraan, biaya retribusi sepeda motor adalah Rp 2.000 dan Rp 5.000 untuk mobil. (Biaya masuk ke destinasi ini dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya).

Menikmati Suasana Alam Wana Wisata Ciwaringin| Sumber Gambar : instagram.com/@matz_potret

Wana Wisata Ciwaringin merupakan tempat wisata alam terbaru di Cirebon dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Meskipun masih baru, destinasi ini tidak kurang dalam hal fasilitas. Berikut adalah beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati saat berlibur di Wana Wisata Ciwaringin di Cirebon.
  1. Area parkir kendaraan wisata
  2. Warung wisata
  3. Mushola
  4. Kamar mandi/MCK
  5. Penginapan
  6. Toilet umum
  7. Tempat makan
  8. Outbpond area
  9. Camping groung
  10. Spot memancing
  11. Wahana permainan seru dan lainnya.
"Wisata alam Ciwaringin berada di Desa Ciwaringin, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Untuk sampai ke lokasi, jaraknya sekitar 27 km dari pusat kota dan waktu tempuh sekitar 45 menit menggunakan kendaraan.

Menikmati akhir pekan yang menyenangkan bersama orang tercinta di Wana Wisata Ciwaringin dengan spot dan fasilitas yang menunggu. Jangan lupa untuk mencatat destinasi ini dalam daftar liburan Anda di Cirebon, Jawa Barat."

12. Wisata Kura-Kura Belawa

Wisata Kura-Kura Belawa adalah salah satu wisata edukasi yang populer di kota Cirebon. Setiap hari selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal.

Melalui kunjungan ke Wisata Kura-Kura Belawa, pengunjung dapat belajar tentang satwa yang dilindungi, terutama hewan kura-kura. Kura-kura ini hidup di air tawar pegunungan dan dapat hidup hingga 150 tahun.

Tampak Depan Pintu Masuk Wisata Kura-Kura Belawa | Sumber Gambar : Google Maps/Lilis Pujiastuti

Dengan berlibur di tempat ini, pengunjung akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan seru. Mereka juga diajak untuk mencintai hewan dan lingkungan alam.

"Harga tiket masuk untuk wisata Kura-kura Belawa biasanya berbeda antara hari libur, hari biasa, atau hari minggu. Berikut adalah daftar harga tiket masuk ke area Kabupaten Cirebon, meskipun harga dapat berubah sewaktu-waktu.

Patung Wisata Kura-Kura Belawa | Sumber Gambar : Google Maps/Lilis Pujiastuti

Harga tiket masuk yang sangat terjangkau, hanya Rp.5.000 per orang, sudah memungkinkan pengunjung untuk masuk dan menikmati keindahan di dalamnya. Fasilitas umum juga sudah memadai, meskipun harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu."

13. Hutan Plangon

Hutan Plangon dapat menjadi tempat wisata yang unik dan sangat penting bagi warga sekitar Cirebon. Menurut legenda, hutan ini adalah tempat persembunyian dua pangeran keraton Cirebon. Beberapa orang juga percaya bahwa kedua pangeran tersebut dikuburkan di Hutan Plangon. Hal ini membuat banyak pengunjung datang ke Hutan Plangon untuk berziarah ke makam kedua pemimpin Cirebon.

Pintu Masuk Wisata Hutan Plangon | Sumber Gambar : Dokumen Istimewa

Hutan ini memiliki luas sekitar 48 hektare dan menjadi habitat bagi ratusan kera dan berbagai jenis tumbuhan. Pengunjung dapat berinteraksi dengan kera setempat atau hanya memberi makan kepada mereka.

Tempat ini juga menjadi tempat wisata yang ramai setiap tanggal 2 Syawal, saat pengunjung datang untuk mengunjungi makam Pangeran Kejaksan dan Pangeran Panunan.

Sekelompok Para Kera di Wisata Hutan Plangon | Sumber Gambar : Dokumen Istimewa

Namun, harap diingat bahwa kebanyakan kera di Hutan Plangon agresif dan kurang ramah terhadap pengunjung. Oleh karena itu, selalu berhati-hatilah dan hindari mengganggu habitat kera di sana. Hutan Plangon berlokasi di Jalan Bumi Babakan Indah, Cirebon dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit dari pusat kota.

Kera di Wisata Hutan Plangon | Sumber Gambar : aboutcirebon.id

Harga tiket masuk ke Hutan Plangon berbeda-beda antara hari biasa dan hari libur. Berikut adalah daftar harga tiket masuk ke kawasan Kabupaten Cirebon yang dapat berubah sewaktu-waktu.

Hari biasa, harga tiket masuk Hutan Plangon sebesar Rp3,000.00. Sementara pada hari libur, harga tiket masuk sebesar Rp3,000.00. Hari biasa biasanya meliputi hari Senin-Jumat, sementara hari libur adalah Sabtu dan Minggu.

14. Pantai Kejawanan

Pantai Kejawanan menjadi tujuan wisata ideal bagi keluarga yang ingin berlibur di Cirebon. Kabupaten Cirebon tidak hanya memiliki destinasi sejarah, budaya, dan alam, tetapi juga memiliki Pantai Kejawanan yang menjadi tujuan wisata yang menarik pada akhir pekan.

Jawa Barat memang dikenal sebagai salah satu daerah wisata yang memiliki keindahan alam yang mempesona. Salah satu daerah potensial untuk wisata di Jawa Barat adalah Kabupaten Cirebon, dan salah satunya adalah Pantai Kejawanan dengan spot-spot menariknya.

Sekelompok Orang Berada di Jembatan Pantai Kejawanan Cirebon | Sumber Gambar : Google Maps/Doni Juniansyah


Menikmati sajian pantai dan suasana tenang pada akhir pekan dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk merelaksasi dari rutinitas sehari-hari dan membuang rasa letih dan bosan. Pantai Kejawanan memiliki keindahan dan spot yang akan membuat liburan Anda lebih menyenangkan.

Pantai Kejawanan di Cirebon memiliki pasir hitam yang eksotis dan menawarkan keunikan tersendiri bagi para wisatawan. Garis pantai yang panjang dan luas serta ombak yang tidak terlalu tinggi menjadikannya tempat yang nyaman bagi wisatawan untuk bersantai dan bermain.

Sekelompok orang Pesepeda Berada di Jembatan Pantai Kejawanan Cirebon | Sumber Gambar : Google Maps/Adin Bilal



Wisatawan sering bermain di bibir pantai hingga ke arah laut, seperti bermain bola, berkejar-kejaran, berjalan-jalan, atau bermain pasir. Pantainya yang berpasir hitam juga membuatnya lebih padat sehingga nyaman untuk bermain.

Salah satu keunggulan dari Pantai Kejawanan adalah pemandangan matahari terbenam yang memukau. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah pada sore hari, saat senja mulai datang dan sinar matahari meredup. Saat itulah, wisatawan dapat mengabadikan pemandangan indah matahari terbenam dan melihat siluet-siluet kapal yang tampak seiring terbenamnya matahari. Langit akan berubah dari biru menjadi oranye, dan bayangan matahari tampak tenggelam di lautan.

Suasana Pantai Kejawanan Cirebon | Sumber Gambar : radarcirebon.id

Wisatawan dapat berfoto dengan membuat siluet pada latar belakang matahari terbenam yang indah. Kondisi yang cerah akan membuat pemandangan semakin sempurna. Saat gelap, wisatawan akan pulang dengan hati yang senang dan pikiran yang lebih segar.

Indonesia memiliki banyak destinasi wisata yang indah, dan tidak perlu pergi ke luar negeri untuk menikmati liburan yang menyenangkan. Keuntungan lain dari wisata di Indonesia adalah harganya yang terjangkau. Salah satu wisata murah di Cirebon, Jawa Barat, adalah Pantai Kejawanan. Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 6.000 per orang untuk menikmati keindahan dan objek wisata di sana.

Suasana Tempat Warung Pantai Kejawanan Cirebon | Sumber Gambar : Google Maps/aini fajrina adzani

Biaya parkir juga merupakan biaya tambahan yang harus dikeluarkan saat berkunjung ke Pantai Kejawanan menggunakan kendaraan. Biaya parkir untuk motor sebesar Rp. 3.000 dan untuk mobil sebesar Rp. 5.000. Perlu diingat bahwa harga tiket masuk dan biaya tambahan lainnya bisa berubah sewaktu-waktu.

15. Masjid Merah Panjunan

Masjid Merah Panjunan memiliki arsitektur yang sangat unik dan berbeda dari masjid-masjid pada umumnya. Bangunan ini memiliki nuansa Jawa dan Hindu yang kental, serta dilengkapi dengan piring-piring asal Tiongkok yang menghiasi temboknya.

Dengan adanya perpaduan beberapa budaya ini, Masjid Merah Panjunan dianggap sebagai wujud akulturasi budaya. Masjid ini dibangun oleh Sunan Gunung Jati dan diklaim sebagai tempat pengesahan para wali. Saat berkunjung ke sini, pengunjung dapat melakukan ibadah dan juga menikmati suasana sambil mempelajari sejarah pembangunan masjid.

Tampak Depan Bangunan Masjid Merah Cirebon | Sumber Gambar : Dokumen Istimewa

Masjid ini memiliki nama yang sesuai dengan warna bangunannya, yaitu berwarna merah. Arsitektur Jawa dan Hindu yang kental membuat masjid ini memiliki keunikan tersendiri dan menjadi tempat pengesahan para wali.

Tampak Dalam Masjid Merah Cirebon | Sumber Gambar : Google Maps/Bilal Sezgin

"Lokasi Wisata Masjid Merah berada di Jalan Panjunan No.43, Desa Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Tiket masuk ke Wisata Religi Masjid Merah tidak dikenakan biaya, sehingga sangat terjangkau bagi wisatawan. Fasilitas yang tersedia cukup memadai bagi wisatawan yang berkunjung."

16. Vihara Dewi Welas Asih

Meski terkenal sebagai destinasi wisata sejarah Islam, Kota Cirebon juga memiliki banyak akulturasi budaya. Salah satunya adalah Vihara Dewi Welas Asih, yang sudah berusia setengah abad dan masih berfungsi hingga saat ini.

Kota Cirebon memiliki empat vihara besar, di antaranya adalah Vihara Dewi Welas Asih, yang merupakan vihara tertua dan juga salah satu bangunan cagar budaya di kota tersebut.

Bangun Utama Vihara Dewi Welas Asih | Sumber Gambar : jabar.tribunnews.com

Vihara ini terbagi menjadi beberapa bagian, di mana altar utamanya berada di tengah dan dikelilingi sesaji dan dupa. Selain itu, terdapat juga lilin-lilin raksasa yang berdiri di banyak tempat, serta dinding besar yang khusus menceritakan Dewa-dewi dalam agama Tionghoa. Dinding ini juga berusia setengah abad sejak vihara dibangun.

Vihara Dewi Welas Asih merupakan salah satu cagar budaya di Kota Cirebon yang dibangun sejak tahun 1595. Menariknya, nama penyumbang pembangunan vihara terdapat dalam sebuah prasasti yang ada di tempat tersebut.

Bangun Vihara Dewi Welas Asih | Sumber Gambar : Google Maps/Raynardthan Pontoh

Taan Kok Uong, Khang Li, dan Liem Tsiok Tiong adalah penyumbang pembangunan Vihara Dewi Welas Asih. Khang Li dikenal sebagai Maharaja Tiong Hwa yang memerintah di Negeri Tiongkok saat masa pemerintahan Lodewijk XIV.

Vihara ini sudah mengalami beberapa renovasi selama berabad-abad, pada tahun 1791, 1829, dan 1889, Vihara ini menjadi tempat peribadatan tertua bagi umat Buddha di kawasan Cirebon, Tiket masuk ke Vihara Dewi Welas Asih gratis dan bisa dikunjungi setiap saat tanpa batas waktu karena buka selama 24 jam setiap hari.

17. Setu Sedong

"Setu Sedong menjadi pilihan destinasi wisata alam yang murah meriah di Cirebon. Kota Cirebon memang menawarkan beragam opsi wisata, seperti tempat bersejarah, wisata alam, budaya, pantai, dan lainnya. Salah satu wisata alam menyegarkan yang direkomendasikan untuk liburan bersama keluarga adalah Setu Sedong.

Suasana Setu Sedong | Sumber Gambar : Google Maps/M ali susanto

Setu Sedong memiliki pemandangan alam yang indah dan memikat yang dapat menenangkan pikiran. Tempat ini juga direkomendasikan untuk rekreasi bersama keluarga, dengan harga yang terjangkau. Hanya dengan biaya Rp.3000/orang, Anda dapat menikmati keindahan alam yang ditawarkan Setu Sedong Cirebon."

Namun, jika Anda ingin menikmati wahana permainan di Setu Sedong, Anda harus membayar biaya tambahan. Biaya tersebut berkisar antara Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000, tergantung pada wahana permainan atau spot yang Anda pilih. (Harga tiket masuk Wisata Setu Sedong Cirebon dapat berubah setiap saat).

Perempuan Menatap Danau Setu Sedong | Sumber Gambar : Google Maps/Avry Bhalle

Operasional wisata di Setu Sedong buka setiap hari selama 24 jam. Sehingga Anda dapat menikmati pesona wisata yang ditawarkan bersama keluarga Anda saat akhir pekan.

Walaupun tidak menjadi tujuan wisata terkini dan terkenal di Cirebon, Situ Sedong dapat dikunjungi dengan mudah. Akses jalan yang sudah baik akan mempermudah perjalanan liburan bersama keluarga.

Pria Menatap Danau Setu Sedong | Sumber Gambar : Google Maps/Muhammad Zakariya

Lokasi Situ Sedong berada di Sedong Lor, Sedong, Cirebon, Jawa Barat. Jarak dari tujuan wisata Telaga Situ Sedong kurang lebih 25 km jika berangkat dari pusat kota Cirebon. Anda dapat mengunjungi Situ Sedong dengan menggunakan kendaraan pribadi dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 45 menit.

18. Banyu Panas Palimanan

Wisata Banyu Panas Palimanan adalah tempat rekreasi air yang memiliki air panas alami. Tempat ini sering dikunjungi oleh banyak wisatawan, terutama saat musim liburan. Tempat ini ditemukan secara kebetulan pada tahun 2008 saat PT. Indocement melakukan pengeboran air bersih. Air panas yang berwarna kebiru-biruan ini sangat menyegarkan.

Seorang Pria Bersepeda di Bayu Panas Palimanan | Sumber Gambar : Google Maps/Aji Suhendra

Banyu Panas Palimanan di Cirebon, Jawa Barat, bukan hanya memberikan kesegaran, tetapi juga menjadi alternatif terapi. Air panas yang mengandung belerang dapat mengobati berbagai penyakit kulit, seperti panu, kadas, kurap, dan kutu air. Air panas juga dapat membunuh sel kulit mati, sehingga kulit tetap sehat dan terawat.

Tempat ini sangat cocok untuk meredakan rasa lelah, sakit, lemah, dan letih pada tubuh. Namun, kamu tidak boleh berendam lebih dari 15 menit karena tingginya kandungan belerang yang dapat menyebabkan sakit kepala, mual, muntah, atau bahkan pingsan. Sebaliknya, jika berendam sesuai dengan batas maksimal, kamu bisa memperoleh kesehatan kulit dan tubuh.

Pria Tengah Menatap Air Panas di Bayu Panas Palimanan | Sumber Gambar : Google Maps/Jaya Jaya

Untuk mengunjungi tempat ini, kamu bisa menggunakan berbagai moda transportasi seperti kereta api, bus, atau mobil pribadi. Tempat ini berjarak sekitar 29 km dari pusat kota Cirebon. Bagi yang menggunakan mobil pribadi, kamu bisa mengikuti jalan tol Kanci Palimanan, Jl. Kesambi, perempatan Brigjen Darsono, dan Jl. Kraksan. Setelah itu, kamu akan menemukan papan petunjuk arah menuju lokasi.

Suasana Air Panas di Bayu Panas Palimanan | Sumber Gambar : Dokumen Istimewa

Ingin merasakan pemulihan kondisi fisik dan kesehatan kulit, biasanya dibutuhkan biaya yang cukup besar. Namun, di Banyu Panas Palimanan, kamu bisa menikmati kenyamanan air panas yang memiliki manfaat terapeutik dengan harga yang terjangkau. Tiket masuknya hanya sebesar Rp. 10.000 per orang dan Rp. 6.000 untuk berendam.

Air Panas di Bayu Panas Palimanan | Sumber Gambar : Dokumen Istimewa

Dengan total biaya tidak lebih dari Rp. 20.000, kamu sudah bisa menikmati fasilitas dan manfaat air panas di tempat ini. Harga tersebut bisa berubah sesuai dengan kebijakan pengelola. Jika menggunakan kendaraan pribadi, tiket parkir motor seharga Rp. 3.000 dan tiket parkir mobil seharga Rp. 10.000, harga juga bisa berubah sesuai kebijakan pengelola.

19. Waterpark Ciperna

Taman Air Ciperna berlokasi di dalam area Taman Kota Kyai Masni Ciperna, Cirebon. Seperti namanya, objek wisata ini menawarkan wahana air utama bagi pengunjung. Di dalam area Taman Air, selain wahana air ada juga banyak wahana lain yang tersedia.

Di taman kota Ciperna terdapat juga koleksi binatang di kebun binatang mini. Di tengah area Taman Air terdapat Danau Kyai Masni. Berbagai arena permainan dan panggung hiburan juga disediakan oleh pihak pengelola untuk kenyamanan para pengunjung.

Anak-anak Berfoto Di Tulisan Waterpark Cirperna | Sumber Gambar : Google Maps/Walang Sangit

Water Park Ciperna menawarkan banyak kolam air dengan ukuran, kedalaman, dan wahana yang berbeda-beda. Tidak tanggung-tanggung, terdapat sembilan kolam di area Taman Wisata Air ini. Setiap kolam dijaga oleh lifeguard yang selalu ditambah jumlahnya saat musim liburan.

Kolam Renang Waterpark Cirperna | Sumber Gambar : Google Maps/Didit Prasetyo

Tiket masuk Rp. 15.000 dan tiket untuk bermain di kolam bola seharga Rp. 5.000. Taman wisata air ini dapat dikunjungi setiap hari, baik pada hari kerja maupun akhir pekan. Pembukaan mulai dari pagi hingga sore hari dan tutup pukul 16.00 WIB, harga juga bisa berubah sesuai kebijakan pengelola.

Suasana Jembatan Kolam Renang Waterpark Cirperna | Sumber Gambar : Google Maps/Didit Prasetyo

Setiap kolam memiliki keunikan masing-masing, ada kolam dengan kedalaman air 130 cm, kolam dengan seluncur, dan tumpah air. Terdapat juga kolam yang sangat dangkal untuk anak-anak kecil.

Suasana Waterpark Cirperna | Sumber Gambar : Dokumen Istimewa

Setiap area kolam dikelilingi oleh pohon-pohon untuk menjaga kolam selalu teduh, meski saat cuaca panas. Area terbuka ini dikelilingi oleh pohon-pohon dan dilengkapi dengan jaring-jaring di atas kolam untuk menjaga kebersihan kolam dan kenyamanan wisatawan.

Suasana Ramai Kolam Renang Waterpark Cirperna | Sumber Gambar : Dokumen Istimewa

Waterpark Ciperna berada di Jalan Sudirman, Kelurahan Ciperna, Kecamatan Talun, Kota Cirebon. Berlokasi di tengah kota dan dekat dengan jalan Tol Kanci - Palimanan membuat akses menuju objek wisata ini lebih mudah. Keberadaan waterpark di dalam perumahan memudahkan para pengunjung untuk menemukan lokasinya. 

Terletak di pusat kota, tempat ini tidak hanya ramai dikunjungi oleh masyarakat daerah perumahan Taman Kota saja, tetapi juga oleh wisatawan dari kota lain.

20. Danau Setu Patok

Destinasi wisata Setu Patok di Cirebon, Jawa Barat, sangat direkomendasikan untuk dikunjungi bersama keluarga saat berlibur. Selain menawarkan obyek wisata sejarah, Cirebon juga memiliki banyak tempat-tempat menarik lain yang patut dikunjungi.

Potensi wisata di Jawa Barat sangat luar biasa, dengan keindahan yang mempesona. Kota Cirebon merupakan salah satu kabupaten yang direkomendasikan karena banyaknya destinasi-destinasi menarik.

Perempuan Bertiga Sedang Menikmati Keindahan Danau Setu Patok | Sumber Gambar : Google Maps/casdi soilah hadir cacha

Setu Patok sendiri adalah salah satu destinasi wisata alam yang mempesona di Cirebon, Telaga indah ini memiliki panorama dan spot wisata yang memukau, sehingga direkomendasikan untuk menghabiskan akhir pekan liburan bersama keluarga. Nikmati liburan anda dengan sensasi perjalanan yang menyenangkan bersama keluarga.

Destinasi wisata Setu Patok memiliki harga tiket masuk yang terjangkau. Tidak perlu khawatir dengan biaya retribusi, hanya perlu membayar tiket parkir sebesar Rp.3.000 untuk sepeda motor dan Rp.5.000 untuk mobil (harga tersebut dapat berubah).

Bersepeda di Danau Setu Patok | Sumber Gambar : Google Maps/Dzaki Ammar

Selain itu, Setu Patok juga memiliki keindahan dan aksesibilitas yang baik. Anda dapat dengan mudah menemukan lokasinya di Setupatok, Kecamatan Mundu, Cirebon, Jawa Barat dan menikmati pemandangan yang indah.

Pria Menikmati Suasa Sunset di Danau Setu Patok | Sumber Gambar : Google Maps/Lucky Widyaguna

Untuk mencapai Setu Patok dari kota Cirebon, jaraknya sekitar 14 km dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 30 menit. Anda bisa menikmati liburan bersama keluarga di destinasi wisata alam ini yang mempesona.

21. Waduk Darma

Waduk Darma, danau yang cantik di Kuningan, menjadi rekomendasi yang tepat untuk menikmati liburan bersama keluarga. Kuningan sebagai destinasi wisata alam memang memukau dengan kecantikannya yang mempesona.

Keluarga Tengah Foto Di Pintu Masuk Waduk Darma | Sumber Gambar : Google Maps/affifa zahra

Untuk merefreshkan pikiran dari suasana perkotaan dan melepaskan beban pekerjaan, Kuningan menjadi tujuan wisata yang baik. Waduk Darma Kuningan memberikan suguhan pesona bendungan dan berbagai fasilitas dan tempat untuk berfoto yang instagramable.

Nikmati liburan akhir pekan yang menyenangkan di Waduk Darma Kuningan dan meninggalkan semua beban hidup.

Keluarga Tengah Foto Di Waduk Darma | Sumber Gambar : Google Maps/affifa zahra

Keindahan Waduk Darma Kuningan yang mempesona tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Destinasi wisata di Kuningan terkenal dengan tawaran harga yang terjangkau dan tetap memberikan pengalaman yang memuaskan.

mengelilingi waduk menggunakan perahu Berfoto Di Waduk Darma | Sumber Gambar : Google Maps/Ahmad hikam Al kahfi

Waduk Darma Kuningan menyajikan pemandangan indah dengan hanya membayar tiket masuk Rp.10.000 untuk anak-anak dan Rp.15.000 untuk orang dewasa. Biaya tambahan seperti retribusi parkir, Rp.3.000 untuk motor dan Rp.5.000 untuk mobil, mungkin dapat berubah sewaktu-waktu.

Pintu Masuk Utama Di Waduk Darma | Sumber Gambar : Dokumen Istimewa

Aksesibilitas Waduk Darma Kuningan juga mudah, lokasinya dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi. Jadi, nikmati liburan alam yang menyenangkan tanpa harus bersusah payah.

"Destinasi wisata Waduk Darma terletak di Darma, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Terdapat sekitar 46 km jarak dari pusat kota Kuningan. Anda dapat mencapai Waduk Darma dengan kendaraan dan waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 45 menit perjalanan."

22. Alun-alun Kejaksan

Alun-alun Kejaksan menawarkan keindahan bangunan yang memukau dan instagramable. Destinasi ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi saat liburan.

Tampak Depan Suasana Malam Tulisan Alun-Alun Kejaksan Cirebon | Sumber Gambar : Khoirul Iman Shin Gen

Pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas yang tersedia, seperti taman bermain, jogging track, shelter PKL, pedestrian, dan microlibrary. Dengan fasilitas tersebut, pengunjung dapat bersantai dan menikmati liburan mereka dengan tenang.

Tampak Depan Tulisan Alun-Alun Kejaksan Cirebon | Sumber Gambar : rifai idris

Destinasi Wisata Alun-alun Kejaksaan mempertahankan keasrian dengan memiliki 30% lahan terbuka hijau. Memberikan pemandangan yang indah dan nyaman sehingga menjadi tempat berlibur yang ideal.

Taman Bermain Anak-Anak Alun-Alun Kejaksan Cirebon | Sumber Gambar : Dokumen Istimewa

Untuk saat ini, tiket masuk ke wisata alun-alun Kejaksan tidak dipungut biaya. Alamat lengkapnya ada di Jalan Kartini, Kebon Baru, Kecamatan Kejaksan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Indonesia.

23. Kota Tua Cirebon (BAT)

Gedung Kolonial Ikonik di Cirebon yang dikenal sebagai bekas pabrik rokok British American Tobacco (BAT) memiliki arsitektur yang sangat menarik perhatian wisatawan. Meskipun begitu, banyak orang yang belum mengetahui sejarahnya secara pasti. Gedung BAT sudah dinyatakan sebagai warisan budaya oleh Pemerintah Kota Cirebon dan dibangun pada tahun 1924 pada masa kolonial.

Gedung BAT Cirebon | Sumber Gambar : Google Maps/Muhammad Iqfha Nurhidayat

Salah seorang pengurus gedung BAT Muhamad Yusuf mengatakan gedung BAT tak lagi memproduksi rokok sejak 2010 silam. Penjualan yang kian menurun, menurutnya, menjadi salah satu alasannya. Namun, Yusuf mengaku BAT menyimpan banyak kenangan.

Menurut Muhamad Yusuf, salah satu pengurus Gedung BAT, menyatakan bahwa produksi rokok di gedung tersebut telah berhenti sejak tahun 2010. Menurunnya penjualan merupakan salah satu alasan mengapa produksi harus dihentikan. Namun, Yusuf mengaku bahwa gedung BAT memiliki banyak kenangan tersendiri.

Bagunan Gedung BAT Cirebon | Sumber Gambar : Google Maps/Agam Pamungkas

Gedung BAT yang memiliki luas sekitar satu hektare, sudah tidak lagi menjalankan produksi rokok sejak tahun 2010. Mesin-mesin produksinya sudah dipindahkan dan gedung itu sendiri sudah dikosongkan. Kini, gedung ini hanya dijaga dan dirawat.

Gedung BAT adalah bagian dari Kota Tua Cirebon, yang memiliki banyak gedung tua bergaya kolonial Belanda. Gedung ini telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Pemerintah Kota Cirebon. Lokasinya berada di Jalan Pasuketan No.1, Kampung Kebumen, Kelurahan Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat, bersebrangan dengan Bank Mandiri.

Gedung yang menjadi simbol bagi Kota Cirebon ini sebelumnya merupakan pabrik rokok ternama. Kini, sekitarnya kerap digunakan sebagai tempat berkumpul bagi warga setempat, serta sebagai tempat untuk berfoto dan menikmati kuliner.

24. Taman Pedati Gede Cirebon

Taman Pedati Gede Cirebon yang terletak di Kawasan Kota Tua, Kota Cirebon, menjadi destinasi wisata baru yang ikonik. Letaknya di depan Gedung British American Tobacco (BAT) dan di sisi selatan pelabuhan Cirebon.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPRKP) Kota Cirebon, Wandi Sofyan mengungkapkan bahwa Taman Pedati Gede berada di Jalan Pasuketan, Kelurahan Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Taman ini berisi replika Pedati Gede yang terdapat di Kelurahan Pekalangan, Kecamatan Pekalipan Kota Cirebon.

Taman Pedati Gede Cirebon | Sumber Gambar : cirebonkota.go.id

"Pembuatan Taman Pedati Gede sebagai monumen sejarah dan bagian dari upaya untuk merancang tata ruang, membangun pariwisata, seni, dan budaya di Kota Cirebon," ujar Wandi saat memberikan sambutan dalam acara peresmian Taman Pedati Gede pada hari Senin (12/12/2022).

Wandi berharap bahwa Taman Pedati Gede dapat menjadi ikon baru bagi destinasi wisata di Kota Cirebon. Acara peresmian Taman Pedati Gede dilaksanakan pada hari Senin (12/12/2022) yang bertepatan dengan empat tahun masa pemerintahan Nasrudin Azis - Eti Herawati sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cirebon.

Nashrudin Azis Meresmikan Taman Pedati Gede Cirebon | Sumber Gambar : cirebonkota.go.id

Lokasi Taman Pedati Gede sangat strategis, terletak di Jalan Pasuketan No. 1924, Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Cirebon. Replika Pedati Gede dianggap sebagai simbol kemajuan peradaban leluhur Cirebon.

"Pengunjung dapat bersantai, berfoto, dan juga mempelajari sejarah di taman ini."

25. Alun-alun Sangkala Buana

"Kini, Alun-alun Sangkala Buana hadir sebagai tambahan destinasi wisata di Kota Cirebon, Jawa Barat. Tujuannya tidak hanya untuk melestarikan budaya, tetapi juga untuk menarik lebih banyak wisatawan ke "Kota Wali".

Menurut Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon, Hanry David, Alun-alun Sangkala Buana kini terlihat lebih indah. Alun-alun ini dikelilingi oleh tembok bata merah yang rapi dan memiliki gapura raksasa dengan arsitektur terakota khas Cirebon, yang menjadi spot berfoto bagi pengunjung."

Alun-alun Sangkala Buana | Sumber Gambar : Dokumen Istimewa

Ada empat gerbang pada Alun-alun Sangkala Buana. Di barat, pengunjung akan menjumpai Masjid Agung Sang Cipta Rasa yang dibangun pada tahun 1488. Di selatan Alun-alun, terdapat kompleks Keraton Kasepuhan yang sudah berdiri sejak lama. Masjid dan keraton tersebut merupakan peninggalan dari Sunan Gunung Jati, salah satu dari Wali Sanga.

Di bagian timur dan utara, terdapat berbagai restoran, kafe, dan Tugu Poci yang menyajikan teh khas Cirebon. Di dalam Alun-alun juga terdapat beberapa kios usaha kecil dan menengah. 

Gubernur Jabar Ridwan Kamil Meresmikan Alun-Alun Sangkala Buanana | Sumber Gambar : disparbud.jabarprov.go.id

Pengunjung dapat bersantai di area pejalan kaki yang dilengkapi dengan kursi taman. Pohon-pohon hijau yang rimbun di sekitar Alun-alun juga membuat suasana semakin nyaman bagi pengunjung.

Sebelum direvitalisasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Alun-alun Sangkala Buana tidak teratur. Berdasar tanah dan rumput liar, Alun-alun sering digunakan sebagai tempat parkir dan lapak pedagang kaki lima. Saat ini, pedagang kaki lima tidak diperkenankan berjualan di dalam Alun-alun.

Pemprov Jabar Meresmikan Alun-Alun Sangkala Buanana | Sumber Gambar : disparbud.jabarprov.go.id

"David berharap bahwa tampilan baru Alun-alun Sangkala Buana akan menarik lebih banyak wisatawan, terlebih lagi jumlah wisatawan ke Cirebon terus meningkat. Tahun lalu, pihaknya mengklaim bahwa 3.669.195 wisatawan mengunjungi "Kota Wali". Padahal, pada 2020, jumlah wisatawan kurang dari 2 juta.

Saat meng inaugurasi alun-alun, Jumat (4/2), Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan bahwa selain menjadi tujuan wisata, fasilitas tersebut juga merupakan upaya pemerintah untuk melestarikan budaya dan sejarah Cirebon. "Ada opsi untuk meng-revitalisasi alun-alun menggunakan konsep modern, namun saya tidak setuju. Ini bagian dari sejarah," ujarnya.

Sultan Sepuh XV Keraton Kasepuhan Cirebon, Pangeran Raja Adipati Luqman Zulkaedin, mengapresiasi upaya pemerintah dalam melestarikan budaya dan sejarah Cirebon. "Keraton, masjid, dan alun-alun adalah satu kesatuan. Saya harap alun-alun ini bermanfaat bagi masyarakat dan meningkatkan kunjungan wisatawan," katanya.

26. Sentra Batik Trusmi atau Kampung Batik Trusmi

Belanja merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perjalanan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk berkunjung ke Kampung Batik Trusmi dan membeli produk batik mega mendung yang menjadi ciri khas tempat tersebut. Sentra produksi batik ini sudah ada sejak abad ke-14 dan semakin dikembangkan untuk memajukan sektor pariwisata.

Gapura Kawasan Batik Trusmi Cirebon | Sumber Gambar : Wikipedia/Aris riyanto

Anda dapat menyaksikan proses pembuatan batik dari dekat dan bahkan mengikuti kelas membatik di Sanggar Katura. Terdapat beberapa paket kursus yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Jangan lewatkan kesempatan untuk membeli produk batik asli dan unik serta belajar membatik dalam satu tempat.

Kawasan Kampung Batik Trusmi Cirebon | Sumber Gambar : Google Maps/Aura Sutra Mahrani

Pengrajin Batik Trusmi Cirebon | Sumber Gambar : batikdan.blogspot.com

Jangan khawatir, saat berkunjung ke Kampung Batik Trusmi, Anda juga dapat menikmati berbagai hidangan kuliner khas Cirebon. Beberapa makanannya seperti empal gentong, nasi jamblang, docan, tahu kuningan, empal asem, dan sego lengko. Tempat ini berada di Jalan Syekh Datul Kahfi, Weru Kidul, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

27. Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

Cirebon Waterland Ade Irma Suryani adalah destinasi wisata modern yang direkomendasikan untuk berlibur bersama keluarga di akhir pekan. Berlibur di Cirebon sangat menyenangkan karena banyak destinasi wisata yang menyenangkan dan seru.

Malam Hari Ade Irma Suryani Waterland | Sumber Gambar : Dokumen Istimewa

Selain keindahan sejarah, budaya, dan alamnya, Cirebon juga memiliki destinasi airpark yang akan memanjakan liburan Anda. Salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi adalah Cirebon Waterland Ade Irma Suryani.

Suasana Malam Ade Irma Suryani Waterland | Sumber Gambar : aboutcirebonid

Di Cirebon Waterland Ade Irma Suryani terdapat banyak wahana air yang direkomendasikan untuk Anda nikmati. Nikmati keseruan liburan di tempat ini dengan wahana adrenalin yang akan merelaksasi jiwa dan pikiran yang lelah. Manjakan juga keluarga Anda dengan sajian wisata anak di Cirebon Waterland Ade Irma Suryani ini.

Kolam Renang Waterland Ade Irma | Sumber Gambar : @titieksyam01

Untuk menikmati keindahan dan pemandangan wisata di Cirebon Waterland Ade Irma Suryani, Anda harus membayar biaya tiket masuk. Biaya tiket masuk adalah Rp. 50.000 pada hari kerja dan Rp. 65.000 saat berkunjung di akhir pekan.

Tampak Malam Hari Waterland Ade Irma Suryani | Sumber Gambar : Google Maps/Januarista Kartika

Nikmatilah pemandangan wisata yang ditawarkan oleh Cirebon Waterland Ade Irma Suryani bersama keluarga tercinta pada hari libur. Destinasi air park ini buka setiap hari dari pukul 06.00 - 21.00 WIB sehingga Anda bisa menikmati wisata ini sepuasnya saat berlibur di Cirebon, Jawa Barat.

28. Batu Lawang

"Batu Lawang" menjadi destinasi baru yang direkomendasikan di Cirebon untuk menikmati keindahan alam dan tempat-tempat yang cocok untuk berselfie. Keindahan pemandangan yang dikemas dengan tempat-tempat foto yang cocok untuk dibagikan di Instagram membuat destinasi ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Taman Batu Lawang Cirebon | Sumber Gambar : Google Maps/Ade Karyono

Walaupun Cirebon tidak sepopuler kota-kota lain seperti Bandung atau Bogor di Jawa Barat, namun banyak destinasi-destinasi menarik yang bisa dikunjungi ketika hari libur. Selain destinasi-destinasi bersejarah, Cirebon juga memiliki keindahan alam yang memukau, salah satunya adalah Batu Lawang. Dengan keindahannya yang menenangkan, anda bisa merelaksasi diri dari kejenuhan dan kelelahan aktivitas sehari-hari dengan berlibur di destinasi yang menarik ini.

Perempuan Sedang Berfoto di Taman Batu Lawang Cirebon | Sumber Gambar : Google Maps/Alpath Hidayat

Rasakan keseruan liburan di Batu Lawang, tempat wisata yang indah dan terjangkau di Cirebon, Jawa Barat. Sangat direkomendasikan untuk wisata bersama keluarga dan anak.

Pendalaman alam Cirebon memang luar biasa dan seiring berjalannya waktu, banyak dikembangkan menjadi tempat wisata menarik. Salah satunya adalah Batu Lawang, dengan pengelolaan yang baik menjadi tujuan wisata baru yang menarik.

Keluarga Tengah Foto di Taman Batu Lawang Cirebon | Sumber Gambar : Google Maps/finalia nurhidayati

Anda tidak perlu khawatir akan biaya saat berkunjung ke Batu Lawang, karena dengan harga tiket masuk hanya Rp.7.000/orang, anda bisa menikmati suasana dan spot wisata yang indah.

Biaya parkir kendaraan di Batu Lawang Cirebon berbeda-beda sesuai dengan jenis kendaraan. Sepeda motor dikenakan biaya retribusi sebesar Rp. 2.000, sedangkan untuk mobil sebesar Rp. 5.000. Harap diperhatikan bahwa harga tiket masuk dan biaya lainnya bisa berubah sewaktu-waktu.

Pria Sedang Menikmati Keindahan Alam Batu Lawang Cirebon | Sumber Gambar : wisatainfo.com

Sajian wisata Batu Lawang Cirebon dapat dinikmati setiap hari mulai dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Sehingga Anda dapat berlibur dan menikmati keindahan alam Batu Lawang bersama keluarga pada waktu yang Anda inginkan.

29. Apita Waterboom

Nikmati liburan seru bersama keluarga di Apita Waterboom, destinasi wisata modern yang direkomendasikan di Cirebon. Relaksasi jiwa dan pikiran dengan berbagai permainan air yang menyenangkan di Apita Waterboom.

Suasana Kolam Renang Apita Waterboom | Sumber Gambar : Google Maps/Jajang Hermawan

Di Cirebon memiliki banyak destinasi wisata yang menyenangkan untuk dikunjungi bersama keluarga. Selain destinasi wisata sejarah, alam dan budaya, Cirebon juga memiliki tarikan destinasi wisata modern seperti Apita Waterboom. Ini adalah waterpark dengan berbagai wahana dan spot adrenalin yang direkomendasikan untuk memuaskan adrenalin Anda.

Pintu Masuk Pembelian Tiket Apita Waterboom | Sumber Gambar : Google Maps/Rama Ramdani

Nikmati serunya liburan bersama keluarga di Cirebon, Jawa Barat. Apabila anda ingin menikmati wisata modern di Apita Waterboom, maka anda tidak perlu khawatir soal biaya. Wisata ini bisa dinikmati dengan harga terjangkau.

Sekelompok Remaja Sedang Berendam di Apita Waterboom | Sumber Gambar : Google Maps/Supriyatna Machmud 

Apita Waterboom, waterpark yang rekomended untuk keluarga, memungkinkan anda untuk menikmati wahana seru dan spot adrenalin dengan biaya tiket masuk yang berkisar antara Rp.10.000 (anak-anak) dan Rp.15.000 (dewasa). Harga tiket masuk tersebut dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Jam Operasional Apita Waterboom Cirebon terbuka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Ini memberikan Anda kesempatan untuk menikmati wahana dan spot wisata dengan nyaman dan bebas, bersama keluarga tercinta.

30. Bumi Perkemahan Huludayeuh Trijaya

"Bumi Perkemahan Huludayeuh Trijaya" merupakan tempat wisata yang terletak di kaki Gunung Ciremai, tepatnya di Kabupaten Kuningan. Tempat ini ditujukan khusus untuk kegiatan camping bersama keluarga, teman, atau pasangan.

Tetapi, bagi mereka yang hanya ingin beristirahat dari kebisingan kota, Bumi Perkemahan Huludayeuh Trijaya juga bisa menjadi pilihan. Tempat ini dikelilingi oleh pepohonan hijau yang membuat suasananya sangat adem dan segar.

Loket Masuk Bumi Perkemahan Huludayeuh Trijaya | Sumber Gambar : Google Maps/Heris Gunawan Suwandi

Siapa saja yang datang ke sini akan langsung merasakan kesegaran udara dan pemandangan hijau yang indah. Selain suasana yang adem, beberapa fasilitas yang tersedia juga menjadi daya tarik dari objek wisata ini.

Lokasi objek wisata Bumi Perkemahan Huludayeuh Trijaya berada di Desa Trijaya, Kertajati, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45556. Berkat letaknya di kaki Gunung Ciremai, akses menuju lokasi objek wisata ini memang sulit.

Perempuan Tengah Berfoto menikmati keindahan Huludayeuh Trijaya | Sumber Gambar : Instagram/@dwanggraeni_

Untuk menikmati keindahan panorama objek wisata ini, Anda hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp 10.000,-. Biaya parkir untuk kendaraan Anda tidak termasuk dalam harga tiket masuk tersebut. Namun, harap diingat bahwa harga tiket masuk dapat berubah sesuai kebijakan pengelola objek wisata.

Anak Perempuan Berfoto Di Tengah Spot Selfie Huludayeuh Trijaya | Sumber Gambar : Google Maps/Ananda Syifa Raisya

Dengan begitu banyak pilihan wisata yang menarik dan seru, Cirebon memang menjadi tujuan yang patut dicoba bagi pecinta wisata. Keunikan dari setiap tempat wisata di Cirebon tentunya memberikan kesan tersendiri bagi para pengunjung.

Baik itu wisata air di Apita Waterboom, atau menikmati suasana camping ceria di Bumi Perkemahan Huludayeuh Trijaya, Cirebon memiliki banyak hal yang menarik untuk dikunjungi. 

Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengunjungi Cirebon dan merasakan keseruan wisata terbaru dan terpopuler yang ada di sana, Nikmati pengalaman liburan yang tak terlupakan bersama keluarga dan teman-teman anda di Cirebon, Jawa Barat, Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca, terima kasih.