-->

Cara Mendapatkan Tiket Gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung dan Syaratnya

CIREBON TAKON - Ternyata Ada Cara Mudah Dapatkan Tiket Gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Apa Saja? Pemerintah Berencana Gratiskan Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung Selama 3 Bulan Pertama, untuk menggratiskan tarif tiket kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) selama tiga bulan pertama setelah soft operation dilakukan. Pengumuman ini disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, melalui unggahan di akun Instagram pribadinya. Periode promo tiket gratis ini akan berlaku mulai tanggal 18 Agustus hingga Oktober 2023.

Harga Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung | Sumber: Dok. KCIC

Dalam unggahan tersebut, Ridwan Kamil menyampaikan informasi bahwa tiket kereta cepat Jakarta-Bandung akan gratis selama tiga bulan pertama. Ia juga mengungkapkan bahwa tiket tersebut diberikan sebagai hadiah ulang tahun untuk kemerdekaan Indonesia ke-78. Namun, penumpang yang mendapatkan tiket gratis ini akan dipilih secara selektif.

Menurut Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, tarif kereta cepat Jakarta-Bandung akan menjadi gratis setelah periode soft operation dimulai pada tanggal 18 Agustus hingga Oktober 2023. Namun, penumpang yang mendapat tiket gratis tersebut akan dipilih secara khusus. Hal ini juga diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, yang menyebutkan bahwa perintah untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat agar dapat naik KCJB secara gratis berasal langsung dari Presiden Joko Widodo. Namun, prioritas diberikan kepada masyarakat yang tinggal di wilayah sepanjang rel KCJB, yaitu dari Stasiun Halim hingga Stasiun Tegalluar.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat bagikan pengalaman naik kereta cepat Jakarta Bandung | Sumber: Dok. KCIC dan Instagram/@ridwankamil

Untuk mendapatkan tiket gratis kereta cepat Jakarta-Bandung, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menjelaskan bahwa pendaftarannya akan dilakukan secara online dengan sistem "siapa cepat dia dapat". Jumlah penumpang yang dapat menikmati fasilitas ini dibatasi sekitar 600 orang. Namun, belum ada informasi detail terkait skema dan tata cara pendaftaran tiket gratis tersebut, karena masih dalam proses pembahasan.

Ridwan Kamil juga membagikan pengalamannya saat naik kereta cepat Jakarta-Bandung melalui unggahan di media sosial pribadinya. Dalam video yang dibagikan, ia menunjukkan betapa nyamannya perjalanan dengan KCJB yang minim getaran. Bahkan, uang koin yang diletakkan di samping jendela tidak terjatuh selama perjalanan. Ia berharap agar KCJB dapat segera dioperasikan sesuai rencana dan meminta dukungan serta doa dari masyarakat.

Tiket gratis kereta cepat Jakarta-Bandung untuk warga sekitar | Sumber: Antara

Dengan adanya penggratiskan tiket kereta cepat Jakarta-Bandung selama tiga bulan pertama, diharapkan masyarakat dapat merasakan manfaat dari transportasi modern ini dan mendukung perkembangan infrastruktur kereta cepat di Indonesia.