-->

Timeline Update Android 14 yang Dirilis Google

Timeline Update Android 14 yang Dirilis Google

CIREBON TAKON - Google baru saja merilis Android 14 Developer Preview, mengungkapkan tentang pembaruan yang akan datang pada perangkat Android. Raksasa mesin pencari internet mengatakan bahwa Android 14 bertujuan untuk meningkatkan produktivitas, kinerja, privasi, keamanan, dan penyesuaian pengguna. Ini hanya merupakan awal dari siklus rilis dan masih banyak pembaruan yang akan datang.

Saat ini, fitur yang bisa menginstal Android 14 Developer Preview meliputi Pixel 7 Pro, Pixel 7, Pixel 6a, Pixel 6 Pro, Pixel 6, Pixel 5a 5G, Pixel 5, dan Pixel 4a. Jika Anda tidak memiliki perangkat Pixel, Anda dapat menggunakan sistem gambar 64-bit dengan Android Emulator di Android Studio.

Android 14 Developer Preview | Sumber Gambar : developer.android.com

Pembaruan pada Android 14 Developer Preview, bekerja melintasi perangkat dan form factors: Google menjelaskan bahwa pengalaman Multi-perangkat adalah fokus utama untuk masa depan Android. Untuk mempersiapkan aplikasi untuk layar besar dan perangkat foldable, panduan kualitas aplikasi diperbarui dengan lebih banyak sumber belajar yang tersedia.

Terdapat Galeri layar besar memperlihatkan pola dan inspirasi desain yang sukses dalam berbagai kategori aplikasi, seperti aplikasi sosial dan komunikasi, media, produktivitas, belanja, dan membaca.

Android 14 terus memperbaiki cara aplikasi berinteraksi, meningkatkan kinerja sistem, memperpanjang masa pakai baterai, dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Android 14 sedang melakukan perubahan pada API yang ada seperti Foreground Services dan JobScheduler, termasuk fitur baru untuk transfer data dan persyaratan yang diperbarui untuk mendeklarasikan jenis layanan. Google Play juga akan menerapkan kebijakan baru untuk penggunaan API ini dan informasi lebih lanjut akan segera diumumkan.

Keleluasaan dalam Personalisasi: Android 14 terus memberikan kesempatan kepada penggunanya untuk menyesuaikan pengalaman mereka, termasuk dalam hal aksesibilitas dan internasionalisasi.

Perbesaran Ukuran Font: Mulai dari Android 14, pengguna memiliki pilihan untuk memperbesar ukuran font hingga 200%, dibandingkan dengan maksimal 130% sebelumnya pada perangkat Pixel.

Preferensi Bahasa per Aplikasi: Editor Metode Input (IME) sekarang dapat menggunakan LocaleManager.getApplicationLocales untuk menentukan bahasa UI dari aplikasi yang sedang digunakan, sehingga memungkinkan untuk mengubah bahasa pada keyboard sesuai dengan preferensi.

API Tata Bahasa Infleksi memfasilitasi dukungan yang lebih mudah bagi pengguna yang berbicara bahasa yang memiliki tata bahasa berdasarkan gender.

Peningkatan Privasi dan Keamanan: Android 14 memiliki fitur-fitur seperti penerima runtime, intents implisit yang lebih aman, pemuatan kode dinamis yang lebih aman, pemblokiran instalasi aplikasi dengan targetSdkVersion lebih rendah dari 23 (aplikasi yang ada dengan versi ini akan tetap terinstal pada perangkat yang melakukan upgrade ke Android 14), dukungan Manajer Kredensial dan Kunci, kompatibilitas aplikasi, dan lain-lain untuk privasi dan keamanan yang lebih baik.

Resmi Timeline Update Android 14

Google telah membagikan jadwal untuk pembaruan sistem operasi Android 14. Program Pratinjau Android 14 sudah dimulai pada bulan Februari 2023 dan akan berlangsung hingga bulan Maret. Pada bulan April, akan dirilis versi beta yang akan berjalan hingga Juli. Rilis publik terakhir untuk AOSP dan OEM direncanakan pada pertengahan tahun ini, yaitu sekitar bulan Agustus.

Timeline Update Android 14 | Sumber Gambar : developer.android.com

Februari - Pratinjau Pengembang 1. Pembuatan dasar berfokus pada umpan balik dari pengembang, dengan menyertakan fitur baru, API, dan perubahan perilaku.

Maret - Pratinjau Pengembang 2. Pembaruan tambahan dalam hal fitur, API, dan perilaku.

April - Beta 1. Rilis awal kualitas beta dengan pembaruan over-the-air untuk pengguna awal yang mendaftarkan diri pada Android Beta.

Mei - Beta 2. Rilis beta kualitas tambahan.

Juni - Beta 3. Pencapaian Stabilitas Platform pertama, termasuk API dan perilaku final. Publikasi di Play Store juga dibuka.

Juli - Beta 4. Bangunan hampir final untuk pengujian akhir.

Agustus - Android 14 rilis ke AOSP dan ekosistem.

Dengan demikian, Google telah memberikan garis waktu untuk pembaruan Android 14, mulai dari Program Pratinjau pada bulan Februari hingga rilis publik pada pertengahan tahun, Setiap tahap membawa pembaruan baru dalam hal fitur, API, dan perubahan perilaku, yang akan membuat pengalaman pengguna semakin baik dan meningkatkan privasi dan keamanan mereka, Semoga artikel yang kami sampaikan kepada para pembaca bermanfaat, terima kasih telah membaca.