-->

Penyebab Helikopter Kapolda Jambi Mendarat Darurat Di Tengah Hutan Akibat Cuaca Buruk

Penyebab Helikopter Kapolda Jambi Mendarat Darurat Di Tengah Hutan Akibat Cuaca Buruk

Kerinci, CIREBON TAKON - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan, cuaca buruk jadi penyebab helikopter berpenumpang Kapolda Jambi beserta anak buahnya mendarat darurat di Bukit Tamia, Muara Emat, Kabupaten Kerinci, Minggu (19/2/2023).

"Informasi awal yang kami dapatkan bahwa helikopter terpaksa melakukan pendaratan darurat karena mengalami gangguan terkait dengan cuaca buruk,” kata Kapolri saat ditemui di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Minggu malam.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat ditemui di Stadion Utama Gelora Bung Karno | Sumber Gambar : kompas.com (IRFAN KAMI)

Selain cuaca yang buruk, kabut juga mengganggu jalur penerbangan helikopter tersebut sehingga jarak pandang terbatas. Kendati demikian, Kapolri memastikan bahwa seluruh delapan penumpang helikopter selamat meskipun beberapa dari mereka mengalami luka. Bahkan ada yang mengalami patah tulang tangan.

Kondisi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono usai helikopter jatuh | Sumber Gambar : Tangkapan Layar (istimewa)

Listyo Sigit mengucapkan, "Alhamdulillah sampai saat ini kami telah mendapatkan informasi bahwa semuanya selamat, walaupun beberapa orang mengalami luka. Mohon doanya agar evakuasi dapat dilakukan dengan cepat."

Sejak Minggu sore, personel Brimob dan Basarnas, dibantu oleh warga setempat, telah dikerahkan untuk menuju ke lokasi mendarat darurat.

Persiapan evakuasi helikopter bawa Kapolda Jambi dan rombongan | Sumber Gambar : (Dok. Basarnas)

Sebelumnya dilaporkan bahwa Kapolda Jambi Irjen (Pol) Rusdi Hartono tidak sendirian dalam helikopter tersebut. Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Jambi, Dirpolairud Polda Jambi, tim Koorspri, dan tim ADC Kapolda Jambi juga ikut naik helikopter tersebut, seperti yang diungkapkan oleh Kabid Humas Polda Jambi Mulia Prianto.

"Dari Wakapolda (Wakapolda Jambi Brigjen Yudawan Roswinarso) kami mendapat informasi bahwa delapan korban dalam keadaan selamat, namun mengalami luka-luka," ujar Dedi saat setelah diwawancarai seperti yang dikutip oleh pihak wartawan media Kompas.com pada Minggu sore.

Menurut Mulia, tim SAR Polres Kerinci telah bergerak menuju lokasi untuk mengevakuasi para penumpang. Ia menambahkan bahwa polisi akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk melakukan evakuasi penumpang.

Kondisi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono | Sumber Gambar : Tangkapan Layar (istimewa) 

Mulia menjelaskan bahwa Kapolda Jambi beserta rombongan berada di Kabupaten Kerinci untuk melakukan kunjungan kerja ke Polres Kerinci guna meresmikan gedung SPKT.

Rombongan tersebut berangkat dari Bandara Sultan Thaha, Jambi, sekitar pukul 09.00 WIB. Dalam perjalanan tersebut, rombongan Kapolda Jambi menggunakan helikopter Polri jenis Super Bell 3001.

Helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi mendarat darurat di tengah hutan akibat cuaca buruk yang mempengaruhi jarak pandang. Meskipun seluruh penumpang selamat, beberapa dari mereka mengalami luka.

Pihak berwenang telah bergerak untuk melakukan evakuasi dan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Hal ini menegaskan bahwa faktor cuaca dan keselamatan merupakan hal yang sangat penting dalam setiap jenis penerbangan, Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat informasi bagi para pembaca, terima kasih.