-->

Microsoft Umumkan Bing Versi Baru dengan Chatbot Pakai Teknologi AI Mirip ChatGPT

Microsoft Umumkan Bing Versi Baru dengan Chatbot Pakai Teknologi AI Mirip ChatGPT

CIREBON TAKON - Untuk bersaing dengan Google Search, Microsoft melakukan eksekusi, Setelah Google memperkenalkan chatbot AI bernama Bard, Microsoft mengumumkan versi terbaru mesin pencari Bing, yang sudah terintegrasi dengan teknologi AI dari OpenAI, perusahaan yang juga mengembangkan ChatGPT.

Teknologi AI yang digunakan pada mesin pencari Bing versi baru adalah teknologi yang sama dengan yang digunakan pada ChatGPT. Hal ini diumumkan oleh Microsoft melalui sebuah pengumuman di blog resmi perusahaan.

Tampilan Bing versi baru yang masih dalam tahap pengenalan | Sumber Gambar : KOMPAS.com/Bill Clinten

"Pada hari ini, kami meluncurkan Bing dan Edge yang didukung oleh berbagai teknologi AI terbaru. Tujuannya adalah untuk mempermudah pengguna mencari informasi melalui internet," ujar Chairman dan CEO Microsoft, Satya Nadella, seperti dikutip dari laman media BlogMicrosoft pada Rabu (8/2/2023).

Microsoft mengungkapkan bahwa Bing versi terbaru sudah dilengkapi dengan chatbot yang bisa digunakan dalam dua konfigurasi. Konfigurasi pertama adalah chatbot Bing akan muncul di sebelah kanan halaman hasil pencarian pada Bing, seperti yang dapat dilihat pada gambar tersebut. Dalam konfigurasi ini, chatbot berperan sebagai asisten untuk membantu pengguna menelusuri informasi lebih lanjut terkait apa yang sedang mereka cari.

Tampilan Konfigurasi pertama di Bing versi baru yang dilengkapi dengan chatbot teknologi ChatGPT | Sumber Gambar : Microsoft

Hari ini, Microsoft meluncurkan Bing dan Edge yang didukung oleh teknologi AI baru, Tujuannya adalah untuk mempermudah pengguna menemukan informasi di internet, Chairman dan CEO Microsoft, Satya Nadella, menyatakan hal ini dalam sebuah pengumuman di Blog Microsoft.

Bing versi baru kini dilengkapi dengan chatbot yang bisa digunakan dalam dua konfigurasi. Pertama, chatbot akan muncul sebagai asisten untuk membantu pengguna mencari informasi lebih lanjut pada halaman hasil pencarian. Kedua, tampilannya akan mirip dengan ChatGPT, sehingga pengguna bisa memasukkan pertanyaan untuk mencari informasi.

Tampilan Konfigurasi kedua di Bing versi baru yang dilengkapi dengan chatbot ChatGPT | Sumber Gambar : Microsoft

Menurut Microsoft, chatbot pada Bing versi baru ditenagai oleh teknologi GPT 3.5, yang sama dengan yang digunakan OpenAI pada ChatGPT. Ini wajar karena Microsoft sudah bekerjasama dan mendanai OpenAI selama beberapa tahun.

Microsoft menyatakan bahwa chatbot Bing yang baru sudah lebih canggih dan dapat memberikan jawaban atau informasi yang lebih detail dan terkini. Pengguna bisa melihat kemampuan dari chatbot ini melalui laman web resmi Bing, yaitu www.bing.com/new.

Di situs tersebut, pengguna bisa mencoba memasukkan berbagai pertanyaan dan melihat respons dari Bing, seperti cara mempersiapkan makanan dan acara perayaan, bagaimana membuat tubuh menjadi sehat, membuat puisi atau cerita, dan lain sebagainya.

Pada laman web yang sama, pengguna juga bisa mengeklik tombol "Join the waitlist" untuk mendaftarkan diri mereka, supaya nantinya bakal bisa mendapatkan informasi terbaru soal ketersediaan Bing yang sudah dilengkapi dengan chatbot ini. 

Baru bisa dilakukan secara terbatas

Microsoft menyampaikan bahwa Bing versi terbaru hanya tersedia saat ini dalam edisi terbatas untuk versi desktop. Belum tersedia untuk seluruh pengguna.

Namun, bagi mereka yang belum bisa mencoba Bing versi baru, bisa mengunjungi tautan yang disediakan untuk melihat secara singkat kemampuan chatbot dari Microsoft, Saat ini, Microsoft belum mengungkap kapan Bing versi baru ini akan tersedia secara luas bagi pengguna umum dan juga belum tersedia di perangkat mobile.

Namun, mereka berjanji akan segera memperluas ketersediaan Bing versi baru ini bagi lebih banyak orang dalam waktu dekat dan juga akan mencoba untuk membuat tampilan Bing yang mendukung platform mobile.

Selain itu, Microsoft juga meluncurkan dua fitur AI baru pada peramban (browser) internet Edge, yakni Chat dan Compose. Fitur Chat memungkinkan pengguna untuk menggunakan teknologi AI untuk memahami esensi dari teks yang sedang mereka baca, sementara Compose membantu mereka membuat teks dengan mengacu pada topik yang sedang mereka cari di internet.

Tampilan fitur Chat di peramban Microsoft Edge | Sumber Gambar : Microsoft

Fitur ini akan tersedia pada menu Edge Sidebar yang dapat diakses dari menu vertikal di sebelah kanan tampilan Microsoft Edge. Microsoft belum mengumumkan kapan fitur AI ini akan tersedia, namun sampai saat ini belum dapat dicoba.

Maka dari itu, ada kemungkinan fitur Chat dan Compose di Microsoft Edge akan hadir dalam waktu dekat, sama seperti ketersediaan chatbot di Bing versi baru tadi.

Dengan peluncuran Bing versi baru yang dibekali dengan chatbot yang menggunakan teknologi AI mirip ChatGPT, Microsoft menunjukkan komitmennya dalam membawa inovasi teknologi AI ke dalam layanannya.

Kehadiran chatbot ini memberikan harapan baru bagi pengguna Bing dalam mendapatkan informasi dan jawaban yang lebih cepat dan tepat. Kita nantikan kemajuan lebih lanjut dari Microsoft dalam meningkatkan pengalaman pengguna melalui inovasi teknologi AI, Semoga artikel ini dapat memberikan informasi bermanfaat bagi para pembaca, terima kasih.