-->

Google Rilis Android 14 Developer Preview, Privasi dan Keamanan Diperkuat

Google Rilis Android 14 Developer Preview, Privasi dan Keamanan Diperkuat

CIREBON TAKON - Google telah mengeluarkan pratinjau untuk pengembang sebagai versi pertama dari Android 14. Selain itu, tampilan calon pertama untuk sistem operasi tersebut juga ditunjukkan.

Desain logo baru tampaknya diambil dari misi luar angkasa NASA. Android 14 akan memberikan perhatian lebih pada optimasi pemrosesan background untuk memastikan pemakaian sumber daya yang efisien dan daya baterai yang lebih tahan lama.

"Kabar baik untuk para pengguna Android! Google baru saja merilis Pratinjau Developer Android 14 sebagai tahap awal menuju rilis versi akhir. Ini adalah sistem operasi terbaru yang dibangun berdasarkan Android 12L dan 13 dan didukung untuk perangkat tablet dan gawai lipat.

Menurut Google Developers Blog android-developers.googleblog.com, Dave Burke, Wakil Presiden Engineering (Android) Google, mengatakan bahwa Pratinjau Developer Android 14 ini hanyalah permulaan dan masih banyak hal lain yang akan dibagikan. "Hari ini kami merilis Pratinjau Developer Android 14 versi pertama," ujarnya.

Tangkapan Layar Android 14 Developer Preview | Sumber Gambar : developer.android.com/about/versions/14

Dave juga menyampaikan bahwa perusahaan ingin mendapatkan feedback dari pengguna Android melalui Pratinjau Developer ini. "Android 14 akan terus memperkuat upaya perusahaan untuk meningkatkan produktivitas pengguna dan pengembang, serta memperbaiki performa, privasi, keamanan, dan kustomisasi," ujarnya.

Android terus memperkenalkan peningkatan dan fitur baru sepanjang tahun, dan feedback dari Program Beta Pratinjau Developer Android 14 dan Quarterly Platform Release (QPR) sangat penting dalam membantu Android berkembang.

Dave menambahkan bahwa Android 14 dibangun berdasarkan pekerjaan pada Android 12L dan 13 untuk mendukung tablet dan perangkat lipat. Selain itu, perusahaan juga membuat perubahan seperti ukuran jendela, tata letak panel geser, penyematan aktivitas, dan lainnya untuk membantu pengembang membuat aplikasi yang dapat disesuaikan dengan ukuran layar yang berbeda.

Perusahaan juga menyempurnakan panduan kualitas aplikasi untuk layar besar dengan tujuan mempermudah persiapan aplikasi. Dengan begitu, dapat memberikan kesempatan bagi para pengembang untuk belajar lebih banyak tentang pembuatan aplikasi untuk layar besar dan perangkat yang dapat dilipat.

Galeri layar besar menyediakan pola desain dengan berbagai inspirasi desain yang didukung aplikasi seperti media sosial dan komunikasi, media, produktivitas, belanja, dan membaca.

Menurut Dave, pengalaman multi-perangkat merupakan bagian penting dari masa depan Android. Oleh karena itu, pengguna bisa memulai dengan mencoba pratinjau Cross device SDK yang memungkinkan untuk membangun pengalaman interaktif yang bekerja dengan intuitif pada berbagai perangkat.

App compatibility toggles in Developer Options | Sumber Gambar : android-developers.googleblog.com

Perusahaan juga melakukan perubahan pada API Android yang ada, termasuk penambahan fitur baru untuk transfer data yang diawali oleh pengguna, dan pembaruan pada persyaratan untuk mendeklarasikan jenis layanan latar belakang. Transfer data yang diawali oleh pengguna akan membuat pengelolaan pengunduhan dan pengunggahan menjadi lebih mudah, terutama saat membutuhkan batasan seperti hanya melakukan pengunduhan saat terhubung dengan Wi-Fi.

"Persyaratan untuk mendeklarasikan jenis layanan latar belakang memungkinkan Anda menentukan dengan jelas tujuan pekerjaan aplikasi Anda serta mempertegas situasi penggunaan yang tepat untuk layanan latar belakang. Google Play juga akan meluncurkan kebijakan baru untuk memastikan penggunaan API yang sesuai, dengan detail selengkapnya akan segera tersedia," katanya.

Perusahaan juga melakukan beberapa optimasi pada sistem siaran internal untuk meningkatkan masa pakai baterai dan responsivitas dengan menyesuaikan cara aplikasi menerima siaran yang terdaftar konteks setelah masuk ke status cache.

Untuk privasi dan keamanan, perusahaan juga menyematkan dynamic code loading yang lebih aman dari serangan malware dan eksploitasi. Langkah ini diambil untuk mencegah unduhan yang dapat memanipulasi secara tak terduga dan menyebabkan injeksi kode.

Di sisi lain, keamanan menjadi salah satu faktor penting dari setiap rilis Android baru. Versi 14 Android akan memblokir penginstalan atau pengalihan aplikasi lama yang bertujuan untuk versi sistem operasi yang lebih tua. Lebih spesifik, Android 14 tidak akan memperbolehkan pengguna menginstal aplikasi dengan targetSdkVersion lebih rendah dari level 23 yang sesuai dengan Android 6.

Google juga menghadirkan banyak peningkatan keamanan sistem, termasuk runtime receiver dan dynamic code loading hanya-baca untuk mencegah injeksi kode yang tidak diinginkan. Dukungan untuk Pengelola Kredensial dan Kunci Sandi juga disertakan untuk mempermudah otentikasi dan pengelolaan kata sandi.

 Android 14, pengguna akan dapat meningkatkan ukuran font mereka hingga 200%. Sebelumnya, skala ukuran font maksimum pada perangkat Pixel adalah 130% | Sumber Gambar : android-developers.googleblog.com

Android 14 diklaim akan membawa fitur aksesibilitas yang lebih baik, dengan peningkatan penskalaan font non-linier. Pengguna dapat mengubah ukuran font sistem hingga 200% dan sistem operasi ini juga akan memiliki skalasi khusus untuk item teks sub-menu yang lebih kecil. Android 14 juga akan menawarkan opsi personalisasi baru yang didesain mengacu pada Material You dari Android 12.

Preview Developer Android 14 tahap 2 dijadwalkan dirilis pada bulan Maret, dan Google akan terus merilis pembaruan setiap bulan hingga Juli. Rilis stabil Android 14 kedua diharapkan pada Agustus/September.

Timeline, milestones, and updates | Sumber Gambar : developer.android.com

Android 14 DP 1 kompatibel dengan beberapa tipe Pixel seperti Pixel 7 Pro, Pixel 7, Pixel 6a, Pixel 6 Pro, Pixel 6, Pixel 5a 5G, Pixel 5, dan Pixel 4a 5G. Pengguna dapat mengunduh gambar sistem untuk perangkat tertentu melalui portal pengembang Android resmi.

Secara keseluruhan, rilis Android 14 Developer Preview menunjukkan bahwa Google terus berupaya untuk meningkatkan pengalaman pengguna dengan menghadirkan fitur aksesibilitas yang baik dan penskalaan font non-linier.

Selain itu, perusahaan juga memberikan perhatian besar pada privasi dan keamanan dengan memperkuat sistem pencegahan dan otentikasi. Kami sangat menantikan rilis stabil Android 14 yang akan hadir dan Google yakin bahwa pengguna akan sangat terbantu dengan peningkatan fitur yang diberikan, Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca, terima kasih.