-->

Dosen UII Yang Hilang Usai Dari Oslo Dikabarkan Terdeteksi Masuk Boston AS

Dosen UII yang Hilang Usai dari Oslo Dikabarkan Terdeteksi Masuk Boston AS

CIREBON TAKON - Ahmad Munasir Rafie Pratama, seorang Dosen UII yang hilang setelah mengikuti aktivitas mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN) dan kembali dari Oslo Norwegia, akhirnya berhasil terdeteksi keberadaannya.

Berdasarkan informasi dari Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) yang diterima oleh keluarga melalui UII, Munasir Rafie terdeteksi masuk ke Amerika Serikat (AS) melalui Bandara Boston pada tanggal 13 Februari 2023. Rektor UII, Fathul Wahid, mengatakan bahwa temuan ini didasarkan pada data dari United States Customs and Border Protection (US CBP), seperti yang dikutip melalui laman media oleh detikJateng pada hari Minggu (19/2/2023).

Dosen UII Yogyakarta diduga hilang setelah dari Norwegia | Sumber Gambar : instagram.com/poldajogja

Walaupun terdeteksi masuk ke Boston, Amerika Serikat, keberadaan Ahmad Munasir Rafie Pratama di sana belum diketahui secara pasti. Hingga saat ini, ia belum dapat dihubungi dan tidak diketahui alasan mengapa ia menuju Boston setelah kembali dari Oslo melalui Istanbul dan tidak langsung kembali ke Indonesia.

Universitas Islam Indonesia (UII) dan keluarga berharap Rafie segera menghubungi untuk memberitahukan lokasi dan keadaannya. UII juga akan berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di New York untuk pendampingan dan penjemputan jika diperlukan.

Rektor UII, Fathul Wahid, menyatakan harapan agar Ahmad Munasir Rafie Pratama dapat kembali ke Indonesia dalam keadaan sehat dan baik setelah misi di Boston selesai. Jika diperlukan, UII akan bekerja sama dengan Kemlu RI dan/atau KJRI New York untuk memberikan pendampingan atau penjemputan kepada Rafie.

Sebelumnya, Rafie dilaporkan hilang setelah mengikuti aktivitas mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN). Tim UII yang terdiri dari empat orang berkunjung ke USN untuk mempererat kerja sama kedua universitas.

Setelah melakukan aktivitas mobilitas global di University of South-Eastern Norway (USN) selama sepekan sejak 5 Februari 2023, pada 12 Februari 2023 tim dari UII meninggalkan Norwegia melalui bandara Oslo. Terakhir kali, Rektor Fathul Wahid bertemu dengan Ahmad Munasir Rafie Pratama di Oslo, Norwegia pada malam 11 Februari 2023.

Pada penerbangan kembali ke Indonesia, Rafie sendirian melalui Istanbul, Turki. Meski sebelumnya, sebelum ke Oslo, Rafie telah memberikan pidato kunci pada konferensi internasional yang digelar di Riyadh pada 23-25 Januari 2023. Perjalanan ke Riyadh dilakukan karena sebagian tiket dibayar oleh panitia konferensi di Arab Saudi yang mengharuskan rute tersebut.

Semoga Ahmad Munasir Rafie Pratama segera ditemukan dan kembali ke Indonesia dalam keadaan sehat dan baik, mudah-mudahan artikel ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca yang ingin mengetahui perkembangannya, terima kasih.