-->

10 Cara Membersihkan Kacamata yang Tergores dan Buram, Jadi Makin Jernih

10 Cara Mudah Membersihkan Kacamata yang Tergores dan Buram, Jadi Makin Jernih

CIREBON TAKON - Membersihkan kacamata dengan benar sangat penting bagi orang yang menggunakan kacamata, terutama bagi yang memiliki mata minus. Dengan cara ini, kacamata dapat dijaga agar tetap bersih dan jernih sehingga penglihatan tetap terjaga.

Jangan biarkan kacamata kotor dan buram karena hal tersebut dapat mengganggu kenyamanan dan kualitas penglihatan.

Seorang Dokter Wanita Sedang Melakukan Pengecekan Kondisi Mata Terhadap pasiennya | Sumber Gambar : Unsplash (Adolfo Félix)

Kacamata dapat dengan mudah menjadi kotor dan buram karena berbagai faktor seperti terkena tangan, terkena debu, ataupun percikan air. Hal ini dapat mengganggu kenyamanan penglihatan dan menyebabkan kebingungan.

Kacamata Baca Warna Hitam | Sumber Gambar : Unplash (Claudio Schwarz)

Oleh karena itu, membersihkan kacamata secara rutin dapat mencegah kondisi buram dan menjaga kualitas penglihatan tetap jernih. Selain itu, mengabaikan kebersihan kacamata dapat membuat buram semakin sulit untuk dihilangkan.

Anda dapat membersihkannya di rumah atau di luar rumah. Namun, kebanyakan orang biasanya membersihkan kacamata dengan menggunakan pakaian. Namun, perlu diketahui bahwa membersihkannya dengan pakaian dapat merusak lensa kacamata. Penggunaan kacamata dalam waktu yang lama dapat menyebabkannya menjadi kotor karena banyak debu, minyak, dan kotoran yang terkontaminasi.

Pria Memakai Kacamata Baca Warna Hitam | Sumber Gambar : Unplash (Hugo Delauney)

Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat melakukan cara yang mudah dan dapat dilakukan di rumah. Untuk itu, ketahui aja dulu mengenai 10 Cara Mudah Membersihkan Kacamata yang Tergores dan Buram Jadi Makin Jernih, yang perlu kalian coba.

1. Menggunakan Kain Lembut

Ketika membeli kacamata, biasanya sudah termasuk kain pembersih khusus untuk permukaan lensanya. Namun, jenis kaca pada kacamata bervariasi, sehingga diperlukan kain khusus yang disebut microfiber kacamata. Pastikan untuk menggunakan kain ini ketika membersihkan kacamata buram. Jika kain tersebut hilang, gunakan kain lembut seperti katun.

Kain Microfiber Pembersih Lensa Kacamata | Sumber Gambar : Dokumen Istimewa

Hindari penggunaan tekstil kasar atau tisu, karena dapat menyebabkan goresan pada lensa kacamata. Gunakan kain yang bersih, namun hindari kain yang dicuci dengan pelembut pakaian untuk menghindari noda pada lensa.

Kain Halus Microfiber Pembersih Lensa Kacamata | Sumber Gambar : Dokumen Istimewa

Jika tidak ada kain microfiber, Anda dapat menggunakan handuk lembut atau kain katun yang halus. Namun, pastikan untuk tidak menggunakan ujung kaos atau lengan baju sebagai pengganti kain pembersih karena bisa merusak permukaan lensa kacamata. Kain yang terlalu kasar juga dapat meninggalkan goresan halus pada lensa, sehingga lama kelamaan kacamata akan menjadi buram.

2. Memakai Pasta Gigi

Ternyata, bahan yang biasa digunakan untuk membersihkan gigi juga bisa digunakan untuk membersihkan kacamata yang tergores. Meski tidak bisa mengembalikan kondisi kaca mata menjadi sepenuhnya prima, penggunaan pasta gigi setidaknya dapat meminimalkan kondisi goresan.

Pasta Gigi Rasa Cool Mint | Sumber Gambar : Unplash (Benjamin Child)

Untuk melakukannya, Anda dapat menempatkan pasta gigi di atas permukaan kacamata yang ingin dibersihkan, kemudian menggunakan kain lembut untuk mengusapnya. Sebarkan pasta gigi secara merata di seluruh permukaan, lalu perlahan putar-putar kain lap hingga goresan tampak lebih pudar.

Cara mudah membersihkan goresan pada kacamata adalah dengan mengoleskan pasta gigi pada permukaan lensa yang terkena goresan. Gosoklah dengan lembut menggunakan jari atau kain lap dengan gerakan searah jarum jam hingga goresan tampak lebih pudar atau berkurang. Jangan lupa untuk membilas kacamata menggunakan air hangat setelahnya.

Pasta Gigi Blue | Sumber Gambar : Unplash (莎莉 彭)

Tidak hanya membersihkan goresan, penggunaan pasta gigi juga bisa mencegah terjadinya pengembunan pada kacamata. Sehingga dengan menggunakan bahan yang mudah ditemukan di rumah ini, kacamata kita bisa kembali jernih dan terlihat seperti baru.

3. Memanfaatkan Baking SODA

Untuk membersihkan kacamata yang tergores, Anda bisa mencampurkan baking soda dengan sedikit air hingga berbentuk pasta. Kemudian, oleskan pada permukaan lensa dan diamkan beberapa menit sebelum membilasnya dengan air dingin dan mengeringkannya dengan lap kacamata.

Kegunaan Baking Soda Bukan Hanya untuk Kue | Sumber Gambar : iStock

Namun, perlu diingat bahwa goresan yang dapat dibersihkan adalah yang tidak terlalu dalam. Jika goresan cukup dalam dan banyak, lensa tidak bisa dibersihkan kembali seperti semula dan harus diganti, Tidak ada perbedaan cara membersihkan kacamata minus dengan kacamata jenis lainnya untuk menghilangkan goresan.

4. Menggunakan Cairan Pembersih Kacamata

Salah satu cara praktis, mudah, dan efektif untuk membersihkan kacamata adalah dengan menggunakan cairan khusus. Saat ini, produk cairan pembersih kacamata sudah dapat ditemukan secara online, salah satunya adalah Cairan Pembersih Kacamata New Glow 30ml – Cairan Pembersih Serbaguna Spray. Cairan ini diformulasikan khusus untuk membuat lensa kacamata menjadi bersih dan jernih.

Pencegahan Noda Menempel di Kacamata dengan Membersihkannya | Sumber Gambar : Freepik (8photo)

Untuk membersihkan kacamata dengan cairan ini, cukup menyemprotkan cairan pada tisu yang halus dan lembut, lalu usapkan dengan gerakan dari dalam ke luar pada lensa kacamata tanpa menekannya.

Cairan Pembersih Kacamata New Glow Lens Cleaner | Sumber Gambar : Dokumen Istimewa

Lakukan beberapa kali hingga kacamata menjadi bersih dan jernih. Metode ini dapat membantu memperpanjang umur pakai kacamata dan memastikan kenyamanan penggunaan kacamata.

5. Memakai Pembersih Furnitur (Tidak Disarankan)

Bukan hanya bermanfaat untuk membersihkan furnitur rumah, ternyata cairan pembersih furnitur atau wood cleaner juga bisa digunakan untuk membersihkan lensa kacamata yang tergores.

Cara menggunakannya sangat mudah, cukup dengan menyemprotkan cairan tersebut ke permukaan lensa, lalu diamkan beberapa saat. Setelah itu, bersihkan dengan lap kering dan bersih, dan ulangi beberapa kali hingga goresan hilang.

6. Melakukan Percobaan Memakai Cairan pembersih CD

Cairan pembersih CD terbukti mampu menghilangkan goresan pada lensa kacamata dan mencegah terjadinya goresan pada permukaannya. Selain itu, cairan ini juga dapat mengembalikan kehalusan lensa yang tergores.

Semprotan Cairan Pembersih Lensa Kacamata Lens Cleaner Serbaguna | Sumber Gambar : Bukalapak

Untuk menggunakan cairan ini, cukup menyemprotkannya pada permukaan lensa kacamata, lalu usap dengan lembut dan keringkan menggunakan lap kacamata hingga bersih dan kering. Dengan demikian, kacamata akan terlihat seperti baru dan bebas dari goresan.

7. Membasahi Kacamata dengan Air yang Mengalir

Setelah menyiapkan kacamata, bilaslah dengan air bersih yang mengalir. Pastikan semua bagian kacamata dibersihkan dengan air bersih secara perlahan, termasuk lensa, nose pad, dan bagian-bagian sulit tercapai lainnya. Selain debu, juga terdapat kotoran, minyak, dan kotoran lain yang dapat menempel.

Membasahi Kacamata dengan cara memakai Air yang Mengalir | Sumber Gambar : essilorusa.com

Pastikan juga tidak ada busa sabun yang menempel pada lensa. Bagian nose pad dan gagang kacamata dapat dibersihkan dengan tangan dengan gerakan lembut dan hati-hati, Dengan melakukan hal ini, kamu dapat menjaga kualitas kacamata dengan baik.

8. Rendam Dengan Sabun Cuci Piring / Memakai Sabun Cuci Piring Sunlight

Membersihkan Kacamata menggunakan air sabun | Sumber Gambar : firmoo.com

Cara ini terbukti efektif untuk menghilangkan bekas goresan dan buram pada kacamata. Cara ini mudah untuk dilakukan sendiri dan menggunakan bahan yang mudah didapat. Berikut adalah cara membersihkannya:

  1. Tuangkan sedikit sabun cuci piring ke dalam wadah yang berisi air.
  2. Rendam kacamata selama 5 menit.
  3. Bersihkan lensa kacamata dengan tisu basah, usahakan mengusap lensa bagian depan dan belakang secara perlahan.
  4. Bilas kacamata menggunakan air mengalir sampai benar-benar bersih.

Cairan pembersih tersebut dapat dibuat dari sabun cuci piring yang dicampur dengan air hangat. Gunakan hanya satu sendok sabun cuci piring dan campurkan. Oleskan cairan sabun tersebut ke seluruh permukaan lensa menggunakan jari. Setelah itu, bilas kacamata dengan air hangat. Cairan sabun ini dapat membantu mengembalikan kecerahan lensa kacamata.

9. Menggosok Perlahan Lensa dan Bingkai gerakan melingkar

Perhatikan cara membersihkan lensa kacamata dengan baik. Karena lensa sangat rentan, diperlukan kehati-hatian saat membersihkannya dengan sabun seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Ketika membersihkan lensa, lakukan gerakan melingkar dengan jari kita di atas lensa. Terapkan gerakan yang sama saat membilasnya dengan air hangat.

Membersihkan Kacamata menggunakan kain halus | Sumber Gambar : shutterstock

Membersihkan Kacamata pakai gerakan memutar | Sumber Gambar : wikihow.com

Saat mengeringkan kacamata dengan menggosoknya menggunakan kain lembut, gunakan gerakan melingkar yang sama. Jangan terlalu keras menggosoknya karena dapat merusak lensa yang rentan.

10. Dengan Pembersih Buatan Sendiri memanfaatkan 30 ml alkohol 70%

Jika tidak memiliki cairan pembersih khusus untuk kacamata, jangan khawatir. Cairan pembersih dapat dibuat dengan mudah menggunakan bahan yang tersedia, Campurkan 30 ml alkohol 70%, 10 ml air mineral, dan 2 tetes sabun cuci piring. Semprotkan cairan tersebut ke lensa kacamata dan lap dengan kain microfiber.

Membersihkan Kacamata menggunakan kain halus dengan spray cairan khusus | Sumber Gambar : Getty Images/iStockphoto/Micolino

Membersihkan Kacamata menggunakan kain halus dengan spray cairan khusus mengandung alkohol | Sumber Gambar : Dokumen Istimewa

Dengan menggunakan cairan pembersih yang tepat, kacamata kita dapat terhindar dari buram dan goresan, Selalu gunakan kain pembersih yang lembut seperti microfiber atau kain katun dan hindari penggunaan bahan kasar seperti tisu atau ujung kaos, membersihkan kacamata secara teratur dapat penglihatan kita akan tetap jernih dan nyaman, Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi para pembaca, terima kasih.