-->

Libur Imlek 2023, Pengelola Objek Wisata Goa Sunyaragi Catat Kenaikan Kunjungan Wisatawan

Libur Imlek 2023, Pengelola Objek Wisata Goa Sunyaragi Catat Kenaikan Kunjungan Wisatawan

CIREBON TAKON - Badan Pengelola Taman Air Goa Sunyaragi (BPTAGS) Cirebon melaporkan kenaikan jumlah pengunjung objek wisata Goa Sunyaragi pada libur Imlek 2023. Kepala Bagian Humas BPTAGS, Eko Ardi Nugraha menyatakan bahwa kenaikan jumlah pengunjung telah terjadi pada hari Sabtu (21/1/2023) dengan jumlah sebanyak 349 pengunjung yang berkunjung ke Goa Sunyaragi pada hari tersebut. 

"Pada hari Minggu (22/1/2023) terdapat peningkatan jumlah pengunjung sebanyak 421 orang dan pada hari Senin (23/1/2023) sebanyak 289 orang. Kenaikan jumlah pengunjung ini sekitar 5-10 persen jika dibandingkan dengan libur Imlek tahun 2022," jelas Eko.

Mayoritas pengunjung yang berwisata di Goa Sunyaragi pada libur Imlek ini berasal dari wilayah Ciayumajakuning. "Persentase kunjungan wisatawan lokal adalah 70 persen, sedangkan wisatawan dari luar kota sebanyak 30 persen," tambahnya.

Objek Wisata Goa Sunyaragi masih diminati wisatawan dari Ciayumajakuning | Sumber :  BPTAGS (Lilis)

Buat wisatawan dari luar kota pula masih didominasi berasal dari kota - kota besar seperti Jakarta, Bandung serta Semarang. Akan tetapi, bagi Eko, mulai terdapat kenaikan sejumlah wisatawan yang berasal dari group tour.

“Mulai banyak yang grup tour ataupun grup keluarga, ini tandanya kegiatan wisata di Indonesia telah mulai bangkit pasca - pandemi Covid - 19,” papar Eko.

Dalam masa liburan imlek ini, pihak BPTAGS pula menambah pemandu wisata buat memberikan kenyaman untuk wisatawan. Pemandu wisata ini bertujuan menarangkan mengenai sejarah Goa Sunyaragi.

“Terdapat penambahan pemandu wisata dalam 3 hari libur imlek ini yang bekerja sama dengan siswa - siswi PKL dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 1 Kedawung jurusan pariwisata,” ucapnya.

Ada pula tiket masuk Goa Sunyaragi buat umum sebesar Rp15.000 serta untuk pelajar/mahasiswa cuma sebesar Rp10.000.

“Tidak terdapat peningkatan harga tiket masuk Goa Sunyaragi,” tutupnya.

Nah itulah informasi berita yang bisa dapat kami sampaikan, mengenai Badan Pengelola Taman Air Goa Sunyaragi (BPTAGS) Cirebon melaporkan kenaikan jumlah pengunjung objek wisata Goa Sunyaragi pada libur Imlek 2023, Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca, terima kasih.