-->

KPU Kabupaten Cirebon Lantik 1.272 Orang Anggota PPS untuk Hadapi Pemilu

KPU Kabupaten Cirebon Lantik 1.272 Orang Anggota PPS untuk Hadapi Pemilu

Kabupaten Cirebon, CIREBON TAKON - "Selasa (24/1/2023), di Lapangan Ranggajati, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, dilakukan pelantikan sebanyak 1.272 orang menjadi anggota panitia pemungutan suara (PPS) dari setiap desa/kelurahan di Kabupaten Cirebon."

Kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Umum Tahun 2024 dengan tema "Siap Menjadi Garda Depan Suksesnya Pemilu 2024" berlangsung dengan lancar dan dihadiri oleh seluruh unsur Forkopimda Kabupaten Cirebon dan jajarannya.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Sopidi, para PPS yang dilantik merupakan hasil dari tahapan seleksi yang digelar dari awal hingga akhir. Pendaftar yang awalnya sekitar 5.000 orang, telah tersaring menjadi 1.272 PPS yang sesuai dengan kebutuhan perwakilan 3 orang dari tiap desa dan kelurahan di Kabupaten Cirebon.

"Saat ini, jumlah PPS yang dilantik adalah sebanyak 1.272 orang yang merupakan hasil dari tahapan seleksi yang telah dilakukan. Mereka sudah siap untuk melaksanakan tugas-tugas mereka sesuai dengan mekanisme yang telah ditentukan," ungkap Sopidi.

Calon Anggota PPS KPU Kabupaten Cirebon dilantik | Sumber :  Kabar Cirebon (Ismail)

Sopidi menambahkan, dalam waktu dekat, PPS akan membentuk tim petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) sebanyak 7.492 orang. Tim ini akan membantu PPS dalam melaksanakan tugasnya sebagai kepanjangan tangan dari KPU.

Pihaknya berharap, untuk seluruh anggota PPS kedepankan supaya dapat koordinasi dengan berbagai pihak serta mulai bekerja di desa serta kelurahan tiap - tiap dalam kesiapan selaku pelaksana pemilu di 14 Februari 2024 mendatang. Tidak hanya itu, kata Sopidi, PPS supaya dapat menjalankan kinerja sesuai peraturan perundang undangan yang berlaku dengan penuh tanggung jawab.

"Sampaikan kepada warga pemilih buat tiba dan memilih. Selamat melaksanakan tugas selaku PPS serta siap jadi garda depan buat suksesi Pemilu 2024. Aja golput, hayu nyoblos," katanya.

Sementara Bupati Cirebon, Imron, mengucapkan selamat kepada para PPS yang baru dilantik supaya menjalankan kinerja sesuai mekanismenya.

"Kalian merupakan orang- orang pilihan yang diberikan tugas serta tanggungjawab dari negara selaku bagian dari penerapan Pemilu. Semoga amanah ini dapat dijalankan dengan baik cocok ketentuan sehingga tujuan pemilu dapat terlaksana dengan baik serta benar," ungkap Imron

Imron pula berpesan, supaya tahapan serta mekanisme di informasikan lewat sosialisasi kepada warga jelang Pemilu 2024.

"Semoga Pemilu nanti bisa kembali menciptakan pemimpin pilihan warga dalam acara demokrasi 5 tahunan," ucapnya.

Kapolresta Cirebon, Kombes Arif Budiman, mewanti- wanti agar PPS dapat independen serta menjalankan tugasnya cocok aturan. Dia berpesan supaya selalu koordinasi dengan berbagai lini terutama petugas kepolisian di tingkat desa serta kelurahan mulai dari Polisi, Tentara Nasional Indonesia (TNI) serta elemen lainnya bila terdapat gejolak di lapangan.

"Semua bakal beres jika koordinasi serta komunikasi dilakukan dengan baik. Mudah - mudahan Pemilu 2024 nanti sesuai dengan harapan demi capaian keberhasilan bersama," kata Kapolresta, Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca, terima kasih.