-->

Kirab Budaya Cap Go Meh Bakal Kembali Digelar di Cirebon, Usai Vakum 2 Tahun Akibat Covid-19

Kirab Budaya Cap Go Meh Bakal Kembali Digelar di Cirebon, Usai Vakum 2 Tahun Akibat Covid-19

CIREBON TAKON - Perayaan Tahun Baru Imlek 2023 di Vihara Dewi Welas Asih yang berada di Jalan Kantor No. 2, Kelurahan Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk diharapkan akan lebih meriah dibanding tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan pemerintah sudah mencabut kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Pada perayaan Tahun Baru Imlek, Vihara Dewi Welas Asih tidak akan membatasi jumlah pengunjung yang ingin beribadah pada malam tahun baru Imlek. Namun, Vihara Dewi Welas Asih meminta kepada jemaah agar tetap menggunakan masker saat melakukan ibadah.

Perayaan Cap Go Meh di Vihara Dewi Welas Asih Cirebon sebelum pandemi Covid-19 | Sumber Ilustrasi : Urbanasia.com

Sekretaris Panitia Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh 2023, Richard Dharma Pekasa menyatakan bahwa dengan adanya pencabutan kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan didapatnya surat rekomendasi dari Satgas COVID-19 Kota Cirebon, perayaan Tahun Baru Imlek di Vihara Dewi Welas Asih tahun ini dapat dilaksanakan secara normal. 

"Sejak tahun 2021 dan 2022, perayaan Imlek dilakukan dengan pembatasan. Namun, pada tahun 2023 ini akan lebih meriah dibanding tahun sebelumnya karena pemerintah telah mencabut kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Namun, kami menyarankan jemaah tetap menjaga protokol kesehatan dan menggunakan masker," ujar Richard saat ditemui seperti yang dilansir dari laman situs media About Cirebon di Vihara Dewi Welas Asih, Rabu (11/1/2023). 

kirab budaya Cap Go Meh di Kota Cirebon sebelum pandemi Covid-19 | Sumber Ilustrasi : Dokumen Istimewa

Tahun ini, menurut Richard, diizinkan untuk mengadakan perayaan atau kirab budaya Cap Go Meh yang akan diadakan pada tanggal 5 Februari 2023. Kirab budaya akan berkeliling Kota Cirebon seperti kegiatan Cap Go Meh sebelum pandemi COVID-19. "Dua tahun yang lalu perayaan Cap Go Meh tidak diadakan karena pandemi COVID-19, tetapi tahun ini akan diadakan secara meriah," kata Richard.

Menjelang perayaan tahun baru Imlek, Vihara Dewi Welas Asih Cirebon akan mengadakan kegiatan seperti sebelum pandemi COVID-19. Mulai dari Bhakti Sosial, Sembahyang Sang Sin (Lam Keng) pada 14 Januari 2023, Cuci Ruang Dewa Dewi pada 16 Januari 2023, Sembahyang Malam Imlek pada 21 Januari 2023, Sembahyang Ciap Sin pada 25 Januari 2023, Sembahyang Keng Thi Kong dan Sembahyang Ci Suak pada 29 Januari 2023, serta Kirab Budaya Cap Go Meh pada 5 Februari 2023. 

Kirab Budaya Cap Go Meh Cirebon | Sumber Ilustrasi : arif hidayah/pikiran-rakyat.com

"Juga akan ada pemasangan lilin, sekitar 200 pasang lilin pada hari Imlek. Kami memprediksi acara Malam Imlek akan lebih ramai dibanding tahun sebelumnya," ujarnya. Richard berharap pada tahun baru Imlek tahun 2023 atau 2574, meskipun ada pemberitaan tentang resesi ekonomi, kita tetap harus optimis. Setiap tindakan yang kita lakukan, katanya, harus dilakukan dengan pikiran, ucapan, dan perbuatan yang baik. 

"Semoga semuanya di masa depan menjadi lebih baik, yang terutama adalah tetap berhati-hati dalam menjalani hidup," ucapnya.

Cap Go Meh di Kota Cirebon sebelum pandemi Covid-19 | Sumber Ilustrasi : Dokumen Istimewa

"Setelah 2 tahun vakum akibat pandemi COVID-19, Kirab Budaya Cap Go Meh akan kembali digelar di Kota Cirebon. Kita semua harapkan agar acara ini dapat dilaksanakan dengan aman dan meriah, sebagai bentuk kebangkitan budaya dan kebahagiaan bagi masyarakat Cirebon. Marilah kita semua berpartisipasi dalam perayaan ini dengan menjaga protokol kesehatan yang ditetapkan dan memperkuat semangat kekeluargaan dalam menyambut tahun baru Imlek, Semoga artikel ini dapat memberikan dampak positif yang bermanfaat bagi para pembaca, terima kasih."