-->

Apple TV dan Apple Music Hadir di Microsoft Store

Apple TV dan Apple Music Hadir di Microsoft Store

CIREBON TAKON - Setelah lama tidak hadir di Windows, akhirnya Apple memutuskan untuk menghadirkan aplikasi Apple Music dan Apple TV di Microsoft Store. Sebelumnya, kedua layanan ini hanya dapat diakses melalui iTunes, baik melalui aplikasi atau browser. Namun sekarang, kedua aplikasi tersebut sudah tersedia di Microsoft Store.

Selain itu, Apple juga memperkenalkan aplikasi baru untuk Windows yaitu Apple Devices, di mana pengguna dapat mengontrol perangkat Apple-nya dari PC yang berbasis Windows. Ini sebenarnya tidak terlalu mengejutkan, karena pada acara Surface 2022 Microsoft sudah mengumumkan bahwa aplikasi tersebut akan muncul di Windows 11.

"Memang benar, Apple memang memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengembangkan aplikasi tersebut. Hal ini dikarenakan mereka sudah mulai merekrut engineer untuk membuat aplikasi di sistem operasi Windows sejak November 2019.

Dalam lowongan pekerjaannya, Apple menyatakan bahwa mereka mencari pengembang software untuk membuat aplikasi media generasi berikutnya di Windows. Namun saat ini, tampaknya hanya 3 aplikasi Apple yang dapat diinstal di Windows 11 Build 22621. Aplikasi Apple TV berfungsi seperti aplikasi serupa di smart TV, sedangkan untuk Apple Music saat ini tidak dilengkapi dengan fitur lirik, namun juga di macOS, Apple Music juga tidak memiliki fitur lirik."

"Sementara itu, aplikasi Apple Devices sebenarnya diperuntukkan sebagai pengganti fitur sinkronisasi dan backup yang sebelumnya tersedia di iTunes. Sehingga pengguna dapat menggunakan aplikasi ini untuk melakukan backup data dari perangkat Apple, menyinkronisasikan media, serta memulihkan firmware.

iTunes sendiri sudah mulai digantikan dengan berbagai aplikasi terpisah sejak Apple merilis macOS Catalina. Namun perubahan ini hanya dilakukan di macOS, sementara di Windows, iTunes masih digunakan karena belum ada penggantinya."

"Akibatnya, pengguna layanan Apple TV dan Apple Music harus menggunakan browser untuk mengakses layanan tersebut."

"Secara keseluruhan, kehadiran Apple TV dan Apple Music di Microsoft Store merupakan sebuah kemajuan yang menyediakan aksesibilitas yang lebih baik bagi pengguna Windows untuk menikmati layanan streaming video dan musik dari Apple. Ini juga membuka peluang baru bagi perusahaan untuk menarik lebih banyak pengguna dari platform Windows dan memperluas jangkauan pasarnya, Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca, terima kasih."