-->

Rektor Unpad Akui Keunggulan Command Center Sumedang

Rektor Unpad Akui Keunggulan Command Center Sumedang

Rektor Universitas Padjadjaran Profesor. Dr. Rina Indiastuti terkesan dengan keberadaan Command Center Sumedang yang menurutnya banyak mempunyai keunggulan.

“Keberadaan Comand Center Sumedang sangat menarik untuk kami. Aku rasa ini ikonnya Kabupaten Sumedang, kami turut bangga atas terdapatnya ini,” ucapnya dalam kunjungan ke Command Center Sumedang, Senin (11/7).

Baginya, data - data di dalamnya bakal sangat berguna buat menindaklanjuti kerja sama antara Unpad dengan Pemkab Sumedang.

“Data - data yang tersimpan di Command Center ini sangat banyak. Nanti dapat berguna buat follow up kerja sama antara Unpad dengan Pemkab Sumedang,”

Profesor. Rina pula berkata, pihaknya akan tingkatkan kolaborasi ataupun kerja sama dengan Pemkab Sumedang yang telah dikomitmenkan semenjak tahun 2019.

“Kami pula mencari inspirasi. Mudah - mudahan Kabupaten Sumedang menebar inspirasi untuk kami buat lebih baik pula untuk Kabupaten serta warga Sumedang,” ucap Bupati.

Bagi Prof. Rina, Unpad telah menemukan fokus kerja sama yang akan dibangun dengan Pemkab Sumedang dengan.

“Kami sangat komitmen buat merendahkan angka kemiskinan, menurunkan angka stunting serta membangun smart farming,” ucapnya.

Dia juga berkata, nanti Sumedang tidak cuma memiliki Command Center dengan riil data yang sangat lengkap hingga ke titik individu masyrakat, tetapi pula dapat membangun ekonomi serta sosialnya.

“Itu akan jadi unggulan di Indonesia, sukur - sukur jadi unggulan di Asean, Regional serta dunia,” ucapnya.

Dirinya pula menuturkan kalau akan menbantu Command Center Sumedang yang telah mempunyai datanya bagus.

“Command Center Sumedang telah memiliki data yang lengkap, aku kira ini semacam big data era kekinian yang kemudian dibunyikan, dianalisis serta memiliki pola,” tuturnya.

Sedangkan itu, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menuturkan, Unpad hendak lebih mengkonkretkan kerja sama dengan Pemkab Sumedang yang sudah dirintis buat kemajuan institusi, baik Pemkab Sumedang maupun Unpad sendiri.

“Sumedang akan jadi tempat hilirisasi hasil riset serta jadi laboratorium Unpad, dan jadi bagian pemecahan buat persoalan yang terdapat di Kabupaten Sumedang,” ucapnya.

Disampaikan Bupati, pertemuan tersebut pula mangulas beberapa perihal yang dalam rangka lebih mengefektifkan kerja sama.

“Ada beberapa program unggulan yang dapat dituntaskan bersama seperti membangun Stunting Center, menanggulangi kemiskinan, serta smart farming. Ini akan kita kolaborasikan sehingga hasilnya akan berdaya guna dan berhasil guna,” paparnya.

Selanjutnya Bupati berkata, Unpad berencana membangun Rumah Sakit Pendidikan yang berlokasi di wilayah Jatinangor.

“Tentunya kami hendak support terpaut rencana pembangunan Rumas Sakit Unpad ini,” ucapnya.

Berkaitan dengan big data yang terdapat di Command Center Sumedang, bagi Bupati hal tersebut buat menciptakan keputusan yang baik.

“Command Center ini ialah big data kami yang menjadi referensi untuk mengambil kebijakan. Data tadi akan kami kerja samakan dengan UNPAD buat dianalisa sebgai rekomendasi untuk Pemda buat memutuskan suatu kebijakan. Jadi bagaimana menguasai data serta menggunakan data, tetapi berdasarkan pemikiran ilmiah,” pungkasnya.

Demikianlah informasi yang bisa dapat kami sampaikan mengenai Rektor Universitas Padjadjaran Profesor. Dr. Rina Indiastuti terkesan dengan keberadaan Command Center Sumedang, Semoga artikel berita ini bisa bermanfaat bagi para pembaca, terima kasih.