-->

Warga Cirebon Terkonfirmasi Positif Covid-19 Varian Omicron, Begini Kondisinya?

Warga Cirebon Terkonfirmasi Positif Covid-19 Varian Omicron, Begini Kondisinya?

Warga Kabupaten Cirebon terkonfirmasi positif Covid- 19 varian Omicron setelah pulang dari luar negeri, Yang bersangkutan merupakan pekerja migran berumur 41 tahun serta baru pulang dari Arab Saudi.

Kepala Dinas Kesehatan( Dinkes) Kabupaten Cirebon, dokter Neneng Hasanah menuturkan, pekerja migran tersebut dinyatakan terinfeksi dari hasil skrining yang dilakukan di Bandara Soekarno Hatta, Pekerja migran asal Kabupaten Cirebon tersebut tiba pada 25, Desember 2021.

Dari pengecekan di bandara diketahui positif covid- 19. Dan setelah dilakukan whole genome sequencing (WGS) ternyata varian omicron,“ Diketahui dari hasil skrining di bandara, protokol kita kan ketat,” kata Neneng, didampingi Kasis Surveilance dan Imunisasi.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon, Neneng Hasanah, mengatakan, warga positif Omicron itu merupakan pekerja migran Indonesia (PMI) dan disaat ini masih menjalani perawatan intensif.

Disaat ini, pasien tersebut masih dikarantina di Jakarta," ucap Neneng Hasanah saat ditemui di Dinkes Kabupaten Cirebon, Jalan Sunan Muria, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Rabu (12/01/ 2022).

Dia mengatakan, dari laporan yang diterimanya penderita asal Kabupaten Cirebon itu termasuk jenis kasus konfirmasi tanpa gejala. Pihaknya mengakui, pada akhir Desember 2021 juga ada penderita suspek Omicron asal Kabupaten Cirebon yang dikarantina di Wisma Atlet Jakarta.

Akan tetapi, saat ini penderita tersebut sudah berakhir menempuh karantina serta hasil pemeriksaannya juga dinyatakan negatif Covid- 19. Saat ini, penderita itu juga sudah kembali ke kampung halamannya di Kabupaten Cirebon serta berkumpul bersama keluarganya.

"Pasien suspek juga PMI yang baru pulang ke Indonesia dari negara tempatnya bekerja," kata Neneng Hasanah.

Neneng menyampaikan, pasien tersebut dinyatakan suspek karena pernah dirawat oleh petugas Wisma Atlet Jakarta yang merupakan pasien Covid- 19 varian Omicron pertama di Indonesia. Tetapi, usai dikarantina di Wisma Atlet Jakarta warga Kabupaten Cirebon tersebut diswab test serta hasilnya dipastikan negatif Covid- 19.

Semoga informasi berita yang kami sampaikan bermanfaat bagi para pembaca artikel ini, dan mohon maaf jika kalau ada kekurangan dalam hal pembahasan kurang lengkap, mohon dimaklumi, terima kasih.

Kami menulis berita ini berdasarkan dari kutipan sumber media terpercaya :