-->

7 Cara Mengatasi Memori Internal Handphone Penuh, Mudah Dan Ampuh

7 Cara Mengatasi Memori Internal Handphone Penuh, Mudah dan Ampuh

CIREBON TAKON - Apakah Sobat pernah mengalami sering menerima notifikasi berupa "ruang penyimpanan hampir habis"? Jika notifikasi ini muncul, maka ponsel sedang memberitahukan Anda bahwa kapasitas memori internal HP penuh atau tidak dapat untuk menampung file baru. Alhasil, jika memori HP penuh, pengguna tak lagi dapat menyimpan file foto, video, musik, serta berbagai jenis file lainnya. Memori HP penuh tentu sangat menyebalkan, terlebih ketika Anda sedang melakukan aktivitas penting seperti merekam video atau mengunduh file.

Salah satu cara untuk mengatasi memori HP penuh adalah dengan menambah kapasitas memori menggunakan kartu microSD eksternal. Namun itu belum tentu efektif juga, bagaimana jika memori itu juga sudah maksimal digunakan, untuk mengatasinya saya akan membahas informasi tentang 7 Cara Mengatasi Memori Internal Handphone Penuh, Mudah Dan Ampuh, yuk disimak informasi tersebut.

1. Hapus Cache Aplikasi pada smartphone anda

Cache ialah ruang penyimpanan sementara yang muncul dari aktifitasmu menggunakan aplikasi. Sebab bersifat sementara, maka dari itu penting untuk senantiasa rutin membersihkannya karena bakal membebani memori bila menumpuk sangat lama.



Data cache merupakan suatu data sementara yang didapatkan dari aplikasi yang berjalan di ponsel. Data ini disimpan dalam memori ponsel dan bersifat temporer alias tidak permanen. Di waktu yang sama saat konten tersebut dimuat, browser bakal menyimpan file sementara dari gambar dan video tadi di data cache.

Bagaimana sih cara membersihkan Cache, dengan benar yuk simak informasi nya:

  1. Buka Pengaturan >> Pilih menu Aplikasi atau Manajer aplikasi
  2. Kemudian semua aplikasi yang kamu install akan terlihat dan berapa banyak ruang penyimpanan yang digunakan.
  3. Ketuk pilihan sort atau sortir untuk mengurutkan aplikasi mana yang paling banyak menggunakan penyimpanan.
  4. Ketuk aplikasi kemudian pilih Clear Cache. Cache kemudian akan terhapus untuk mengosongkan beberapa ruang.
  5. Ulangi proses yang sama untuk setiap aplikasi.
  6. Selain itu, Untuk cara yang lebih praktis, Kamu juga dapat menghapus semua file cache secara bersamaan.
  7. Caranya dengan mengetuk menu Pengaturan> Penyimpanan> Memori Perangkat. Kemudian ketuk Data cache dan Hapus untuk menghapus semua data cache dari semua aplikasi.

2. Hapus Database WhatsApp Lokal Yang Tidak Terpakai Pada Penyimpanan Handphone Anda



Salah satu penyebab pada umumnya memori handphone menjadi penuh ialah database lama WhatsApp yang secara otomatis dicadangkan ke memori internal smartphone, Supaya memori tidak menumpuk, lakukanlah hal tahapan - tahapan berikut:

  1. Pergi ke “File Manager".
  2. Buka folder “WhatsApp".
  3. Klik folder “Databases".
  4. Hapus fle/berkas di folder tersebut.

3. Pindahkan File Lama Smartphone kamu ke Pc ataupun Harddisk

Tidak cuma sebagian cara di atas, salah satu pemecahan terbaik buat permasalahan penyimpanan di HP mu yakni dengan merupakan memindahkan sekian banyak file besar termasuk gambar, video, audio, dll. ke pc.



Caranya lumayan gampang sobat, ialah dengan memakai kabel data ataupun aplikasi pihak ketiga yang dapat memindahkan file tersebut. Menyimpan file di Pc ataupun memori luar HP juga sanggup membantu. Apabila jika suatu saat file mu hilang, kamu telah ada backup ataupun cadangan yang telah tersimpan di computer.

4. Memiliih berkas yang penting, jika tidak penting Hapus file berkas serta media yang tidak dibutuhkan

Cobalah buat membersihkan file berkas dan media seperti gambar, foto, audio, video, apk, dokumen, dan sejenisnya yang sekiranya tidak dibutuhkan lagi. Beberapa bagian yang perlu Kamu cek ialah folder DCIM( hasil jepretan kamera), kiriman file WhatsApp, dan unduhan video offline YouTube.



Apa juga triknya, setidaknya sisakan 55% ruang penyimpanan dari total kapasitas memori internal Anda. Kamu tidak dapat melegakan ruang penyimpanan seandainya tidak menghapus maupun memindahkannya ke memori eksternal (MicroSD).

5. Manfaatkan dengan baik layanan Cloud Storage Gratis

Selain memori eksternal, Kamu dapat menggunakan layanan cloud storage( penyimpanan awan) gratis seperti Google Drive, OneDrive, Dropbox, Box, serta sejenisnya. Pada ponsel Android sendiri, Kamu dapat memakai Google Drive yang menyediakan ruang penyimpanan sampai 15 GB buat satu akun. Tidak cuma menghemat memori internal, integrasi serta ekosistem yang baik dari Google mempermudah pengguna buat mengakses informasi kapan juga Kamu perlu kan, baik dari laptop, pc, smartphone, maupun tablet.



Ponsel pintar Dijaman canggih saat ini contohnya, sudah meningkatkan fitur Google Drive pada aplikasi File Manager. Perihal ini pasti saja hendak mempermudah pengguna buat mengunduh ataupun mengambil data- data yang tersimpan di Google Drive. Pengguna tidak butuh repot buat membuka Google Drive tiap kali mau memandang ataupun mengedit informasi.

6. Lebih Baik Simpan File di Memori Eksternal (Kartu SD)

Tidak cuma aplikasi saja yang biasa selalu“ sangat memberatkan” HP karena menguras memori, file- file mu yang berukuran besar juga dapat menyita banyak penyimpanan. Kalau kamu sudah banyak menyimpan foto serta video di penyimpanan internal, solusinya dapat dengan memindahkan sepenuhnya menuju SD Card ataupun penyimpanan eksternal kamu.



Bila tidak mau repot terus memindah - mindahkan file, kalian pula bisa mengganti pengaturan posisi penyimpanan dengan cara simplenya:

  1. Buka Pengaturan
  2. Pengaturan Kamera. Setelah itu, pilih Posisi penyimpanan buat mengubahnya ke kartu SD ataupun Kartu memori bila jalur penyimpanan default nya di Perangkat.

7. Reset HP Android, Seandainya sudah tidak mendukung penyimpanan tersebut

Metode terakhir yang sangat jitu bisa Kamu lakukan yakni dengan mengembalikan ponsel Android ke setelan awal/ pabrikan. Metode ini lumayan efisien dalam mengatasi memori penuh sebab seluruh data serta aplikasi bakal dihapus secara total. Factory Reset bisa Kamu peruntukan pilihan ketika Kamu mau memperoleh performa ponsel yang maksimal semacam baru beli.


Sebelum melakukannya, Kamu butuh mem- backup data- data penting yang Kamu miliki. Guna melakukan gimana reset HP Android?, ayo disimak ya serta cermati langkah- langkah di dasar ini.

  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Setelan tambahan » Cadangkan & Setel Ulang.
  3. Pilih Kembali ke setelan pabrik » Setel ulang telepon.
  4. Konfirmasi dengan pola kunci atau kata sandi ponsel.
  5. Tunggu sampai proses reset berhasil dilakukan.
  6. Selesai.

Semoga informasi pendidikan yang kami sampaikan bermanfaat bagi para pembaca, dan mohon maaf jika kalau ada kekurangan dalam hal pembahasan kurang lengkap, mohon dimaklumi, terima kasih.