-->

3 Cara Cepat Download Sertifikat Vaksin 1 dan 2 di PeduliLindungi

Pada masa perpanjangan PPKM Darurat sekarang ini, terdapat beberapa pelonggaran penerapan protokol kesehatan, khususnya bagi masyarakat yang sudah memiliki sertifikat vaksin COVID-19. Sertifikat vaksin tersebut bisa dicek dan didownload melalui halaman aplikasi PeduliLindungi ataupun bisa juga menggunakan website PeduliLindungi.

Vaksinasi Covid-19 menjadi penting untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 di Indonesia dan menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity). Masyarakat yang sudah divaksin akan mendapatkan sertifikat. Sertifikat vaksin Covid-19 dalam dilihat secara langsung melalui halaman website PeduliLindungi.id. Dalam website tersebut akan terlihat status vaksinasi seseorang. Apakah sudah mendapatkan vaksinasi satu kali atau dua dosis (vaksin penuh).

Selain mengecek status vaksinasi, pengguna PeduliLindungi akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau di kawasan zona merah. Pengguna juga akan mendapatkan peringatan jika di lokasi mereka berada terdapat orang yang terinfeksi Covid-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan.

Nantinya, akan ada perbedaan peraturan bagi masyarakat yang sudah dan belum divaksin. Perbedaan tersebut, misalnya sebagai contoh dalam aktivitas masuk mal, atau makan di restoran yang wajib mengharuskan pengunjung menunjukkan hasil download sertifikat vaksin.

PeduliLindungi merupakan aplikasi yang dikembangkan Pemerintah melalui kerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB), dan operator telekomunikasi. Aplikasi ini membantu instansi pemerintah dalam melakukan pelacakan digital untuk menghentikan penyebaranCovid-19.

Pedulilindungi sertifikat Covid-19 jadi salah satu syarat yang wajib dipenuhi warga yang ingin berpergian menggunakan transportasi umum selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau Biasa Disebut Dengan Istilah PPKM. Selain itu, Pedulilindungi sertifikat bisa dipakai untuk beberapa keperluan lain karena di beberapa tempat bisa diakui sebagai pengganti rapid test antigen.


Menteri Kominfo Johnny Plate menjelaskan, bahwa aplikasi PeduliLindungi sudah terhubung dan terintegrasi dengan sistem dan basis data Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Melalui fitur pindai QR Code, aplikasi ini juga akan bisa melacak data masyarakat yang sudah tervaksinasi dan menampilkan hasil Testing (TesPCR atau Swab Antigen). Nah maka dari itu saya akan membahas sebuah informasi mengenai tentang 3 Cara Cepat Download Sertifikat Vaksin 1 dan 2 di PeduliLindungi

1. Cara Cek Sertifikat Vaksin Lewat Website Laman https://pedulilindungi.id

  1. Kunjungi laman https://pedulilindungi.id Klik menu "Login" pada bagian kanan atas laman tersebut 
  2. Masukan nomor handphone yang Anda gunakan saat proses registrasi vaksinasi, saya sarankan nomer harus sama pada saat registrasi vaksin utama jangan beda.Setelah itu klik menu "Login Sekarang" 
  3. Selanjutnya masukan kode OTP yang dikirim ke ponsel Anda
  4. Setelah berhasil login, klik kolom nama Anda yang terletak di pojok kanan atas situs Peduli Lindungi 
  5. Kemudian pilih menu "Sertifikat Vaksin" Akan muncul tampilan sertifikat vaksin pertama dan kedua jika Anda telah lengkap menerima dua kali vaksinasi Terakhir, klik tampilan sertifikat vaksin dan klik menu "Unduh Sertifikat" Setelah berhasil di download, sertifikat vaksin tersebut akan masuk ke ruang penyimpanan handphone atau komputer.

2. Cara Cek Sertifikat vaksin Melalui Aplikasi PeduliLindungi

  1. pastikan anda sudah mendownload aplikasi Pedulilindungi di smartphone, Unduh aplikasi PeduliLindungi di Play Store atau App Store
  2. Saat membuka aplikasi, sebaiknya mengaktifkan fitur GPS pada handphone anda
  3. Buat akun jika baru pertama kali menggunakan aplikasi Pedulilindungi dengan memasukan nama lengkap sesuai KTP dan nomor handphone.
  4. Masukan nomor handphone yang Anda gunakan saat proses registrasi vaksinasi, saya sarankan nomer harus sama pada saat registrasi vaksin utama jangan beda.Setelah itu klik menu "Login Sekarang" 
  5. Selanjutnya masukan kode OTP yang dikirim ke ponsel Anda
  6. Setelah proses aktivasi, nantinya akan diarahkan masuk ke dashboard aplikasi Pedulilindungi.
  7. Pilih masuk ke menu akun pribadi yang terletak di kanan atas Pilih sertifikat vaksin Masukan nomor NIK dan nama lengkap Unduh sertifikat yang digital

3. Cara cetak sertifikat vaksin Covid di Pedulilindungi lewat SMS

  1. Cara cek sertifikat vaksin di Pedulilindungi lewat SMS hanya bisa dilakukan apabila Anda sudah menerima SMS dari Pedulilindungi.
  2. Biasanya, SMS notifikasi akan dikirim ke nomor ponsel yang didaftarkan saat program vaksinasi. Lamanya SMS masuk tersebut bervariasi, ada yang langsung menerima SMS segera setelah proses vaksinasi selesai, ada pula yang baru menerima SMS 1-4 hari dan paling lama 1 minggu setelah proses vaksinasi, baik penyuntikan pertama maupun kedua.
  3. Jika sudah menerima SMS notifikasi, Anda tinggal mengklik tautan sertfikat vaksin yang dikirim.
  4. Sistem lalu akan menampilkan sertifikat vaksin. Itulah beberapa car cek sertifikat vaksin yang bisa dicoba.
Berikut ini saya lampirkan beberapa infografis Cara Cepat Download Sertifikat Vaksin 1 dan 2 di PeduliLindungi yang kami rangkum dari situs : http://indonesiabaik.id/





Semoga informasi yang kami sampaikan untuk anda bermanfaat, terima kasih.