-->

11 Cara Ampuh Mengatasi Smartphone Agar Tidak Cepat Panas

11 Cara Ampuh Mengatasi Smartphone Agar Tidak Cepat Panas

Di era jaman modern saat ini, siapa sih yang tidak suka mengutak atik bermain HP? Saking asyiknya berselancar menggunakan ponsel, kerap kali kamu sampai lupa waktu akhirnya. Apalagi kerap digunakan Handphone mu menjadi cepat panas. Kamu Pernah mengalami, kan?, Smartphone memang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Mulai dari bermain game sampai membantu menuntaskan tugas kuliah hingga pekerjaan juga, bisa dilakukan lewat perangkat cerdas itu.

Namun, secanggih apapun teknologi, pasti ada batasnya. Begitu juga dengan ponsel. Meskipun menjadi benda yang praktis, ponsel akan menjadi panas jika digunakan terus menerus. Jika sudah begini, tak jarang kinerja ponsel pun juga semakin melambat.

Kasus terjadi panasnya handphone terjadi karena temperatur baterai ponsel naik. Ponsel menjadi hangat bukan alasan untuk khawatir, perangkat HP memang dirancang untuk bekerja seperti itu. Tetapi jika rasa panas sudah mulai tinggi, tanganmu sudah bisa merasakan panas seperti terbakar, maka kamu harus lebih waspada.

Semakin panas ponsel, maka kerja HP akan semakin berat dan berdampak buruk pada baterai HP itu sendiri. Kalau dibiarkan terus menerus, dampak buruknya akan cepat merusak perangkat secara permanen. Jika HP-mu sering mengalami panas berlebih, bisa jadi karena sejumlah alasan. Sebagian besar terkait dengan kelebihan perangkat keras.

Untuk menghindari masalah ini Anda perlu mengatasinya. Berikut ini saya akan membahas sebuah informasi pembahasan tentang 11 cara ampuh mengatasi HP yang lemot dan cepat panas yang bisa Anda terapkan.

1. Menggunakan Handphone Saat Di-Charge

Menggunakan hp saat sedang di-charge menyebabkan kinerja baterai lebih berat dan membuat hp cepat panas.


Jika kebiasaan ini terus menerus dilakukan, baterai bisa kembung dan bisa mengakibatkan terjadi sebuah ledakan. Oleh karena itu, jika kamu tidak ingin hp cepat panas, lebih baik tunggu sampai proses isi ulang baterai selesai, setelah itu kamu bisa gunakan hp itu kembali.

2. Anda Harus Hindari Menyalakan WiFi Secara Terus Menerus

mematikan WiFi saat sedang tidak berada di area penyedia WiFi. Ingat, Anda jangan lupa untuk mematikan jaringan WiFi jika sedang lagi digunakan.



Pasalnya, WiFi akan terus mencari jaringan secara otomatis, padahal belum tentu Anda akan ada di kawasan yang ada jaringan WiFi-nya. WiFi yang terus aktif mencari jaringan ini ternyata berpotensi membuat HP Anda cepat panas.

3. Anda Jangan Sering Menyimpan HP di Tempat Tertutup

Sebaiknya Anda tidak sering menyimpan HP kesayangan anda di tempat tertutup. Contohnya menyimpan HP di celana jeans yang super sangat ketat.



JIka Anda sering menyimpan HP di celana jeans, sebaiknya mulai dikurangi dan beri HP Anda udara segar. Menyimpan HP di tempat tertutup seperti tas dan saku celana berpotensi membuat kinerja HP cepat panas yang tentunya akan berpengaruh pada performa HP.

4. Diusahakan Sebaiknya Hindari Sinar matahari Langsung Ke Ponselmu



Meski kamu ingin selalu mengakses ponsel di mana saja atau kapan saja, namun itu buruk bagi HP itu sendiri Ponsel dapat menangkap cahaya dan panas dari matahari dan mempertahankannya di dalam. Menghindari sinar matahari langsung dan panas adalah cara termudah untuk mencegah ponsel kepanasan.

5. Menutup Aplikasi Yang Sedang Berjalan Pada Smartphone Anda

Jika tidak ada aplikasi yang digunakan maka akan lebih baik, jika Anda menutup aplikasi tersebut sehingga ponsel tidak mudah panas.



Jika ada banyak aplikasi yang berjalan maka tidak hanya panas tetapi juga akan menjadi lemot. Selain itu, cara ini untuk menghindari agar baterai Anda tidak cepat habis.

6. Perbarui Aplikasi Yang Digunakan Pada Handphone Kalian


Jika salah satu aplikasi yang sering Anda gunakan meminta update maka segera perbarui. Karena aplikasinya selalu up to date juga dapat mengatasi HP yang lemot dan cepat panas.

7. Handphone Anda Cepat Panas Karena Baterai Rusak

Penyebab sebuah handphone cepat panas yang paling banyak ditemukan karena baterai. Penyebab hp cepat panas bisa kamu ketahui lebih cepat dengan cara meraba bagian hp mana yang cepat panas, Jika bagian belakang hp cepat panas, bisa jadi penyebab utamanya adalah baterai.



Baterai yang rusak atau menurun fungsinya akan lebih cepat panas dibanding baterai baru. Oleh karena itu, tips untuk mengatasi hp cepat panas akibat baterai saya sarankan adalah bawalah handphone anda ke tukang servis dan mengganti baterai terbaru.

8. Kesulitan Mencari Jaringan Pada Smartphone Anda

Ketika hp kesulitan mencari sinyal atau sinyal internet dari provider terlalu lemah akan membuat hp cepat panas. Hal ini disebabkan karena hp dipaksa terus menerus untuk mencari sinyal dan koneksi internet yang dibutuhkan untuk bekerja normal. Biasanya hal ini terjadi ketika kamu berada di dalam lift atau hp terlalu lama disimpan di celana jeans sehingga menghambat penerimaan sinyal.


Cara mengatasi hp cepat panas karena sinyal adalah matikan data ketika kualitas sinyal di tempatmu kurang bagus atau menggunakan fitur mode pesawat dan Cara kedua mengatasi hp cepat panas adalah ganti provider internet yang kualitas sinyalnya lebih baik.

9. Charger Smartphone Rusak atau Menggunakan Charger Palsu (KW)

Jika bagian hp yang cepat panas ada di dekat port charger, maka bisa jadi penyebab hp cepat panas adalah karena charger yang bermasalah. Charger yang tidak sesuai dengan spesifikasi hp akan menyuplai daya lebih tinggi atau lebih rendah dari yang dibutuhkan. Karena arus tegangan yang diterima tidak sesuai dengan yang dibutuhkan, akan menyebabkan hp cepat panas meski baterai sudah terisi penuh.



Terkadang mengisi ulang baterai dengan charger yang tidak sesuai menyebabkan pengisian ulang baterai lebih lama. Cara mengatasi hp cepat panas yang paling ampuh adalah ganti charger yang bermasalah dengan charger original atau memiliki besar output daya sesuai dengan yang dibutuhkan hp kamu.

10. Sebaiknya Anda Membersihkan Handphone Dari Debu

Debu ternyata bisa menyebabkan HP panas atau overheating juga loh. Pasalnya lubang pada body HP bisa tersendat jika tertutup oleh debu yang menempel pada smartphone anda.



Hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan membersihkan bagian baterai dan lubang pada body dengan cotton buds. Namun kamu juga harus hati-hati jangan sampai cotton buds menempel pada bagian perangkat HP.

11. Berilah Waktu Istirahat Untuk Smartphone Kesayangan Anda

Tanpa sadar mungkin kita terus menggunakan smartphone seharian, mulai dari internetan sampai bermain game. Memacu smartphone untuk terus bekerja tanpa henti sama saja dengan menyiksanya.



Memakai smartphone seharian untuk YouTuban atau bermain game berat akan membuat HP jadi panas. Jadi tentukan waktu istirahat untuk HP agar membuatnya terhindar dari overheat.