-->

8 Penyebab Baterai Smartphone Cepat Habis

8 Penyebab Baterai Smartphone Cepat Habis

Banyak smartphone Android keluaran terbaru dibekali baterai berkapasitas besar, tapi hal itu tidak menghentikan keluhan para pengguna. Kapasitas baterai sendiri sebenarnya tidak terlalu berpengaruh pada boros atau hematnya komponen tersebut, Baterai merupakan salah satu komponen smartphone yang kerap dikeluhkan oleh para pengguna. Salah satu masalah yang cukup sering dikeluhkan adalah borosnya konsumsi baterai.



Mungkin kamu salah satu yang merasa baru pakai smartphone Android sebentar kok baterai sudah habis lagi. Padahal jaman sekarang, rasanya hampir tidak mungkin dijaman sekarang ini kita bisa pisah dengan smartphone walaupun sebentar. Apalagi kalau smartphone kamu lagi dibutuhkan untuk keperluan penting seperti urusan kerja, janjian dengan teman kalian atau sahabat kalian.

Berikut saya akan membahas sebuah informasi pembahasan tentang 8 Penyebab Baterai Smartphone Anda Cepat Habis.

1. Menggunakan Handphone Ketika Di-Charge

Menggunakan Hp ketika di-charge Menggunakan hp saat masih diisi daya sangat tidak disarankan. Ini bisa membuat hp panas dan akan cepat habis setelahnya, Jika terus dilakukan, tak menutup kemungkinan kebiasaan ini bisa merusak hardware dan bahkan meledakkan ponsel.



Saat mengisi daya, pastikan menempatkannya ditempat yang sejuk dan rata. Hindari menempatkannya pada kasur atau bantal. Selain itu, hp cenderung mengalami panas berlebih saat terisi penuh, jadi isi dayanya saat mendekati 30% dan cabut setelah mencapai 90% - 100%.

2. Atur Brightness Layar Smartphone Kamu

Layar terlalu terang Penyebab hp panas dan baterai cepat habis selanjutnya adalah layar yang terlalu terang. Pengaturan kecerahan layar bisa memengaruhi prosesor dan membuat baterai cepat habis.



Kamu bisa mencoba mengaktifkan kecerahan otomatis yang bisa menentukan seberapa terang layar yang dibutuhkan di tiap situasi.

3. Wifi Smartphone Anda Terus Menyala



Wifi terus menyala Fitur wifi yang terus menyala tampa digunakan bisa menguras baterai dan membuatnya terasa lebih panas. Jika ponsel terus mencari sinyal Wi-Fi di saat yang tidak dibutuhkan bahkan saat tidak ada sambungan wifi, ia dapat dengan mudah membakar banyak daya.

4. Sinyal Pada Smartphone Anda Tidak Stabil

Sinyal tidak stabil Tak cuma wifi, sinyal data seluler yang tidak stabil juga bisa menjadi penyebab hp panas dan baterai cepat habis.



Ini karena pada saat sinyal tidak stabil, perangkat akan membuat hp mencari sinyal secara terus menerus. Untuk memastikannya, kamu bisa mematikan data selulermu saat berada di lokasi yang susah sinyal.

5. Aplikasi Dan Layanan Latar Belakang Terus Aktif

Selain itu, banyak aplikasi yang menghabiskan baterai tanpa penggunaan aktif. Aplikasi seperti Facebook, Messenger, Instagram, dan WhatsApp serta layanan komunikasi lainnya selalu mengusahakan ponsel terus terhubung dan diperbarui setiap saat.



Artinya, aplikasi ini terus beroperasi di latar belakang, menggunakan data, menarik lokasi terkait, mengirim pemberitahuan, dan lainnya. Solusinya, jaga unduhan aplikasi seminimal mungkin, hentikan aplikasi agar tidak bekerja di latar belakang, menutup atau memaksa berhenti aplikasi, dan memerhatikan penggunaan.

6. Masalah Pada Baterai Dan Charger Smartphone Rusak



Masalah pada baterai dan charger Aspek lain yang perlu dipertimbangkan adalah keadaan baterai dan kabel chraging. Jika baterai atau chargermu sudah terlalu lama, maka panas berlebih smartphone dapat terjadi. Masalah pada baterai dan charger ini bisa menyebabkan masalah saat mengisi daya. Jika ini terjadi, penyebabnya bisa berupa baterai yang rusak, kabel pengisian yang berkualitas buruk, atau masalah dengan port.

7. Tidak Mengupdate OS (Operating System) Pada Smartphone Anda

OS yang tidak terupdate OS atau sistem operasi yang tidak segera diperbarui bisa menjadi penyebab hp panas dan baterai cepat habis.



Ini karena sebenarnya pembaruan OS dapat menambahkan perbaikan untuk bug yang bisa memengaruhi kinerja baterai lebih efektif. Jika tidak terupdate, perangkat akan jadi lebih lemot dan panas.

8. Terlalu Banyak Membuka Aplikasi

Banyak aplikasi terbuka Penyebab hp panas dan baterai cepat habis yang paling umum lainnya adalah banyaknya aplikasi yang terbuka.



Seringkali orang-orang membuka aplikasi dengan jumlah yang banyak secara bersamaan dan tidak benar-benar menutupnya. Ini yang membuat pemakaian baterai terus berjalan dan membuat hp jadi lemot dan panas.