-->

7 Tips Menjadi Mahasiswa Agar Selalu Bersemangat Kuliah

 7 Tips Menjadi Mahasiswa Agar Selalu Bersemangat Kuliah

Sejak Pemerintah menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang artinya berbagai kegiatan harus dibatasi pergerakannya, banyak masyarakat yang harus mulai membiasakan diri untuk berada di dalam rumah. Tidak terkecuali juga bagi para mahasiswa yang menjalani masa kuliahnya secara daring atau online.



Menempuh pendidikan Tinggi di bangku kuliah menjadi impian banyak orang, maklum saja karena dengan kuliah akan lebih memberikan peluang banyak bagi seseorang untuk bisa menjadi sukses kepedapannya. Memang kuliah tidak menjamin seseorang akan sukses akan tetapi  dengan mengeyam pendidikan di bangku kuliah akan menjadi wadah dalam menempah seseorang menjadi pribadi yang berkompeten dalam bidangnya.


Kebiasaan baru ini tentu harus mampu diadaptasi oleh mahasiswa. Karena jika tidak, maka hanya rasa malas yang akan menan. Itu dipastikan akan berakibat fatal, dimana tidak menutup kemungkinan banyak mata kuliah yang terpaksa mengulang di semester berikutnya. Tentu kamu tidak ingin hal itu terjadi bukan?, Nah, untuk membantu kamu para mahasiswa agar tetap merasa semangat menjalani masa kuliah selama pandemi corona saat ini, berikut ini saya akan membagikan sebuah informasi tentang 7 tips menjadi mahasiswa agar selalu bersemangat kuliah.

1. Ingat Dengan Orang Yang Ingin Anda Bahagiakan

Salah satu kebahagian terbesar dari seorang mahasiswa adalah ketika anda mampu membuat bangga orang - orang yang dia sayangi. Orang yang anda sayangi bisa menjadi alasan kenapa anda harus terus berjuang dalam perkuliahan.


Alangkah bahagianya jika anda mampu sukses dan membagi kesuksesan dengan orang yang anda sayangi. Orang tua, calon pendamping hidup atau siapapun yang penting dalam hidup anda adalah sosok-sosok yang mesti anda buat bahagia, maka dari itu jangan biarkan semangat anda kendor dalam menempuh pendidikan kuliah.

2. Jangan Takut Persaingan Sesama Teman

Kamu tidak perlu menjinakkan semangat kompetitifmu. Bahkan, hal ini sebenarnya dapat membantumu menjadi seorang mahasiswa yang lebih rajin dan senang saat melakukan pekerjaan rumah dan membuat prestasi yang lebih baik,daripada mahasiswa lainnya di kelas. Menjadi kompetitif bukan berarti kamu harus menjadi teman sekelas yang tidak disukai mahasiswa lain.


Kamu dapat bergabung dengan satu atau dua teman dan menginspirasi satu sama lain untuk berbuat lebih baik dalam semua mata pelajaran. Persaingan yang sehat dapat menjadi motivasi yang sangat inspiratif, jika kamu tahu bagaimana mendekatinya.

3. Melaksanakan Kegiatan Bersama Keluarga Atau Teman Untuk Berlibur

Banyaknya tugas dari dosen,ujian, biaya untuk kuliah yang sangat mahal bisa menjadi pemicu anda menjadi kurang semangat dalam kuliah. Sesekali anda bisa berlibur untuk melepaskan semua hiru pikuk dan kepenatan terkait perkuliahan.


Dan pada dasarnya setiap pekerjaan/profesi pasti akan membuat seseorang merasa jenuh, tinggal anda bersikap bijak dalam menyikapi kejenuhan tersebut. Berlibur ada salah satu solusi yang cukup efektif untuk membuat pikiran anda kembali fresh.

4. Jadilah Ahli Disalah Satu Bidang Yang Kamu Minati

Tidak ada mahasiswa yang benar-benar suka dengan semua mata kuliah tersebut. Pastinya setiap orang lebih unggul dalam beberapa bidang. Yang perlu kamu lakukan adalah fokus sedikit lebih banyak pada bidang yang sangat kamu sukai, dan bersikap serius untuk mempelajarinya lebih lanjut. Mungkin kamu bisa memulai sebuah menguasai skill keterampilan anda yang terkait dengan bidang yang kamu sukai atau gemari dan menjadi ahli dalam bidang tersebut, Lakukan penelitian lebih mendalam, jadilah lebih terlibat dan nikmati bidang yang kamu minati.


Namun, hal ini tidak harus membuatmu mengabaikan pekerjaan rumah lain yang kamu miliki; pada kenyataannya, justru pekerjaan rumah yang tidak kamu minati akan membantumu menjadi lebih toleran terhadap topik yang tidak terlalu menarik 

5. Jangan Suka Menunda Pekerjaan Yang Diberikan Oleh Dosen

Untuk motivasi diri selanjutnya hindarilah kebiasaan suka menunda-nunda pekerjaan. Karena jika kamu suka menunda pekerjaan, maka malah akan membuat pekerjaan lain semakin menumpuk. Jika sudah seperti itu, pasti produktivitas akan ikut terhambat.


Dan akan membuat pekerjaan lain terbengkalai hingga kamu bingung mau mengerjakan tugas yang mana dahulu. Sebisa mungkin kamu harus menghindari kebiasaan tidak baik seperti ini. 

6. Manfaatkan Waktu Dengan Sebaik Mungkin

Mulai dari sekarang anda manfaatkan waktumu sebaik mungkin. Karena semakin kesini semester semakin naik, mata kuliah akan bertambah sulit juga, dan kesibukan kampus semakin bertambah.


Maka dari itu sekarang bukan untuk main-main. Jangan menunda-nunda lagi pekerjaan dan waktunya kamu merubah kebiasaan buruk itu. Bukannya tidak boleh bersantai, namun kamu harus tahu mana yang harus kamu prioritasin mana yang lebih penting terlebih dahulu.

7. Mengingat Kembali Tujuan Kamu Kuliah Untuk Apa

Untuk berkuliah memang bukanlah kegiatan yang sangat mudah. Pasti banyak kesulitan dan hambatan yang akan ditemui. Tak jarang hambatan ini yang membuatmu ingin berhenti. Ibarat kata orang “sudah gagal sebelum berperang”. Jika sudah seperti ini, maka kamu harus mengingat kembali tujuan awal kamu berkuliah.


Mungkin pernyataan ini terdengar sangat biasa untukmu. Tapi ini merupakan cara yang ampuh. Dengan mengingat-ingat kembali tujuan awal kuliah, maka semangat dan motivasi diri akan meningkat, Coba ingat lagi bagaimana perjuanganmu dulu untuk bisa sampai sekarang. Tentu kamu tidak ingin bukan, jika usaha dan perjuanganmu selama ini tidak membuahkan hasil sama sekali dan terkesan sia-sia? Karena setiap orang pasti memiliki impian terbesar mereka untuk sendiri-sendiri.

Dan kuliah ini mungkin adalah salah satu jalan yang kamu tempuh untuk meraih mimpi masa depan yang sangat cerah. Oleh karena itu anda harus  selalu tetap semangat kuliah apapun yang terjadi resikonya.