-->

11 Cara Agar Sukses Mengatur Keuangan Untuk Menabung

11 Cara Agar Sukses Mengatur Keuangan Untuk Menabung

Untuk Mengatur dan mengelola keuangan sering kali menjadi tantangan bagi sebagian orang. Padahal, literasi finansial merupakan bekal dalam menjalani kehidupan yang kadang tidak dapat terduga ini, seperti perubahan kebijakan atau pada saat pandemi saat ini.



Kita mungkin dapat memiliki gaya hidup sehat untuk mencegah penyakit, namun, peluang untuk sakit tetap ada dan berpotensi untuk mengubah kondisi dan kebutuhan finansial. Literasi finansial diperlukan untuk membantu kita dalam mengelola keuangan dan membuat keputusan yang cerdas ketika dihadapkan dengan urusan finansial kita.


Padahal, penting bagi setiap orang untuk menabung dan menjadikannya sebagai kebiasaan yang bermanfaat bagi masa depan.


Agar menabung anda menjadi praktis dan mudah, sesungguhnya menabung bisa dilakukan di mana saja termasuk di rumah ataupun bisa ditabung di bank. Namun, karena masih banyak yang belum mengerti caranya, Maka dari itu saya akan membahas sebuah informasi tentang 11 Cara Agar Sukses Mengatur Keuangan untuk menabung

1. Tentukan Tujuan Finansial Masa Depan Anda


Ciptakanlah tujuan finansial untuk membantu termotivasi dalam mengelola keuangan dengan sebaik-baiknya. Tujuan finansial dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuanmu dalam jangka waktu tertentu, misalnya untuk pernikahan atau pendidikan. Dengan memiliki tujuan finansial,  dapat dengan jelas menentukan jumlah dana dan jangka waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya.

2. Catat Keuangan Finansial Anda Seluruh Pengeluaran Dan Pemasukan




Luangkan waktu sejenak untuk melacak seluruh pemasukan maupun pengeluaran dalam jangka waktu tertentu. Mungkin hal ini menjadi hal yang cukup merepotkan, tapi ini merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran, akan mendapatkan gambaran dari kemampuan finansial. Hal ini membuatmu dapat jauh lebih mudah untuk mengarahkan uang yang dimiliki. Buatlah presentase pemasukan dan pengeluaran tiap bulannya dengan memprioritaskan hal yang dibutuhkan

3. Sesuaikan Gaya Hidup Anda Untuk Selalu Berhemat

Setelah mengetahui kemampuan finansial, perlu menciptakan gaya hidup yang juga sesuai dengan kemampuan tersebut. Sebaiknya menyesuaikan gaya hidup dengan tidak berlebihan dan tidak memaksakan diri.



Ambil tiap keputusan keuangan dengan bijak dan fokus pada kebutuhan dan tidak hanya pada keinginan yang bisa menjadi sifat konsumtif. Intinya, apa pun yang dilakukan, pastikan sanggup dan tidak terjebak utang.

4. Tinggal Di Rumah Lebih Hemat Keuangan



Pesanan tinggal di rumah terkait pandemi Covid-19 dan peningkatan terkait jumlah orang yang bekerja dari rumah telah mengakibatkan banyak biaya yang tidak perlu lagi dibayar. Misalnya, jika Anda tidak lagi membayar biaya perjalanan atau untuk makan di luar atau untuk liburan luar negeri tahunan.

5. Biasakan Beradaptasi Dengan Gaji Terpotong

Jika Anda secara teratur mendapatkan pengembalian pajak, itu lebih baik daripada berhutang. Tetapi itu juga berarti Anda memiliki terlalu banyak gaji yang dipotong dari gaji untuk menutupi beban pajak Anda.



Anda dapat meningkatkan arus kas dengan menyesuaikan pemotongan pajak untuk memastikan bahwa Anda tidak mengambil lebih banyak dari setiap cek untuk pajak daripada yang diperlukan

6. Tidak Perlu Beli Gadget Terbaru Jika, Tidak Terlalu Penting



Membeli smartphone atau gadget elektronik terbaru mungkin memberi Anda hak untuk menyombongkan diri, tetapi juga akan merusak dompet Anda, Sebuah ponsel atau komputer dua atau tiga model lebih tua dari versi terbaru bisa 70% lebih murah dan masih upgrade besar dari apa yang Anda miliki.

7. Prioritaskan Pembayaran Utang Anda

Satu-satunya cara untuk menurunkan hutang adalah dengan melunasi hutang yang ada. "Kembangkan rencana untuk membayar hutang, Memulihkan kembali utang kartu kredit dengan suku bunga setinggi langit harus menjadi bagian atas daftar tugas Anda. 



Setelah ini lunas, turun tangga ke utang paling mahal berikutnya. Adapun, strategi lainnya adalah melunasi utang terkecil Anda terlebih dahulu, sehingga Anda merasa telah berhasil dan lebih termotivasi untuk melunasi hutang lainnya.

8. Mulai Lakukan Pekerjaan Sampingan Untuk Ditabung Penghasilan Nya

Salah satu cara untuk mengurangi utang adalah menghasilkan lebih banyak uang dan menggunakan uang tunai ekstra untuk melunasi tagihan-tagihan yang mengganggu itu. Cara itu dianggap sebagai pilihan jitu resolusi atur uang di tahun 2021.



2021 bisa menjadi tahun untuk mulai mengembangkan bisnis sampingan. Diversifikasi adalah kata kunci dalam lingkaran keuangan. Menciptakan diversifikasi pendapatan adalah bentuk lain dari diversifikasi," tambahnya.

9. Mulailah Menabung Sekarang

Mulailah menabung dari sekarang,kalian, setidaknya sisihkan penghasilan sedikit untuk masa pensiun. Ini memang terdengar mudah, namun kadang sulit dilakukan jika tidak dengan niat yang kuat.



Faktanya Kalian harus menargetkan untuk memiliki sekitar satu tahun gaji yang dihemat pada saat kalian berusia 30 – 40 tahun. Jika kalian mulai menabung dari sekarang, kalian tidak akan keteteran untuk mengejar ketertinggalan di kemudian hari.




Dan akan lebih baik jika anda bekerja di perusahaan yang menawarkan dana pensiun. Mulailah dari sekarang untuk ditabung.

10. Mulailah Menabung Dengan Uang Receh





Mulailah dengan hal yang sederhana. Tak ada salahnya mengumpulkan recehan yang terselip di kantong baju, bukan? Tabung saja uang kembalian pada toples atau celengan. Jika tabungan sudah penuh, silakan menukarkannya dengan uang kertas.

11. Tetap Terus Konsisten Menabung



Mulailah menabung dengan melakukannya secara berkelanjutan dan jadikan menabung menjadi suatu kebiasaan. Anda mungkin akan terkejut dengan jumlah tabungan yang terkumpul di masa depan.