-->

10 Peluang Usaha Di Bulan Ramadhan 2021, Yang Menguntungkan

10 Peluang Usaha di Bulan Ramadhan 2021 yang Menguntungkan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang suci dan penuh berkah. Dimana pada bulan ini semua umat muslim di Indonesia menjalankan ibadah Puasa Ramadhan. Yah ibadah Puasa Ramadhan ini sangat wajib untuk dilakukan oleh semua umat muslim diseluruh Dunia.

Di Indonesia, bulan Ramadhan memiliki ciri khasnya tersendiri. Dimana pada bulan Ramadhan ini, masyarakat banyak yang membuat usaha kuliner dan usaha dadakan untuk bulan Ramadhan saja. Buat anda yang ingin membuka usaha pada bulan Ramadhan ini, maka peluang usaha di Bulan Ramadhan ini sangat cocok untuk dibaca.


Bulan Ramadhan mempunyai banyak sekali keistimewaan dibandingkan dengan bulan-bulan yang lainnya. Jadi dapat dikatakan seperti kata pepatah yaitu sambil menyelam minum air, atau sambil melakukan ibadah puasa Anda dapat sekalian mencari rezeki yang bisa untuk menambah penghasilan. Kemudian untuk Anda yang mempunyai profesi pegawai negeri maupun karyawan kantor, tidak perlu merasa khawatir karena Anda pun bisa mengikutinya.

Hal ini dikarenakan kebanyakan transaksi jual beli di bulan Ramadhan dilakukan ketika akan memasuki waktu berbuka puasa serta malam hari. Dengan begitu, peluang Anda untuk ikut berpartisipasi membuka usaha pada bulan Ramadhan tidak akan mendapatkan kendala karena pekerjaan yang dimiliki.

1. Berjualan Buah - Buahan

Selain takjil dan kue kering, dagangan yang laris terjual di bulan puasa adalah buah-buahan. Pada umumnya, buah-buahan dijadikan sebagai makanan pencuci mulut saat berbuka puasa tiba. Buah bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit setelah  menjalani ibadah puasa seharian.


Ada banyak jenis buah yang laris terjual di bulan puasaa termasuk pisang, semangka, apel, jeruk, rambutan, pepaya, pir, kolang kaling, buah naga dan buah kelapa.

Bejualan aneka macam buah-buahan khususnya di bulan puasa menjadi ide usaha yang sangat menjanjikan.

2. Membuka Usaha Salon atau Potong Rambut

Membuka usaha salon atau potong rambut di bulan Ramadhan juga sangat ramai. Baik yang pria ataupun wanita, mereka ingin memanfaatkan bulan puasa ini dengan melakukan ibadah yang maksimal mungkin. Seperti bersih-bersih rumah maupun pada dirinya sendiri, misalnya menggunting rambut, melakukan perawatan tubuh, serta menjaga kesehatan rambut. Dan puncaknya adalah ketika satu minggu sebelum lebaran. 


Jadi, Anda yang mempunyai kemampuan serta pengalaman lebih di dunia potong rambut atau pernah bekerja di salon kecantikan, bisa memanfaatkan momen ini untuk membuka usaha salon atau potong rambut. 

3. Membuka Jualan Minuman Segar

Peluang usaha selanjutnya yang dapat Anda jalankan selama bulan Ramadhan yaitu dengan menjual aneka minuman segar. Karena kebanyakan orang akan mencari minuman untuk berbuka.


Anda bisa menjual es teh manis, sop buah, es buah, es cendol, es kelapa muda,es tape, jus buah, es kacang hijau, es kacang merah, es tebu, dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua minuman tersebut tidak membutuhkan modal yang besar, namun keuntungan yang di dapat bisa sangat besar.

4. Mencoba Jualan Masker Kain

Masker adalah kebutuhan prioritas di masa pandemi. Setelah di sosialisasikan pemerintah terkait anjuran mempergunakan masker kain bagi masyarakat umum, masker kain kini banyak di cari.


Bulan Ramadhan tahun 2021 ini memang agak berbeda karena corona, maka usaha berjualan masker juga akan tetap ramai saat bulan Ramadhan.

Ini bisa menjadi peluang usaha bagi Anda karena pembuatan masker kain bisa di lakukan dirumah dan bahan-bahannya pun mudah di cari. Untuk proses pembuatan masker kain yang disarankan badan kesehatan bisa dilihat melalui halaman website youtube.

5. Membuka Usaha Katering Sahur dan Waktu Buka Puasa

Sebagian orang saat berpuasa terkadang sibuk, sehingga tidak sempat untuk memasak masakan sendiri untuk berbuka dan sahur, Nah, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka usaha catering.

Terutama bagi Anda yang berada di lokasi komplek perumahan, perkantoran atau wilayah padat penduduk, Tentu saja usaha catering saat bulan puasa ini lumayan menjanjikan

Modal yang dapat Anda keluarkan untuk membuka usaha catering bulan puasa sangat bervariasi, tergantung dari jenis menu masakan yang akan Anda buat.

Pastikan masakan yang Anda buat enak dan terbuat dari  bahan berkualitas, sehingga usaha Anda bisa terkenal dan mendapatkan pelanggan yang banyak.

Selain itu, utamakan pula dalam memberikan pelayanan yang baik agar konsumen Anda merasakan nyaman.

Meskipun para ibu biasanya malas ketika pertengahan puasa, namun tidak ada salahnya Anda memulai usaha ini pada awal puasa. Karena masih banyak anak kos dan para pekerja kantoran yang sibuk dengan pekerjaan mereka dan tidak bisa meluangkan waktunya untuk memasak. Yang terpenting adalah Anda harus menggunakan bahan bak berkualitas serta tetapkan harga terjangkau yang sesuai dengan semua kalangan.

6. Menjual Perlengkapan Ibadah

Selain menjual busana atau pakaian muslim, Anda juga dapat menjual perlengkapan ibadah seperti mukena, sarung, sajdah, tasbih, Al-Quran, dan lain sebagainya.


Kebanyakan dari mereka yang pria maupun yang wanita akan membeli perlengkapan ini sekali atau dua kali dalam waktu satu tahun Sekali. Dan ketika momen bulan puasa ini mereka biasanya akan membelinya kembali. Kemudian, berkah di bulan puasa akan membuat orang banyak melakukan ibadah yang lebih dari biasanya.

Hal tersebut tentu saja menjadikan tingkat penjualan untuk perlengkapan ibadah akan meningkat selama bulan Ramadhan.

7. Menjual Busana Muslim

Kebiasaan dan tradisi lainnya menjelang lebaran adalah orang selalu ingin memiliki pakaian baru dan perlengkapan ibadah  yang baru.

Ini juga kesempatan yang tepat untuk memulai bisnis dengan menjual busana muslim dan keperluan beribadah lainnya. Busana Muslim dan perlengkapan shalat yang bagus sangat dicari pada masa menjelang lebaran, terutama oleh para ibu yang ingin dirinya dan keluarga tampil lebih fresh dengan penampilan baru.


Memulai bisnis ini bisa dibilang membutuhkan modal yang cukup besar, namun anda jangan khawatir karena masih banyak sistem berjualan yang bisa dilakukan dengan tanpa modal dan minim resiko.

Salah satu cara paling mudah yaitu dengan cara sistem dropship atau bayar yang laku jika anda bisa mengunjungi toko grosir ataupun supplier baju muslim di kota anda.

Memliki akun sosial media, maka ini kesempatan anda untuk bisa mendapatkan uang dari facebook, instagram dan lain sebagainya dengan cara bisnis dropship busana muslim.

8. Berjualan Es Batu Kemasan

Semua orang mungkin sudah punya kulkas tapi tidak semua orang tahu cara membuat es batu dalam kemasan


Berjualan es batu merupakan salah satu ide usaha rumahan yang juga menjadi salah satu dagangan yang cukup laris terjual khususnya di bulan puasa sebagai penghilang dahaga saat waktu berbuka puasa tiba. Tak hanya itu, es batu juga kerap kali digunakan sebagai pelengkap untuk membuat es kelapa sendiri dirumahan.

9. Mencoba Jualan Kurma

Saat waktu berbuka puasa tiba, tak lengkap rasaanya jika tidak mencicipi buah kurma. Buah yang berasal dari negeri arab ini termasuk dagangan paling laris di bulan puasa karena menjadi makanan pembuka favorit saat waktu berbuka puasa.


Oleh sebab itu, menjual kurma merupakan satu ide usaha yang menguntungkan dan perlu Anda coba pada bulan suci ramadhan.

10. Menjual Kue Lebaran Dan Parsel

Jika anda ahli membuat kue basah dan kue kering. Maka usaha menjual kue lebaran ini cocok sekali untuk dicoba. Anda bisa menjual atau menerima orderan membuat kue favorit lebaran seperti nastar, ataupun kue putri salju.


Peluang usaha di bulan Ramadhan ini cocok sekali untuk anda coba. Dimana anda bisa membuka usaha membuat dan menjual parsel lebaran. Usahakan anda harus selalu kreatif dan inovatif dalam menjalankan usaha parsel ini.