-->

10 Dampak Negatif Dari Media Sosial

Media sosial bukan lagi menjadi sesuatu yang sempit di era jaman digital saat ini yang digadang-gadang era millenial ini. Sosial media layaknya sudah menjadi sesuatu kehidupan yang harus dimiliki setiap orang. Dengan adanya sosial media tersebut masyarakat akan semakin dimudahkan dalam berbagai aktivitasnya terutama aktivitas dalam menjalin komunikasi.


Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, begitu juga bila Anda terlalu lama mengecek media sosial. Berjam-jam melihat Instagram Stories atau rebahan sambil scrolling social media bisa memengaruhi kesehatan Anda.

Penggunaan media sosial secara berlebihan bisa membuat rasa percaya diri hingga membuat kualitas tidur menurun. Berikut ini saya akan membahas tentang 10 dampak negative dari media sosial yang tanpa Anda sadari.

1. Cyberbullying

Dampak negatif media sosial lainnya adalah meningkatkan cyberbullying. Cyberbullying adalah bullying yang dilakukan melalui media sosial, teks, dan perantara teknologi lainnya.


Adanya media sosial tentunya sangat memudahkan kemunculan cyberbullying yang berpeluang membuat korbannya mengalami gangguan kecemasan, depresi, dan memiliki pemikiran untuk bunuh diri.

2. Menurunnya Tingkat Kesehatan

Sehat itu mahal, dan percayakah anda jika sosial media ternyata memiliki pengaruh terhadap kesehatan kita? Mau tidak mau anda harus percaya karena dampak ini telah terbukti benar setelah dilakukan oleh banyak peneliti di dunia.


Jika anda sudah terlalu asyik memainkan sosial media maka mata anda akan selalu terpaku kepada layar smartphone yang tentu akan mengganggu kesehatan mata anda.

3. Maraknya Informasi Kebohongan

Sebarkan, sebarkan, sebarkan!, Kata-kata tersebut acap kali kita lihat di sosial-sosial media seperti facebook, whatsapp, dan lain-lain. Bagi seseorang yang belum memiliki pemikiran kritis tentu dengan mudahnya percaya dengan informasi yang belum jelas kebenarannya sehingga kemudian pesan berantai tersebut beredar dimana-mana. Informasi-informasi yang berupa kebohongan ini sering kali kita menyebutnya dengan hoax.


Yang menakjubkan beberapa kali kabar hoax bisa menjadi viral karena banyaknya seseorang yang menerima kemudian menyebarkannnya.

4. Menimbulkan Depresi Dan Kecemasan

Tidak cuma membuat seseorang jadi tidak merasa bahagia, penggunaan media sosial secara berlebihan juga bisa membuat rasa cemas dan depresi.


Survei yang dilakukan pada 1.000 generasi Z pada 2018 menemukan bahwa sekitar 41 persen partisipan merasa media sosial membuat mereka sedih, cemas, dan depresi.

5. Bocornya Informasi Penting Personal

Sah-sah saja memperlihatkan momen-momen menyenangkan bersama dengan orang-orang sekitar melalui media sosial. Namun, tidak semua informasi perlu diberitahukan kepada orang lain.


Dampak negatif media sosial terkadang terjadi akibat kurangnya pembatasan informasi dari pemakainya, seperti mengunggah nama sekolah, tempat tinggal, nomor telepon, dan sebagainya yang berpotensi disalahgunakan oleh pihak lain.

6. Memungkinkan Menjadi Seorang Yang Individualis

Inilah hal yang sering kita lihat di sekeliling kita, karena sudah banyak kita temui orang-orang yang asyik sendiri dengan gadgetnya.


Jika seseorang terlalu menikmati dengan adanya sosial media ini maka sifat individualis lambat laun akan muncul. Sehingga  seseorang ini lebih menikmati keberadaannya sendiri sekalipun ketika bertemu dengan banyak orang. 

7. Menghambat Mimpi Dan Cita - Cita


Ketika produktivitas-produktivitas seseorang mulai menurun maka hal-hal yang seharusnya dilakukan untuk mencapai tujuan kita akan terhambat dikarenakan seseorang tersebut telah berada di zona nyaman yang membuat enggan bergerak sehingga mengakibatkan lupa bahwasannya seseorang tersebut mempunyai mimpi yang harus dikejar.

8. Privasi Kehidupan Lebih Diketahui Orang Banyak


Mungkin hal ini tidak berlaku bagi seseorang yang kurang suka mengumbar privasinya di sosial media. Namun ketika ada seseorang yang terlalu gemar menunjukkan kehidupan bahkan privasinya tentu hal tersebut menjadi kurang baik atau bisa dianggap spam. Terlebih ketika hal tersebut diketahui seseorang yang memiliki niat jahat.

9. Mudahnya Seseorang Meluapkan Perasaannya

Menggunakan Sosial media memang merupakan hak bagi semua orang, salah satunya untuk berbagi cerita mengenai apa yang telah dirasakan seseorang tersebut. Tapi mungkin anda sering melihat tentang komentar-komentar negatif yang diberikan dengan menggunakan kata-kata kasar dan tidak sewajarnya.


Dengan sosial media seseorang dengan mudahnya memberi komentar kepada orang lain, sekalipun tidak saling mengenal. Namun komentar dengan bentuk yang kurang baik tentunya bisa membuat orang lain yang membacanya bisa merasa sakit hati.

10. Menimbulkan Sikap Acuh Terhadap Orang - Orang Disekeliling Kita


Dari dampak individualis penggunaan sosial media juga menjadikan seseorang lemah dalam bersimpati bahkan berempati terhadap keadaan sekelilingnya karena perhatiannya akan selalu tertuju pada layar smartphonenya. Hal ini banyak kita temukan di tempat-tempat umum. Misalnya saat di kendaraan umum.

Semoga informasi yang saya sampaikan bermanfaat untuk anda para pembaca artikel ini, dan mohon maaf jika terdapat kekurangan dalam hal materi kurang berkenan,mohon dimaklumi ya, terima kasih.