-->

8 Cara Mengatasi Smartphone Android Menjadi Lambat Atau Lag

8 Cara Mengatasi Smartphone Android Menjadi Lambat atau Lag

Semakin lama handphone yang kita gunakan, smatphone Android kesayangan kita lama -lama terasa semakin lemot?, Jika dibandingkan ketika pertama kali membelinya cukup terasa nyaman, kini mulai terasa terjadi penurunan performa dan kendala yang menjadi penyebab smartphone Android lemot.


Nah, bagi kalian yang mempunyai masalah dengan smartphone android anda menjadi lemot, berikut ini saya akan membahas informasi tentang 8 Cara Mengatasi Smartphone Android Menjadi Lambat atau Lag.

1. Bersihkan Cache Secara Rutin

Cache adalah tempat untuk menyimpan data sementara dari aplikasi yang sedang atau pernah kamu gunakan. Dengan fungsi tersebut, kamu dapat dengan mudah membuka aplikasi yang sebelumnya digunakan.


Cache adalah penyimpanan sementara data pada aplikasi yang membantu mengurangi proses loading saat aplikasi dibuka kembali.Chace bisa dibersihkan lewat masuk ke Pengaturan HP, klik Pengaturan Aplikasi, lalu Bersihkan Data atau Cache Data.


Waktu yang tepat untuk membersihkan cache adalah saat HP Android tidak terpakai lagi (misalnya sesaat sebelum kamu tidur atau tidak ada kegiatan lain)

2. Selalu Update Software OS Android

Apabila kamu menerima notifikasi untuk memperbaharui software, kamu bisa langsung lakukan update sesuai instruksi. Biasanya pembaharuan dari sistem operasi dapat meningkatkan kinerja smartphone secara signifikan. Singkatnya, masalah yang dibawa dari sistem sebelumnya dapat diatasi lebih baik.


Namun, lagi-lagi kamu harus perhatikan kapasitas memori internal kalian ya. HP Android lemot dapat terjadi karena sistem operasi ter-update tidak sanggup dipenuhi oleh memori internal kamu. Selain itu, perhatikan pula untuk selalu update aplikasi yang sering kamu gunakan agar kinerja smartphone tidak menurun akibat penggunaan aplikasi lama.

3. Hapus Aplikasi yang Jarang Kamu Pakai

Menyortir aplikasi juga perlu kamu lakukan sebagai cara mengatasi HP Android yang lemot. Terkadang, kita terlalu banyak menggunakan aplikasi tanpa disadari. Padahal, aplikasi itu jarang digunakan.


Semakin banyak aplikasi yang muncul di Play Store, semakin tinggi pula rasa ingin tahu kamu untuk memasangnya di smartphone. Hati-hati, sikap impulsif memasang banyak aplikasi tanpa melihat kebutuhan dapat membuat HP Android lemot.

Oleh karena itu, tak ada salahnya mencopot atau uninstall aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan. Dengan begitu, memori HP Android akan memiliki sisa ruang penyimpanan yang lebih banyak.

4. Kurangi Penggunaan Widget Yang Tak Penting

Anda Pasti sering menggunakan widget pada smartphone memang terbukti dapat mempercantik tampilan ponsel pintar anda. Oleh sebab itu, widget menjadi hal yang cukup banyak disukai pengguna Android. Namun, siapa sangka penggunaan widget terlalu banyak dapat membuat HP Android lemot.



Widget-widget yang kamu pakai dapat menyita konsumsi RAM cukup lumayan besar sehingga kinerja smartphone melambat alias menimbulkan HP Android lemot. Oleh sebab itu, pastikan widget yang kamu pakai hanya yang penting saja.

5. Kembali Ke Pengaturan Pabrik (Factory Data Reset)



Menggunakan fitur factory reset untuk mengatasi HP Android lemot. Meski smartphone kamu sedang tidak bermasalah, melakukan factory reset secara berkala ternyata penting juga. Rutinitas ini dapat membersihkan semua hal yang bertumpuk di HP Android kamu setelah sekian lama. Jadi, HP Android lemot pun tidak akan menjadi lemot lagi kalau kamu mencoba rutin jika diperlukan dalam keadaan smartpone anda dalam keadaan lag parah, melakukan factory reset, Pastikan untuk back up data terlebih dahulu ya sebelum melakukan factory reset!.

6. Hapus File - File Tidak Penting

Perhatikan kembali spesifikasi memori smartphone yang kamu pakai. Jangan hanya berpatok pada RAM semata ya, tetapi cek juga berapa memori internal yang masih tersisa, Kebanyakan HP Android lemot disebabkan oleh penggunanya yang kurang peka alias mengabaikan jumlah memori internal yang masih tersisa.



Sebelum HP Android menjadi lemot, hindari penyimpanan file-file berlebihan di memori internal. Kalau perlu, hapus file lama yang sudah bertahun-tahun tersimpan di memori internal.

 7. Penggunaan RAM Pada Smartphone Anda Penuh

RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara (memori) serta berbagai instruksi program dan hanya bekerja saat perangkat tersebut hidup atau beroperasi. Hal ini dimaksudkan bahwa, saat perangkat elektronik yang dijalankan oleh suatu aplikasi program akan menggunakan RAM untuk menempatkan data sementara.



Kapasitas RAM di dalam suatu perangkat sangat berpengaruh pada tingkat kecepatan proses data di perangkat tersebut. Ketika RAM penuh, Android bisa jadi lebih lemot. RAM yang penuh bisa disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang terbuka, penggunaan widget, dan kegiatan lainnya yang membuat RAM terus terpakai.

8. Terlalu Banyak Aplikasi Yang Dijalankan



Terlalu banyak menjalankan aplikasi sekaligus dapat menyebabkan HP Anda menjadi lemot. Kebiasaan ini membuat HP harus bekerja lebih keras sehingga tidak heran jika performanya akan menurun. Untuk mengatasi hal ini, tutup aplikasi-aplikasi yang sedang tidak Anda gunakan.

Semoga Informasi yang saya sampaikan untuk anda bermanfaat, dan mohon maaf jika kalau ada kekurangan dalam penjelasan kurang lengkap, terima kasih.