-->

5 Manfaat Pembelajaran Secara Daring Bagi Pelajar Dan Mahasiswa

5 Manfaat Pembelajaran Secara Daring Bagi Pelajar Dan Mahasiswa

Di jaman era digital saat ini, telah membawa dampak yang cukup besar dalam kehidupan masyarakat. Masyarakat seolah-olah dipaksa untuk “bermigrasi” dari cara manual menjadi ke media digital dalam menjalani kehidupan mereka, salah satunya adalah dalam sektor pendidikan. Pembelajaran berbasis digital atau lebih dikenal dengan disebut e-learning semakin banyak dimanfaatkan oleh masyarakat.


Jika infrastrukturnya memadai, penerapan e-learning dapat menjadi suatu metode pembelajaran yang hemat sumber daya. Selain itu, penerapan e-learning juga dapat membangun rasa percaya diri dan kemandirian masyarakat.


Pandemi Covid-19 yang menerpa seluruh dunia saat ini, sedikit banyak telah memengaruhi cara manusia beraktivitas, Banyak kegiatan terpaksa di pusatkan di rumah mulai dari bekerja dari rumah hingga belajar dari rumah.


"Kami memahami bahwa banyak orang tua murid tersebut sangat khawatir untuk menyekolahkan anaknya di masa pandemi Covid-19, namun belajar melalui sistem online tetap menjadi solusi hal yang terbaik pada masa pandemi saat ini, Nah maka dari itu media cirebon takon akan membahas sebuah informasi pembahasa tentang 5 Manfaat Pembelajaran Secara Daring Bagi Pelajar Dan Mahasiswa yang harus anda ketahui?.

1. Meningkatkan Anak Minat Literasi Dengan Dunia Internet

Jaman Saat ini, kemampuan literasi internet seperti mengakses informasi, berkomunikasi, dan berkolaborasi sangat dibutuhkan di era digital ini untuk bisa belajar dan berhasil. Kemampuan ini tidak hanya penting dalam proses pembelajaran, tetapi juga dalam pekerjaan nantinya dan kehidupan secara general.



Tentunya kemampuan ini harus dilatih dengan pantauan dari orang tua, Maka itu, konten-konten yang dikonsumsi anak tetap harus dimonitor oleh orang tua.

2. Membantu Untuk Menjaga Perilaku Disiplin 


Sama halnya seperti bersekolah, belajar secara daring juga memberikan kesempatan bagi para siswa untuk menjaga perilaku baik melalui interaksi sosial dengan guru maupun teman-temannya. Selain itu, sistem ini juga dapat menjaga sikap bertanggung jawab ketika diminta mengerjakan tugas-tugas dari guru. Hal itu diharapkan dapat menghindari anak dari sikap malas dan acuh tak acuh selama pandemi panjang berlangsung.

3. Lebih Menghemat Waktu Dan Biaya



Dalam pembelajaran konvensional selama dua jam, misalnya, dibutuhkan waktu setidaknya 3 jam hingga kelas dimulai karena perpindahan ruang. Baik guru, siswa ataupun Mahasiswa harus sama-sama menempuh waktu perjalanan untuk mencapai kelas yang digunakan untuk belajar. Selain itu, ada biaya-biaya tambahan seperti pengadaan buku serta fotokopi materi dan sebagainya. Salah satu manfaat lainnya online learning adalah memangkas semua pengeluaran tersebut sehingga siswa dan guru hanya perlu terhubung dengan layar dan koneksi internet saja.

 4. Sebagai Sarana Alternatif Selama Social Distancing



Wabah virus Covid-19 membuat kita harus membatasi interaksi sosial untuk memutus rantai penyebarannya, termasuk proses belajar mengajar di kelas. Meski demikian, pendidikan tetap harus berlanjut salah satunya dengan memanfaatkan sistem online learning. Dengan sistem ini kamu dan gurumu tidak perlu bertemu namun proses belajar mengajar dapat terus berlanjut

5. Metode Belajar Lebih Praktis Dan Fleksibel



Manfaat online learning yang pertama adalah dari segi kepraktisan. Dengan menggunakan online learning, interaksi antara guru, siswa dan mahasiswa akan lebih praktis karena tidak harus menempuh perjalanan untuk bertemu. Selain itu, tidak ada ruang kelas sebagai tempat belajar formal. Proses belajar mengajar dapat berlangsung di mana pun selama kondusif dan dapat membantu untuk fokus. Selain itu, tidak diperlukan tambahan-tambahan seperti keharusan “berdandan rapi” atau “tampil formal” sehingga lebih fleksibel.

6. Lebih Bebas Untuk Mempelajari Mengeksplorasi Pengetahuan Diluar Materi Sekolah

Saat ini belajar online, pelajar atau mahasiswa bebas memilih topik apa yang ingin dia pelajari. Dengan memiliki kebebasan untuk memilih sendiri apa yang ingin ia pelajari, pelajar atau mahasiswa terdorong untuk belajar dengan sendirinya tanpa perlu dipaksa.


Pembelajaran online juga sangat mampu mendukung pembelajaran yang sudah didapat di sekolah sehingga anak mendapat lebih banyak ilmu. Misalnya di sekolah anak belajar bahwa langit itu biru dan awan itu putih. Tetapi, ia penasaran kenapa langit bisa berwarna biru. Lewat pembelajaran online, anak bisa menemukan jawaban tersebut. Dengan kata lain, metode belajar online juga bisa menumbuhkan rasa ingin tahu anak.

Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat, dan mohon maaf jika kalau ada kekurangan dalam hal pembahasan kurang lengkap, mohon dimaklumi ya, terima kasih.