-->

5 Cara Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak Atau Orang Dewasa

Mudahnya mengakses layanan internet membawa kita pada banyak perubahan, termasuk hadirnya sejumlah hiburan dan aktifitas lainnya yang berbasis online, Ada banyak aktifitas online yang kerap dilakukan di sela-sela kesibukan, salah satunya adalah bermain game online.Tak hanya sebatas anak muda saja, aktifitas yang satu ini disukai oleh hampir seluruh kalangan, mulai dari anak-anak, kalangan muda, bahkan hingga orangtua. Peminat game online ini terus meningkat setiap tahunnya, bahkan besar kemungkinan masih akan meningkat lebih tinggi di masa-masa yang akan datang.




Tidak ada salahnya bermain game, apalagi untuk menghilangkan kebosanan, Namun, ketika 
Anda sudah kecanduan, kesehatan fisik dan mental bisa dirugikan. Maka dari itu, kami akan membahas sebuah informasi tentang 5 Cara Mengatasi Kecanduan Game Online Pada anak atau orang dewasa.

1. Bersosialisasi dengan teman dan keluarga





Bermain game memang sangat seru, apalagi jika dlakukan bersama teman-teman. Namun ingatlah, bersosialisasi dengan kerabat dan keluarga di kehidupan nyata juga sama pentingnya, Bersosialisasi dan bersenda gurau bersama teman dan keluarga adalah cara mengatasi kecanduan game online yang ampuh. Untuk sementara waktu, Anda dapat membebaskan diri dari kecanduan game online untuk berinteraksi dengan orang-orang di kehidupan nyata.

2. Mengeksplor bakat di dunia nyata






Untuk menghindari kecanduan game online, Anda harus memulai gaya hidup baru untuk, mengeksplorasi bakat di dunia nyata.Misalnya, Anda suka memasak dan meracik makanan. Cobalah untuk mencari tahu resep dari dunia maya, kemudian mencoba memasaknya di rumah bersama keluarga, sambil mengasah kemampuan dan mengeksplor bakat!

Hal ini dilakukan untuk mencari kebiasaan atau gaya hidup baru yang Anda senangi supaya kemudian melepaskan diri dari belenggu game online.

3. Batasi penggunaan smartphone atau komputer, terutama di saat istirahat




Smartphone menjadi salah satu media yang paling banyak digunakan untuk mengakses permainan game, maka mulailah mengurangi aktifitas dengan perangkat yang satu ini. Batas penggunaan smartphone di dalam aktifitas harian, terutama di saat-saat jam istirahat yang pada umumnya selalu digunakan untuk mengakses permainan game.

4. Batasi pengeluaran uang untuk game




Membatasi pengeluaran Anda untuk membeli game setiap bulan juga akan membantu untuk 
membatasi kecanduan Anda pada game tersebut. Kurangi dana yang Anda gunakan untuk membeli game hingga ke batas minimal, sehingga jumlah game yang Anda beli pun berkurang.

5. Merencanakan kembali target impian hidup Anda




Mengetahui apa yang diinginkan untuk dicapai akan membuat Anda kembali mengingat semua 
impian yang diinginkan di masa depan. Mengingat kembali ambisi atau tujuan Anda dapat menjadi motivasi untuk berhenti dari kecanduan game yang tidak sehat dan melupakan cara – cara yang dapat dilakukan untuk menggapai impian hidup Anda, dan menyadari bahwa game membuat Anda menyia – nyiakan kehidupan yang berharga.