-->

5 Cara Belajar Yang Paling Efektif Dan Efisien

Menurut Saya Belajar Itu ialah salah satu aktivitas bagaimana orang mendalami Ilmu Pengetahuan perihal salah satu pelajaran apapun, entah itu pengetahuan dalam masalah alam, teknologi, budaya, sekolah, politik, sosial, ataupun yang lainya.

Bukan hanya pelajar sekolah atau mahasiswa saja yang diwajibkan agar belajar, tetapi seluruh kalangan harus supaya belajar. Sesuai kata orang jaman dulu kalau “Tidak ada kata terlambat untuk belajar”.



Supaya bisa mendapat gaya belajar secara benar dan juga baik, pasti ada kiat-kiat dan triknya. Dibawah ini merupakan sistem agar belajar kawan-kawan menjadi semakin efisien dan juga semakin bagus.

Belajar pagi para siswa hingga mahasiswa adalah sebuah kewajiban sebagaimana predikatnya sebagai pelajar. Pelajar yang baik tentunya harus belajar yang baik, belajar yang baik adalah belajar yang menghasilkan peningkatan pengetahuan, sikap dan atau keterampilannya, maka dari itu saya akan membahas sebuah informasi tentang 5 cara belajar yang paling efektif dan efisien yang harus anda pahami.

1. Buatlah Suasana Belajar Yang Nyaman


Yang perlu Anda lakukan pertama adalah bagaimana cara membangun suasana belajar yang nyaman. Ada banyak cara untuk membuat mood belajar itu muncul, diantara: Anda bisa belajar sambil mendengarkan musik, belajar di tempat-tempat yang nyaman misalnya di taman, dipinggir danau, atau diruangan ber-AC, suasana belajar yang nyaman yaitu tempat kawan-kawan belajar wangi dan bersih.

2. Harus Fokus Ketika Belajar


Jika kamu orang yang suka menunda-nunda ketika akan belajar seperti contohnya browsing melalui handphone, kamu harus rela untuk mematikan ataupun men-silent semua perangkat elektronik apapun yang dapat mengganggu waktu belajarmu. Kamu juga dapat pergi ke perpustakaan untuk belajar karena suasananya yang kondusif dan cenderung lebih sunyi.

3. Merangkum Materi Poin Pentingnya Saja

Paling tidak, kita menulis poin-poin penting yang sudah teman-teman hafal tadi. Karena daya ingat manusia tentu terdapat batasannya, Serta manusia tidak akan terlepas dari lupa.


Jadi, jika teman-teman lupa tantang apa yang teman-teman baca serta pahami sebelumnya, teman-teman masih bisa melihatnya lagi tidak perlu membaca ulang buku, koran, majalah, artikel atau media sebelumnya.

4. Belajar Kelompok Dan Saling Berbagi Ilmu Serta Informasi

Dengan belajar secara kelompok akan memudahkan teman-teman dalam mengatasi pertanyaan apabila terjadi suatu kendala pada saat belajar. Misal jikalau kawan-kawan tidak dapat memahami sesuatu bisa langsung tanya kepada teman kelompok kita.



Belajar secara kelompok juga meringankan kawan-kawan dalam berbagi ilmu dan informasi. Dengan bertukar ilmu dan juga informasi bisa meningkatkan pengetahuan yang kawan-kawan punya.

5. Belajar Harus Mengerti Materi Bukan Menghafalnya


Hal yg paling sering dilakukan oleh siswa atapun mahasiswa ketika ingin menghadapi ujian adalah menghafal. Sebenarnya tidak salah cuman kurang efektif. Untuk lebih efektifnya adalah mengerti teorinya maka dengan sendiri akan kita ingat ketika ujian. Kalau Anda masih dalam metode belajar dengan menghafal, sangat disarankan untuk pindah ke metode mengerti materi.