-->

12 Tips Supaya Agar Rajin Menulis Artikel Di Blog

12 Tips Supaya Agar Rajin Menulis Artikel Di Blog

Menjadi seorang blogger professional saat ini tidak hanya sekadar hobi, namun bisa juga dijadikan sebagai pekerjaan utama. Bagi Anda yang suka hal dalam menulis hal-hal terkait mereview teknologi misalnya, passion tersebut kini bisa Anda salurkan dalam bentuk konten berita, review, atau teaser yang mengupas tentang kehadiran informasi masa kini terbaru.


Dengan cara tersebut, selain tulisan Anda bakal banyak dicari oleh para peminat teknologi, nantinya tulisan Anda juga berpotensi untuk dimuat di media massa atau bahkan diberikan endorsment berupa barang dan uang dari perusahaan tersebut.

Namun, sayangnya menjadi seorang blogger professional yang tetap produktif, kreatif dalam menulis itu tidaklah mudah terutama bagi para blogger pemula yang sehari-hari masih bergelut dengan urusan pekerjaan utama mereka.


Kalau Anda tidak punya cukup keberanian untuk berjuang melakukannya, sebaiknya Anda melupakan apapun impian Anda berhubungan dengan blog atau membuat media masa.

Maka dari itu Kunci dari sebuah kesuksesan adalah disiplin dan bekerja keras. Tak beda jauh dengan bidang penulisan. Jika anda disiplin dalam mengatur waktu tentu anda akan dapat menulis artikel secara rajin dan konsisten, hari ini cirebon takon akan membahas sebuah informasi tentang 12 Tips Supaya Agar Rajin Menulis Artikel Di Blog.

1. Jadikan Kegiatan Menulis Sebagai Hobi 

Mungkin ini adalah permasalahan yang paling umum yang di alami oleh seorang blogger pemula. Terkadang kebanyakan orang yang ingin jadi blogger, hanya karena tergiur dengan pendapatan yang dihasilkan oleh sebuah blog. Kalau bahasa sehari-harinya, cuma ikut-ikutan saja. Disaat melihat orang bisa menghasilkan uang dari blog, maka membuat kita juga pingin seperti orang tersebut.

Memang tak ada yang salah dalam hal ini. Tapi permasalahannya muncul ketika seorang blogger hanya memikirkan pendapatan, tanpa memperbaiki kualitas dari blognya sendiri tersebut.



Mungkin yang menjadi salah satu penyebab lahirnya istilah ‘klik bait’ dimana pengelola blog membuat judul artikel yang memancing banyak orang untuk membaca blognya, padahal isi artikelnya sampah atau tak sesuai dengan judul yang diberikan.

Jika kamu menyadarinya, tujuan utama admin blog melakukan seperti itu ialah karena untuk mendapatkan keuntungan pribadi saja. Maka jangan heran, semakin banyak blogger yang hanya memikirkan penghasilkan, maka semakin banyak pula penyebaran berita hoax yang bertebaran, tanpa melakukan cek sumber materi yang dibahas nya.

Oleh sebab itu saya mengajak untuk, jadikanlah menulis blog sebagai hobi semata. Percayalah, terkadang seseorang yang sukses itu karena menekuni pekerjaan yang mereka sukai. Bila anda rajin menulis nanti nya blog Anda akan memperoleh menghasilkan, maka itu bonusnya.

2. Cuma Melihat Contoh Orang Yang Sukses Karena Menulis, Tapi Tidak Dipraktekkan

Kita bisa mencari resep formula atau penyemangat menulis dengan melihat orang orang yang sukses karena menulis. Dengan begitu kita jadi punya panutan dan juga bisa mengembalikan mood kita mengenai menulis. Contohnya siapa? Ketik aja melalui search engine google "orang yang menjadi sukses karena menulis" disitu lebih lengkap dan kamu bisa belajar banyak dari kisah-kisah mereka yang sudah sukses.



Setelah melihat kisah sukses para penulis, kita bandingkan dengan kita, sudah samakah? jauhkah bedanya? kita masing-masing yang nanti tahu jawabannya. Dan sudah pantaskah kita jadi sukses seperti mereka kalau kita masih malas membuat artikel.

3.  Jadikan Menulis Sebagai Sarana Untuk Belajar



Bagi teman-teman blogger yang senang dengan kegiatan belajar atau mempelajari sesuatu, menulis di blog bisa dijadikan sarana untuk belajar, Saat menulis tentu kita membutuhkan banyak referensi agar tulisan kita lebih mendalam, Nah maka dari itu jadikan kesempatan menulis di blog untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya apa yang ingin kita ketahui.  Selain tulisan kita menjadi lebih mendalam kita pun jadi tahu banyak tentang sesuatu yang kita tulis.

4. Sebaiknya Harus Konsisten Dengan Tujuan Awal

Sedari awal ketika anda berniat membuat blog, baik untuk keperluan pribadi maupun untuk urusan pekerjaan, maka anda harus memiliki tujuan utama yang akan diraih nantinya.

Jika untuk bersenang-senang pastinya tidak ada beban yang harus dipenuhi. Namun jika untuk mendapatkan keuntungan, maka anda harus siap menghadapi konsekuensi, yaitu upload tulisan secara berkala atau bahkan setiap hari kalau perlu.

5. Harus Memanfaatkan Waktu Anda Dengan Baik

Jika anda memiliki banyak waktu untuk bersantai, maka gunakanlah waktu tersebut untuk menyalurkan hobi menulis anda.


Jadi agar waktu anda tidak terbuang sia-sia, cobalah untuk melanjutkan untuk menulis artikel yang sudah anda buatkan daftarnya. Dengan demikian anda akan dapat menyelesaikan artikel-artikel terbaik anda.

6. Jadikanlah Penghargaan Untuk Diri Sendiri Sebagai Motivasi

Jika kamu mengetahuinya, penghargaan itu sangat penting bagi seseorang karena bisa menambah motivasi dalam bekerja. Dengan adanya penghargaan yang diberikan, maka secara tak langsung akan membuat kita melakukan yang terbaik dalam suatu hal.

Bagi Kamu yang mengembangkan blog secara indivual, maka jangan pernah berharap mendapatkan sebuah penghargaan dari oranglain. Karena semua prestasi kamu saat mengembangkan blog, itu hanya untuk dirimu sendiri. Kebanyakan orang lain tidak akan tahu tentang semua hal telah kamu capai dari blog, bahkan mereka cenderung takkan peduli akan hal itu.


Oleh karena itu, untuk menambah semangat kamu dalam menulis blog, tidak ada salahnya kamu sekali-sekali memberikan sebuah penghargaan untuk dirimu sendiri.

Misalnya, kalau blognya sudah punya trafik seribu visitor bahkan bisa mencapai jutaan visitor perhari, atau penghargaan-penghargaan lainnya

7.  Membuat Artikel Setiap Ide Yang Datang

Terkadang saat kita ingin dan semangat menulis terkendala oleh bingung mau menulis apa.  Padahal katanya sih sebenarnya dengan melihat di sekeliling kita, bertebaranlah ide itu.  Tapi memang pada kenyataanya tak bisa dipungkiri, mandeg ide itu selalu ada.  Oleh karena itu buatlah buku khusus yang menuliskan ide-ide menulis saat ide anda itu muncul.



Agar ide itu tidak menguap begitu saja, cepatlah tulis ide itu dalam sebuah buku khusus dengan cara mencatat ide tersebut, Jadi saat kita ingin menulis kita bisa terinspirasi untuk menulis apa saat melihat kumpulan ide itu.

8. Buang Pikiran Terlalu Ambisi Terhadap Uang Dalam Menulis

Banyak yang menjadi malas, khususnya untuk blogger pemula yang obsesi terhadap penghasilan blog, namun tidak kunjung ia dapatkan. Ini fakta dari beberapa blogger yang akhirnya stop dan usaha yang ia lakukan selama ini pun sia-sia, alhasil mimpinya tadipun cuma jadi cerita kosong yang tidak sangat berguna.



Alihkan dulu perhatian kamu terhadap proses, karena dengan proses yang konsisten uang pun akan tertarik datang kepada kita dengan sendirinya, yakin aja dengan istilah proses tidak akan menghianati hasil.

9. Cari Tempat Dan Lingkungan Yang Nyaman Untuk Membuat Artikel Blog

Tempat yang nyaman juga menjadi salah satu penyemangat untuk ngeblog. Bahkan untuk bekerja, menulis dan sebagainya akan terasa nyaman jika tempat itu sangat mendukung bagi anda.

Tempat yang nyaman akan menjaga semangat ngeblog. Bahkan anda akan banyak menemukan ide baru yang mungkin sebelumnya tidak terfikirkan sebelumnya. Mungkin terlihat sederhana, tetapi tempat dan lingkungan yang tidak cocok akan membuat anda bosan sehingga semangat ngeblog pun hilang.


Jika suatu ketika anda bosan dengan tempat ngeblog dalam ruangan, coba pindah ke tempat yang terbuka dan sangat asri. Bahkan belakang rumah dengan pemandangan yang indah menjadi opsi tempat anda ngeblog. 

Bisa juga anda pergi ke perpustakaan sehingga mendapatkan banyak pilihan referensi untuk materi blog, atau juga kumpul teman komunitas blog bareng sehingga bisa sharing materi dan pengalaman.

10. Membiasakan Mengajak Blogger Pemula Untuk Blogwalking

Ini sangat penting bagi anda untuk menjaga semangat ngeblog. Dengan blogwalking, anda akan mendapatkan banyak networking sesama blogger. Diskusi dengan sesama blogger akan membuat wawasan anda bertambah, begitu juga traffic blog akan naik.




Dengan melakukan blogwalking, anda akan membaca tulisan orang lain yang bisa menambah ide artikel baru bagi blog anda. Sehingga semangat ngeblog akan terjaga dengan ide yang didapatkan dari membaca tulisan orang lain

11. Jangan Terlalu Pusing Untuk Memikirkan Statistik Blog Bagi Yang Pemula

Banyak para blogger menyerah dan membiarkan blognya tidak update karena terlalu memikirkan statistik blog. Merasa pesimis dan hilang semangat melihat statistik blog yang jelek dibandingkan teman blogger lainnya.




Menjadi blogger itu bukan tentang statistik blog anda seperti apa. Menjadi blogger harus ceria, anda harus bersenang-senang dengan ngeblog. Jadikan ngeblog menjadi hobi baru anda dan selalu ingat bahwa anda memiliki tujuan di awal memulai sebuah pembuatan blog tersebut.

12. Menjadwal Setiap Penulisan Artikel Postingan Blog




Sebaiknya anda untuk menyisihkan waktu sedikit, khusus dan menulis setiap ide agar tidak terlupakan. Alhasil, dengan modal waktu luang serta ide yang berlimpah Anda tentu bakal lebih mudah dalam membuat banyak artikel sekaligus untuk dijadwalkan per dua hari atau empat hari sekali. Dengan begitu, blog Anda akan terlihat lebih up to date setiap hari kalau perlu, di mata pembaca maupun mesin pencari.