-->

10 Cara Menjadi Sukses Belajar Membuka Usaha Percetakan

10 Cara Menjadi Sukses Belajar Membuka Usaha Percetakan Di Tahun 2021

Setiap orang ingin memiliki usahanya sendiri. Namun, tidak sedikit yang masih kebingungan untuk menentukan jenis usaha yang akan ingin dibangun, Jika kuliner dan fashion telah begitu banyak, mengapa Anda tidak mencoba untuk memulai membuka usaha percetakan? Meski sekilas usaha ini membutuhkan modal dalam jumlah besar.



Justru, keuntungan yang akan Anda dapatkan terbilang sangat menjanjikan, asalkan Anda tahu rincian modal usaha percetakan atau digital printing yang akan Anda dirikan.

Sama halnya dengan kuliner, usaha di bidang percetakan juga memiliki berbagai bidang utama, seperti percetakan offset dan percetakan yang berfokus pada digital. Memang, semakin tingginya kebutuhan akan pembuatan kartu nama, baliho, spanduk, undangan, hingga banner untuk keperluan promosi, kini bisnis percetakan semakin mudah ditemui.



Tentu saja, ini menghadirkan nilai lebih bagi calon konsumen, karena bisa memilih jasa mana yang lebih berkualitas dan terbaik, pastinya dengan harga yang terbilang sangat terjangkau.

Namun, bagi Anda sebagai pemilik usaha, hal ini menjadi tantangan besar yang perlu Anda taklukkan. Pasalnya, tanpa adanya strategi, bukan tidak mungkin bisnis yang Anda geluti berakhir dengan gulung tikar karena tidak mampu bergelut menghadapi ketatnya persaingan usaha.

Sebelum memulai merintis bisnis apa saja, tak terkecuali usaha percetakan, Anda harus memiliki perencanaan yang matang. Tujuannya tidak lain adalah untuk menuai kesuksesan dan meraup keuntungan dalam jumlah maksimal. Pastinya dengan meminimalkan biaya pengeluaran untuk hal-hal yang sifatnya operasional.

Siapa pun, kalian sekalipun, tidak akan pernah bisa menjadi pengusaha sukses jika niat dan kemauan Anda masih tidak stabil. Berapa pun modal yang Anda miliki, apakah Anda mampu atau justru tidak, yang paling penting adalah niat dalam membangun sebuah usaha.

Pada artikel ini saya admin cirebon takon akan membahas tentang 10 Cara Menjadi Sukses Belajar Membuka Usaha Percetakan Di Tahun 2021

1. Buat Rancangan Bisnis Percetakan Kalian

Kunci keberhasilan lain dalam bisnis selain niat yang dibarengi dengan keahlian yang mumpuni adalah adanya rancangan bisnis. Ini sangat penting, karena bisnis yang Anda jalankan akan mengacu pada strategi yang sudah Anda buat sebelumnya.


Jika Anda kesulitan membuatnya karena prosesnya yang cukup sulit, lakukan dengan cara sendiri, seperti misalnya membuat skema, peta atau cabang pohon.


Tulis segala informasi yang Anda miliki, mulai dari jumlah modal, biaya untuk berbelanja kebutuhan awal, biaya transportasi dan operasional, hingga biaya sampingan untuk membeli camilan.


Sertakan pula kisaran keuntungan harian, lama waktu yang dibutuhkan hingga modal kembali sepenuhnya (ROI), juga strategi yang akan Anda jalankan, mulai dari promosi hingga inovasi yang bisa menjadi nilai jual yang lebih baik dari pesaing.

2. Memahami Terlebih Dahulu Tentang Bisnis Percetakan

Pebisnis yang sukses selalu mendalami dengan tekun mengenai bisnis yang ia jalani, begitu pula dengan anda, jangan malu untuk berfikir dan berasumsi ala pebisnis sukses. Dengan memahami segala hal yang berkaitan dengan bisnis percetakan, anda akan banyak mendapatkan ilmu dan mampu merancang teori yang tepat dalam perjalanan visi bisnis anda hingga menjadi sebuah bisnis yang tepat dan banyak pendalaman mengenai bisnis percetakan tersebut.



Lalu, bagaimana jika Anda tidak terlalu paham perihal percetakan? Tidak masalah, tetap terima order yang datang. Nantinya, Anda bisa melemparnya kembali ke pihak ketiga dengan sistem bagi hasil. Hal terpenting adalah order tersebut jadi sesuai dengan keinginan dan harga yang telah disepakati, entah siapa yang mengerjakannya itu urusan nanti.

3. Pahami Bagaimana Proses Produksi Percetakan

Dalam dunia usaha apapun pemilik usaha diharuskan untuk mengetahui bagaimana seluk beluk usaha yang dijalankannya, tak terkecuali dalam usaha percetakan. Anda harus mengerti dan faham betul bagaimana sebenarnya proses produksi cetak berlangsung. Pasalnya proses ini tidak bisa semata-mata anda hafalkan, melainkan dengan praktek juga. Hal ini akan sangat penting untuk nantinya mengoperasikan peralatan cetak. Anda dapat belajar dari berbagai macam sumber tentang dunia percetakan seperti buku, internet, ataupun kepada pemilik usaha serupa.

4. Pilih Tempat Lokasi Strategis Untuk Membuka Bisnis Percetakan

Rancangan telah matang, selanjutnya ialah memulai usaha anda. Tentunya dalam usaha percetakan ini anda harus memiliki tempat yang strategis. Anda dapat memilih tempt yang berlokasi didekat pusat-pusat industry maupun lembaga-lembaga penting seperti sekolah, pemerintahan, kampus dan lainnya.



Hal ini dikarenakan lokasi tersebut disinyalir akan lebih mudah untuk diakses para calon pelanggan anda. Kebutuhan akan media promosi ditempat - tempat seperti itupun tentunya akan sangat dibutuhkan. Oleh karena itu pemilihan lokasi ini sangat penting untuk anda pertimbangkan dengan baik

5. Perbanyak Relasi Dibidang Percetakan Lainnya

Anda harus memperbanyak relasi anda, khususnya dalam dunia percetakan ini. Tidak sedikit orang yang menggeluti usaha percetakan menganggap bahwa vendor lain adalah pesaing. Padahal hal inipun tak sepenuhnya benar. Sebagai pemula dalam bidang percetakan, anda tentunya memerlukan banyak ilmu tentang dunia percetakan. Oleh karena itu jangan ragu untuk menjalin relasi sebanyak-banyaknya kepada ahlinya. Jalinlah kerja sama yang baik dengan vendor yang telah berhasil menjalankan bisnis ini, supaya kamu memiliki gambaran yang lebih luas tentang percetakan.



Selain itu juga jangan ragu untuk menjalin relasi dengan orang-orang yang nantinya akan berpengaruh kepada usaha anda. Seperti misalnya kepada penjual kertas cetak, ataupun penjual tinta cetak. Dengan begitu anda akan semakin faham tentang hal-hal yang berkaitan dengan dunia percetakan, serta memperluas bisnis usaha Percetakaan yang nantinya akan menjadi suplayer kebutuhan percetakan anda.

6. Niat Pada Peluang Memulai Usaha Percetakan


Banyak yang hanya berangan-angan. Inilah yang akan menjadi pengaruh kurang baik yang akan membuat bisnis anda tidak kunjung terealisasi. Dengan niat yang kuat serta cerdas memilih celah peluang yang ada akan memberikan banyak arti penting bagi permulaan hingga perjalanan bisnis yang akan anda tekuni. Begitu pula dengan bisnis investasi jangka panjang, yaitu bisnis percetakan.

7. Siapkan Modal Untuk Memulai Bisnis Percetakan



Modal untuk bisnis percetakan ini kalau untuk pasarnya anak kuliah atau sekolah relatif kecil. Bahkan dengan modal dibawah 5 juta saja sudah sangat bagus untuk membuka bisnis print dan ditambah untuk membeli mesin foto copy atau mesin printing. Untuk mesin fotocopy juga tidak terlalu mahal biayanya bisa kurang dari 10 juta kalau tidak salah.

8. Tetapkan Harga Jual Untuk Client Yang Order


Setelah peralatan lengkap dan percertakan dibuka, maka langkah selanjutnya adalah tentukan harga. Untuk menentukan harga kita harus ketahui dahulu harga kompetitor kita. Misalnya saja untuk foto copy harga kompetitor kita Rp.150/lembar. Maka kita bisa berikan lebih murah misalnya Rp. 100/Lembar. Atau dengan harga yang sama tetapi dengan memberikan diskon. Hal ini akan menarik pelanggan untuk menggunakan jasa percetakan kita.

9. Hindari Untuk Menolak Orderan Client


Jangan sampai usaha dan biaya yang sudah Anda keluarkan untuk merintis usaha percetakan ini sia-sia karena Anda terlalu pilih-pilih dalam menerima order, sembari tetap berpromosi, Anda bisa mulai mengerjakan satu atau dua klien. Menolak order hanya akan membuat Anda kehilangan kesempatan untuk menunjukkan nilai lebih yang dimiliki bisnis Anda.

10. Melakukan Sebuah Promosi Untuk Percetakan Anda

Langkah selanjutnya untuk mendapatkan pelanggan yang banyak bisa dengan promosi. Promosi disini banyak caranya bisa melalui selembaran brosur, bisa menggunakan banner, bisa juga secara online. Kita bisa tentukan pasarnya siapa, jika anak kuliah pasti bisa dengan brosur atau juga banner.


Tapi juga bisa melalui media sosial untuk menarik pelanggan dari beberapa tempat. Mulai saja promosi di instagram, facebook atau bisa mendaftakan percatakan di google. Sehingga ketika orang mencari percetakan murah dan mendapat diskon akan langsung muncul percetakan kita di pencarian google.